Cara Membuat Business Plan dan Template Terbaik

Cara Membuat Business Plan — Rencana bisnis adalah fondasi yang sangat penting untuk memulai bisnis. Rencana ini dapat membantu Anda mendapatkan dan mengamankan investor atau pembiayaan lainnya, dan rencana bisnis yang baik dapat memberikan arah bisnis Anda dan menjaga keuangan Anda tetap terkendali. Namun ternyata membuat dan merencanakan rencana bisnis tidak semudah itu dikatakan.

Rencana bisnis lebih dari sekadar dokumen, ini adalah panduan untuk membantu Anda menguraikan dan mencapai tujuan Anda. Ini juga merupakan alat manajemen yang memungkinkan Anda untuk menganalisis hasil, membuat keputusan strategis, dan menunjukkan bagaimana bisnis Anda akan berfungsi dan tumbuh. Singkatnya, jika Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis atau berencana untuk memasarkan bisnis Anda kepada investor, menulis rencana bisnis dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses.

Meskipun mungkin tidak mudah, sekarang ada banyak perangkat lunak, aplikasi, dan template yang tersedia untuk membantu Anda membuat rencana bisnis pertama Anda. Panduan singkat di bawah ini akan membantu Anda membuat rencana bisnis dan model terbaik untuk tahun 2022 yang dapat Anda pertimbangkan nanti.

Cara Membuat Business Plan

Rencana bisnis adalah dokumen hidup tertulis yang menceritakan kisah bisnis Anda dan apa yang ingin Anda lakukan dengan rencana tersebut. Membuat rencana bisnis adalah sumber dan panduan bagi Anda sebagai pemilik bisnis, calon mitra, karyawan, dan investor, tetapi juga berfungsi sebagai peta jalan untuk bisnis yang Anda inginkan. Berikut adalah tips dan trik untuk membuat rencana bisnis yang bisa diterapkan:

  • Buat dan tulis business plan dengan singkat juga padat

Rencana bisnis harus singkat dan padat, karena tidak ada yang mau membaca rencana bisnis yang ditulis dalam puluhan atau ratusan halaman. Persiapkan rencana Anda dengan cara yang praktis dan sertakan dokumentasi pendukung, termasuk lampiran tambahan, untuk beberapa bagian. Juga, jangan lupa bahwa rencana bisnis Anda harus menjadi alat yang Anda gunakan untuk mengelola dan mengembangkan bisnis Anda dan sesuatu yang Anda gunakan dan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Meninjau rencana bisnis yang terlalu panjang dapat menjadi kerumitan besar dan kehilangan minat investor.

  • Kenali audiens Anda

Jelaskan rencana Anda dalam bahasa yang dipahami audiens Anda. Libatkan dan fasilitasi investor Anda, buat deskripsi produk Anda tetap sederhana dan lugas, menggunakan istilah yang dapat dipahami semua orang. Anda dapat menggunakan lampiran rencana untuk memberikan spesifikasi lengkap jika diperlukan.

  • Uji ide bisnis Anda

Dengan memikirkan rencana bisnis Anda dan memulai dengan promosi satu halaman, Anda dapat menguji kelayakan ide bisnis Anda sebelum diluncurkan secara resmi. Saat Anda mengerjakan rencana bisnis, mulai dari pernyataan merek dan misi hingga sasaran, peluang, dan eksekusi bisnis, Anda memerlukan umpan balik dan dapat menguji berbagai elemen bisnis Anda. Ini bisa sesederhana meminta mentor atau mitra meninjau elemen rencana Anda, atau Anda dapat melakukan riset pasar dan berbicara langsung dengan basis pelanggan potensial Anda. Semakin Anda menguji dan meninjau elemen rencana Anda, semakin baik rencana dan bisnis Anda, yang dapat menyelamatkan Anda dari membuang waktu mengembangkan strategi yang tidak akan berhasil.

  • Tetapkan tujuan dan sasaran

Menulis dan merancang rencana bisnis berarti memahami tujuan dan sasaran Anda. Mengetahui apa yang ingin Anda capai dapat membantu Anda mengembangkan rencana bisnis tertentu untuk mencapai tujuan tersebut. Mungkin tidak ada semua panduan pencapaian atau bahkan langkah-langkah spesifik yang perlu Anda ambil untuk mencapai tujuan bisnis Anda, tetapi hanya itu yang diperlukan untuk membuat rencana bisnis. Rencana bisnis membantu Anda menentukan metrik keberhasilan, menyempurnakan tujuan Anda, dan mengembangkan elemen bisnis Anda untuk mencapai tujuan tertentu. Yang Anda butuhkan hanyalah visi atau bahkan tujuan ambisius untuk mulai melakukan yang lebih baik pada apa yang penting bagi bisnis Anda.

Template Business Plan Terbaik 2022

Cara Membuat Business Plan — Sementara rencana bisnis sangat penting sebagai langkah pertama yang penting, tidak semua rencana bisnis dibuat sama. Untuk membuat rencana bisnis yang sangat berguna, Anda juga memerlukan dukungan template yang tepat. Mari kita lihat beberapa template PPT atau PowerPoint yang direkomendasikan untuk mendukung perencanaan bisnis di tahun 2022.

  • SWOT Business Plan PowerPoint

Setiap perusahaan memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, dimana sangat perlu untuk memahami semua risiko yang ada. Template SWOT gratis ini mendukung pembuatan rencana bisnis yang dapat digunakan oleh pemula dan bisnis kecil.

  • Hanira – Business PowerPoint Template

Template PPT rencana bisnis tidak harus terlihat bisnis atau klise. Sebagai gantinya, gunakan tata letak yang menyeimbangkan warna-warna cerah secara profesional. Hanira layak dipertimbangkan karena PowerPoint PPT ini juga memiliki layout yang modern dan mendukung 39 slide yang meliputi infografis, template dan template serta gambar ikon.

  • Cytrex Business Plan PowerPoint Template

Cytrex dapat menjadi pilihan template rencana bisnis lain yang dapat membantu menekan biaya rencana bisnis karena berbagai rencana slide. Format PPT rencana bisnis menggabungkan 200 desain slide, 30 skema warna, dan font gratis.

  • Aplan – Business Plan PowerPoint Template

Aplan adalah template presentasi PowerPoint rencana bisnis dengan tampilan yang segar dan bersih. Desainnya memiliki ruang untuk teks dan media berkat penggunaan ruang putih yang baik. PPT dengan 36 slide dan rasio aspek 16:9 akan sangat berguna jika Anda memiliki presentasi rencana bisnis PPT di layar besar.

  • Proxima Business Presentation

Terakhir, Proxima adalah template PPT rencana bisnis PowerPoint yang mendukung hal-hal penting yang Anda perlukan untuk presentasi Anda. Ada lebih dari 72 slide presentasi rencana bisnis yang unik, serta slide dengan statistik dan data yang sempurna untuk mempresentasikan rencana pertumbuhan Anda.

7 Elemen Penting dalam Merancang dan Menulis Business Plan

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Harvard Business Review, pengusaha paling sukses biasanya menulis rencana bisnis 6-12 bulan setelah memutuskan untuk memulai bisnis. Menulis rencana bisnis telah terbukti meningkatkan peluang Anda untuk sukses sebesar 8%. Oleh karena itu, jangan lupakan 7 elemen atau poin penting ini saat menulis rencana bisnis Anda:

  1. Ringkasan rencana bisnis
  2. Deskripsi Perusahaan
  3. Riset pasar
  4. Produk dan layanan
  5. Strategi pemasaran
  6. Logistik dan rencana operasional
  7. Laporan dan prakiraan keuangan

Kesimpulan Cara Membuat Business Plan

Ringkasan rencana bisnis paling baik didefinisikan sebagai dokumen tertulis yang merinci usaha yang Anda usulkan. Rencana ini akan menjadi acuan dan panduan untuk menjalankan bisnis yang nyata. Sayangnya, banyak perusahaan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengembangkan rencana bisnis alih-alih benar-benar mengembangkan bisnis mereka.

Rencana bisnis adalah peta jalan untuk salah satu kegiatan utama bisnis Anda, bukan hasil dari bisnis itu sendiri. Ini juga merupakan proses yang memungkinkan peninjauan dan revisi strategi bisnis secara keseluruhan, sarana untuk menjalankan dan mengelola bisnis yang sebenarnya. Selain itu, rencana bisnis dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu, dari 6 bulan hingga beberapa tahun ke depan, termasuk menentukan bagaimana Anda akan mengikuti rencana tersebut.