Contoh Bisnis Franchise yang Menguntungkan dan Modal Sedikit

Bisnis Franchise yang Menguntungkan — Waralaba atau franchise adalah bisnis yang saat ini sedang mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini juga sejalan dengan semakin sadarnya masyarakat Indonesia untuk berwirausaha. Jenis bisnis ini memiliki konsep yang menguntungkan baik bagi pemilik merek terwaralaba maupun mitranya, karena dengan membeli serangkaian toko waralaba, pemilik merek terwaralaba memperoleh sebagian kecil dari keuntungan.

Sementara mitra mendapat untung dari waralaba atau penjualan produk yang disederhanakan, bisnis waralaba hampir seperti dropshipping dan reseller yang menjual produk orang lain. Namun, bisnis waralaba biasanya sudah menyediakan seluruh perangkat bisnis, dan tugas mitra hanya mengamankan posisi dan menjalankan bisnis. Adapun sistem bagi hasil usaha waralaba bersifat fleksibel sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Bagi yang tertarik dengan franchise, siapkan modal yang cukup untuk memulai, modal yang dibutuhkan biasanya berkisar antara 1 juta hingga puluhan juta rupiah. Contoh bisnis franchise juga bermacam-macam jenisnya, namun kebanyakan dari jenis bisnis tersebut sudah sangat familiar di masyarakat. Apa saja contoh bisnis franchise yang menguntungkan dengan modal kecil? Lihat ulasannya di bawah ini.

Tips Bisnis Waralaba yang Menguntungkan

contoh usaha waralaba
contoh usaha waralaba

Bisnis waralaba adalah model bisnis yang dikelola oleh pemilik waralaba dan investor melalui perjanjian atau kontrak. Ada banyak perusahaan yang beroperasi dengan sistem waralaba yang lahir di Indonesia ini. Selain itu, bisnis ini sebenarnya sangat mudah untuk dikelola karena modalnya kecil dan sudah memiliki merek yang terkenal. Sebagai investor, tugas Anda hanya membayar pemilik merek franchisee untuk memperoleh hak bisnis.

Jika Anda tertarik dengan bisnis franchise yang menguntungkan, ikuti tips berikut ini:

  • Lakukan Riset

Sebelum memilih merek waralaba, cari tahu tentang sejarah dan reputasi merek di mata konsumen, karena penelitian adalah landasan dan dasar untuk merencanakan dan membangun bisnis yang sukses.

  • Pastikan Menguntungkan

Pilih bisnis franchise yang memberikan keuntungan pasti, dimana anda bisa mengukur keuntungan ini dari keuntungan 2 tahun terakhir. Jika laba meningkat 10 persen per tahun, perusahaan memiliki prospek yang baik.

  • Pilih Sesuai Hobi Anda

Ada baiknya memilih jenis bisnis waralaba berdasarkan hobi Anda, agar bisnis tidak hanya menguntungkan, tetapi juga bebas beban.

  • Lokasi yang Berprospek

Untuk membuat bisnis waralaba Anda lebih menguntungkan, pilih lokasi yang strategis untuk bisnis tersebut. Karena situs ini populer di kalangan banyak konsumen, situs ini mudah diakses dan terletak di kawasan bisnis seperti pusat perbelanjaan, restoran, atau lokasi strategis lainnya.

Contoh Bisnis Waralaba Menguntungkan dan Modal Kecil

Setelah Anda memahami apa itu bisnis waralaba, sebaiknya Anda juga mengetahui contoh bisnis tersebut, terutama bagi pemula yang menginginkan bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan. Selain itu, bisnis sistem waralaba dikenal sebagai bisnis yang mudah dikelola dengan risiko minimal. Berikut beberapa contoh sistem bisnis franchise yang dijamin menguntungkan dan dapat menginspirasi langkah awal dalam kehidupan bisnis dengan modal kecil:

  • Ayam Geprek

Bisnis franchise makanan merupakan jenis bisnis yang tidak cepat laku karena makanan merupakan kebutuhan masyarakat. Contoh usaha makanan kecil dan menguntungkan adalah Ayam Geprek. Saat ini berbagai toko ayam geprek merek ternama semakin banyak bermunculan seiring dengan minat terhadap ayam geprek yang tak kunjung surut. Bisnis ayam geprek umumnya beroperasi dengan dua sistem, yaitu waralaba murni dan kerjasama bagi hasil. Salah satu toko geprek ayam waralaba yang sukses adalah Geprek Bensu yang kini telah memiliki cabang di beberapa daerah.

  • Minuman Bubble Tea

Bubble tea merupakan salah satu jenis minuman kekinian yang saat ini sangat digemari oleh anak muda. Minuman ini banyak diminati konsumen karena rasanya yang enak dan menghilangkan dahaga. Ditambah lagi dengan sensasi kilapnya yang unik pasti akan menambah cita rasanya. Contoh bisnis bubble tea bertopi kecil yang menguntungkan adalah Gulu-Gulu, dimana bisnis bubble tea ditawarkan dalam dua bentuk yaitu island shop dan stall.

  • Es Krim

Es krim merupakan jenis makanan yang disukai berbagai kalangan, sehingga peminat es krim selalu tinggi. Selain menghilangkan dahaga, rasa es krim yang unik juga menghilangkan stres. Saat ini sudah banyak waralaba es krim yang menawarkan berbagai jenis es krim dengan harga yang terjangkau. Waralaba es krim yang sangat populer adalah Ice Cream Aice.

  • Fried Chicken

Siapa yang tidak suka ayam goreng? Produk ayam goreng ini sangat populer di berbagai kalangan. Ayam goreng bisa dikatakan sebagai masakan yang tak lekang oleh waktu. Ini bisa menjadi peluang bagus untuk menjalankan bisnis franchise ayam goreng. Waralaba ayam goreng yang populer di Indonesia antara lain Hisana, Rocket Chicken, KFC, dan lain sebagainya.

  • Pertamini

Bahan bakar selalu diminati oleh masyarakat seiring dengan bertambahnya jumlah pemilik mobil dari waktu ke waktu. Contoh bisnis franchise BBM yang menguntungkan adalah Pertamina atau mini pom. Kegiatan ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang tinggal jauh dari SPBU dan membutuhkan bahan bakar untuk kendaraannya. Karena peminat yang banyak dan modal yang kecil, usaha Pertamina selalu menguntungkan.

  • Kebab

Kebab merupakan makanan khas Timur Tengah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, sehingga makanan ini bisa dijadikan bisnis franchise yang menguntungkan dengan modal kecil. Pada umumnya waralaba kebab banyak dijumpai di pusat perbelanjaan dan kompleks apartemen. Contoh franchise kebab yang sangat sukses di Indonesia adalah Baba Rafi Kebab. Dengan modal yang cukup, Anda bisa memulai bisnis kebab Baba Rafi yang menguntungkan mulai dari Rp 3.000.000.

  • Kedai Kopi

Kopi merupakan jenis minuman favorit berbagai kalangan. Tak heran jika bisnis franchise kopi semakin berkembang di berbagai daerah, terutama di kota-kota besar. Uniknya, kopi yang ditawarkan oleh bisnis franchise biasanya tersedia dalam berbagai rasa, sehingga banyak orang yang penasaran untuk mencobanya. Contoh franchise coffee shop yang sangat populer di Indonesia antara lain Promise Jiwa, Star Buck, dan lain-lain.

Kesimpulan

Bisnis franchise merupakan salah satu bisnis yang banyak digeluti oleh banyak orang karena bisnis ini sangat mudah untuk dikelola. Karena para pelaku bisnis hanya perlu membayar royalti kepada pemilik merek franchisee dan kemudian mereka dapat menjalankan bisnis secara langsung. Tentunya beberapa contoh bisnis di atas bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin belajar berbisnis dengan modal kecil tapi menguntungkan.

Menjalankan bisnis waralaba mungkin tidak semudah yang Anda pikirkan, tetapi lebih baik mencoba terlebih dahulu dari sebelumnya. Karena bisnis ini sangat menguntungkan tanpa modal yang banyak, asalkan rajin beriklan dan tidak mudah menyerah. Agar franchise Anda berjalan dengan lancar dan sukses, gunakan sistem manajemen keuangan yang disediakan oleh franchisor.

Jika Anda ingin memulai bisnis tetapi masih tidak tahu bagaimana memulainya, segera bergabunglah dengan bisnis waralaba yang mungkin sesuai dengan minat Anda. Karena melalui bisnis ini Anda tidak perlu mencari ide, modal besar atau mencari brand building. Dengan pembayaran royalti yang sederhana, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan dan mengelolanya dengan risiko sederhana dan minimal.