Mengenal Google Public DNS Sebagai Layanan DNS Google

Mengenal Google Public DNS–Sahabat pasti pernah mendengar istilah DNA. Tapi apakah Anda benar-benar tahu apa itu DNA? Tahukah Anda bahwa layanan server DNS publik juga tersedia? Nah, jika Anda belum mengetahuinya, pada artikel kali ini kita akan membahas semuanya termasuk layanan Google DNS yang bernama Google Public DNS. Mengenal Google Public DNS.

Apa itu DNS ?

Domain Name System, atau DNS, adalah salah satu dasar dari Internet, tetapi banyak orang tidak tahu bahwa mereka menggunakan DNS setiap hari ketika mereka memeriksa email atau menggunakan ponsel cerdas mereka.

DNS adalah direktori nama dan nomor. Nomor yang dimaksud adalah alamat IP yang digunakan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Kebanyakan orang membandingkan DNS dengan fitur kontak di perangkat seluler mereka, yang menyertakan nama mereka dengan nomor ponsel mereka. Perbedaannya adalah DNS digunakan untuk menyimpan data untuk semua alamat IP di dunia.

Ketika internet pertama kali diperkenalkan, orang dapat dengan mudah memetakan alamat IP ke komputer tertentu. Tetapi karena semakin banyaknya perangkat dan jaringan yang ada, mencocokkan alamat IP dengan komputer secara alami membutuhkan waktu dan tidak mungkin. Selain membuat direktori untuk alat ini, mereka menggunakan kata-kata untuk menautkan orang ke situs web yang berbeda bagi kebanyakan orang karena kata-kata lebih mudah diingat daripada serangkaian angka tertentu. Inilah sebabnya mengapa kita membutuhkan DNS untuk menerjemahkan URL situs web yang diketik di browser ke alamat IP tujuan.

Server DNS Publik

Sebagian besar server DNS umumnya bersifat pribadi. Mereka kemudian memberikan layanan kepada perusahaan yang memiliki dan mengonfigurasi DNS-nya sendiri. Jadi satu perusahaan tidak bisa menggunakan DNA perusahaan lain.

Namun, ada juga server DNS publik atau server DNS publik. Siapa pun dapat menggunakan DNA ini. DNS publik ini biasanya digunakan oleh orang-orang untuk browsing lebih cepat dan aman. Anda dapat menggunakan server ini sebagai alternatif server DNS pribadi Anda.

Ada berbagai macam layanan DNS publik. Berikut adalah beberapa layanan DNS publik yang populer:

OpenDNS

IP Primary : 208.67.222.222

IP Secondary : 208.67.220.220

Open DNS bisa dikatakan pemain lama dalam layanan. Banyak orang telah menggunakan OpenDNS dan mengatakan bahwa OpenDNS adalah layanan berkualitas dan tidak lebih buruk dari layanan DNS publik lainnya seperti Google Public DNS.

Bagi Anda yang memiliki anak dan khawatir dengan berbagai konten yang dapat mereka akses, Anda dapat menggunakan OpenDNS Family Shield. Layanan ini memblokir konten dewasa dan dapat digunakan di server 208.67.222.123 dan 208.67.220.123.

DNSWatch

IP Primary : 84.200.69.80

IP Secondary : 84.200.70.40

DNSWatch berfokus pada transparansi dan kebebasan, yang berarti DNSWatch tidak menyensor konten apa pun. Mereka juga memastikan bahwa tidak ada informasi yang disimpan di server mereka dan bahwa perangkat pembuka kunci mereka tidak digunakan untuk mengumpulkan data Anda. Tujuan utama mereka adalah menyediakan layanan Internet yang efisien untuk semua.

Comodo Secure DNS

IP Primary : 8.26.56.26

IP Secondary : 8.20.247.20

Server yang mudah digunakan seperti Google adalah Comodo Secure DNS. Anda hanya perlu memasukkan alamat server dan Anda siap melakukannya. Salah satu keunggulan Comodo Secure DNS adalah dapat menjangkau 15 node di seluruh dunia.

Setiap node di setiap benua memiliki beberapa server yang siap melayani pengguna lokal. Selain itu, Comodo Secure DNS juga telah memastikan bahwa mereka aman dari malware dan penipuan. Mereka selalu memperbarui daftar hitam mereka secara teratur agar tetap aman.

Nah, ada DNS lain yang harus diketahui dan dipercaya, yaitu DNS Google, yang dikenal sebagai DNS publik Google.

Google Public DNS : Layanan DNS Google

Layanan DNS Google, Google Public DNS, adalah salah satu layanan DNS yang paling terkenal dan paling banyak digunakan. Tentu saja, nilai nama Google mendorong orang untuk memilih Google Public DNS daripada opsi lain. Selanjutnya, Google DNS menawarkan layanan yang cepat dan stabil.

DNS Google Cepat dan Aman Untuk Dipakai

Layanan DNS publik Google tersedia di jaringan anycast global, yang menawarkan semua manfaat anycast untuk semua kueri google. Penyelesai anycast dapat mempercepat dan memungkinkan browser mengirim permintaan ke server nama terdekat yang tersedia. Selain itu, Google telah mengambil beberapa langkah untuk mengurangi latensi permintaan DNS.

Selain cepat, DNS Google juga aman. Salah satu masalah terbesar dengan pemecah yang tersedia untuk umum adalah kemungkinan bahwa mereka digunakan untuk penolakan layanan dan serangan amplifikasi dengan membuat permintaan kecil yang mengembalikan respons besar.

Google telah mengambil banyak langkah untuk melindungi servernya dari serangan paling umum dan memantau solusi mereka dengan sangat hati-hati sehingga tidak ada yang dapat menyalahgunakan layanan mereka.

Selain memantau server Google, Google Public Resolver juga sepenuhnya mendukung DNSSEC, yang memungkinkan mereka memastikan bahwa jawaban yang mereka tawarkan adalah asli dan berasal dari sumber resmi.

Cara Memakai DNS Google

Jika Anda sudah tertarik untuk menggunakan Google DNS, Anda hanya perlu mengkonfigurasi pengaturannya. Ini dapat bervariasi tergantung pada sistem operasi dan perangkat yang Anda gunakan. Anda mungkin juga perlu mengatur ulang kontrol administratif komputer Anda untuk mengubah pengaturan ini, tetapi Anda perlu mengubah pengaturan DNS sistem Anda di mana pun Anda mengubah pengaturan di jaringan lain. Secara khusus, Anda harus menggunakan alamat berikut, atau bahkan hanya alamat IPv4, sebagai server DNS Anda.

Alamat IP DNS publik Google (IPv4) berikut:

8.8.8.8

8.8.4.4

Alamat IP publik Google berikut:

2001: 4860: 4860 :: 8888

2001: 4860: 4860 :: 8844

Kesimpulan

Mengenal Google Public DNS, Pada artikel ini kita telah membahas pengertian DNS dan layanan DNS publik. Dengan layanan ini, Anda dapat browsing atau melakukan aktivitas internet dengan lebih cepat dan aman. Kami juga melihat layanan DNS Google.

Layanan DNS publik terpopuler ini pasti aman digunakan. Ini juga lebih cepat daripada DNS lainnya. Jika ada yang ingin berbagi informasi DNA, jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah ya! Semoga artikel ini membantu Anda!