Cara Mengetahui dan Cek Pemilik Domain dengan Mudah

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang verifikasi domain, Anda akan diajak untuk mencari tahu sendiri tentang riwayat domain. Kisahnya dimulai pada tahun 1985 dan domain (dot) com pertama kali digunakan pada tanggal 15 Maret tahun ini. Nama domain ini tetap berada di bawah kepemilikan yang sama selama sekitar 25 tahun hingga XF Investments membeli domain tersebut pada tahun 2009. Lalu bagaimana cara Cek Pemilik Domain itu sendiri ?

Pada tahun 1995, pendaftaran nama domain itu tidak gratis, seperti tahun-tahun sebelumnya. Kuasa atas biaya ini berlaku bagi mereka yang ingin mendaftarkan nama domain tertentu, dengan harga sekitar $100 untuk dua tahun pertama. Pindah ke 2014, ini adalah sejarah singkat dari tahun terakhir domain. Lebih dari 100 TLD baru, atau domain tingkat atas, telah ditambahkan tahun ini, dengan TLD menjadi ekstensi terbaru dalam sebuah domain.

Sekarang setelah Anda mengetahui sejarah singkat domain, apakah Anda tahu apa itu domain? Nama yang unik dan mudah diingat untuk mengidentifikasi server komputer disebut domain. Nama domain biasanya mengidentifikasi domain jaringan atau sumber daya Protokol Internet (IP), seperti komputer pribadi, yang digunakan untuk mengakses Internet. , komputer server yang menghosting situs web, atau situs web itu sendiri atau layanan lain yang dikomunikasikan di Internet. Pada tahun 2017, 330,6 juta nama domain terdaftar.

Cara Cek Pemilik Domain

Memeriksa pemilik domain sangat sederhana, bahkan orang yang tidak memiliki latar belakang komputer dapat melakukannya, selama mereka memiliki gadget dan koneksi internet yang baik. Setiap kali Anda mendaftarkan nama domain, Anda perlu memberikan informasi kontak yang benar, ini dapat memudahkan orang untuk menemukan informasi ini di situs web pencarian pemilik domain yang ada. Beberapa website menawarkan kontrol ini, salah satunya menggunakan WHOIS.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita pahami dulu istilah WHOIS. WHOIS adalah situs web yang berisi informasi termasuk alamat, alamat IP, dan nama pemilik situs web di Internet. Semua data akurat dan dapat digunakan sebagai referensi bagi mereka yang mencari informasi, situs ini cukup sederhana dan tersedia 24 jam sehari. Berikut cara memverifikasi pemilik menggunakan WHOIS.

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka situs web verifikasi WHOIS.
  • Kemudian masukkan alamat web atau domain yang ingin Anda miliki dan informasi kepemilikan.
  • Klik Verifikasi atau tekan Enter untuk melihat hasilnya.
  • Informasi yang diminta akan ditampilkan berdasarkan alamat situs web yang ditentukan.

Anda bisa mendapatkan informasi terkait selama pengguna situs web menggunakan layanan Perlindungan Privasi WHOIS, karena layanan ini dirancang untuk melindungi data dan informasi pribadi dari pemilik domain. Jika pemilik domain menggunakannya, Anda tidak dapat melihat informasi pribadi orang tersebut. Anda tetap dapat melihat informasi pemilik domain, tetapi biasanya hanya berupa tempat pendaftaran domain, dengan informasi identitas seperti nama pemilik domain, alamat email dan nomor telepon, tanggal pendaftaran dan tanggal kedaluwarsa, serta alamat IP domain. pemilik.

Daftar Situs untuk Cek Pemilik Domain

Selain WHOIS yang dijelaskan di atas, banyak situs web juga dapat memverifikasi pemilik domain. WHOIS bukan satu-satunya situs yang dapat memverifikasi nama domain, berikut daftarnya.

  • whois(dot)com
  • whois(dot)net
  • whois(dot)domaintools(dot)com
  • who(dot)is
  • whois-search(dot)com
  • networksolution(dot)com/whois
  • betterwhois(dot)com
  • easywhois(dot)com

Bisakah Mengecek Semua Domain?

Domain umumnya dimiliki oleh individu atau perusahaan, baik itu institusi, korporasi, atau kelompok lain. Data domain umumnya terlihat, tetapi tidak berlaku untuk penyedia layanan yang melihat dan mempublikasikan data mereka karena alasan privasi. Dengan cara ini, Anda tidak akan dapat membaca informasi pemilik domain, meskipun Anda menggunakan situs penyedia seperti WHOIS. Namun pemilik domain harus memberikan data lengkap kepada penyedia layanan yang dipilih untuk keperluan pendaftaran, tentunya hal ini tidak boleh dirahasiakan untuk keperluan pendaftaran dan penyediaan data dengan penyedia layanan.

Manfaat Mengetahui Pemilik Domain

Ada aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui siapa pemilik domain, seperti mengetahui pemilik domain dapat digunakan untuk berbagai tujuan, baik yang bermanfaat bagi pemilik domain maupun yang merugikan bagi pemilik domain. Salah satu keuntungannya adalah mempermudah dalam mengusut kasus penipuan di website toko online, mengetahui kontrolnya, Anda juga bisa mengetahui datanya di sana. Data yang tersedia secara umum biasanya dimulai dari nomor telepon hingga alamat rumah pemilik website, Anda dapat menggunakan data ini untuk mencegah penipuan karena data ditampilkan dengan jelas. Namun ada kalanya data yang dimasukkan fiktif, hal ini biasanya terjadi dengan ekstensi domain yang tersedia secara gratis, sehingga tidak perlu Anda cek terlebih dahulu.

Informasi yang Disajikan Oleh WHOIS

Anda sudah familiar dengan istilah WHOIS yang dijelaskan di atas, Anda juga harus tahu informasi apa yang diberikan WHOIS saat Cek Pemilik Domain. Anda dapat membaca gambaran lebih rinci di bawah ini.

  • Domain Information

Bagian ini biasanya berisi informasi nama website, informasi pendaftaran dan tanggal kadaluarsa serta informasi status domain, apakah aktif, tidak aktif atau bahkan ditangguhkan. Serta informasi lebih lanjut tentang nama server yang digunakan.

  • Registrant Contact

Pada bagian ini tersedia informasi berupa orang yang mendaftarkan website dengan nama domain yang ada, data terlampir biasanya meliputi nama pendaftar, organisasi yang didirikan, alamat dan kota, serta informasi lebih lanjut terkait ke situs web. negara, alamat email dan nomor telepon pihak yang berkepentingan tersedia.

  • Administrative Contact

Informasi di bagian ini hampir sama dengan informasi kontak pendaftar, tetapi biasanya di sinilah Anda akan menemukan bio orang tersebut menurut pemilik situs.

  • Technical Contact

WHOIS biasanya juga menyediakan informasi kontak teknis, yang digunakan untuk melampirkan informasi kontak yang dapat Anda hubungi. Informasi lengkap yang didapat berupa nama pemilik website, alamat IP dan lainnya.

  • Raw WHOIS Data

Bagian ini berisi informasi rinci dan sangat komprehensif, semua informasi yang Anda butuhkan tersedia dalam data whois mentah ini. Semua informasi yang disajikan sangat detail, sehingga bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Yang paling penting adalah mengecek status domain apakah sudah aktif, pending, tidak aktif atau sudah tidak aktif lagi.

Kesimpulan Cek Pemilik Domain

Mengetahui data pemilik domain memiliki banyak manfaat bagi yang membutuhkannya, apalagi jika domain Anda bisa dijual dengan harga tinggi. Banyak orang membutuhkan situs web dengan domain yang bagus untuk digunakan. Selain itu, tidak jarang data pribadi pemilik domain untuk dipelajari lebih lanjut, sebagai referensi, sehingga pelanggan dapat memilih domain yang tepat untuk kinerja bisnisnya.

Namun tidak jarang pemilik domain justru menyembunyikan identitasnya karena dianggap private, hal ini dikarenakan banyak hal yang bisa terjadi di dunia internet yang dapat mengganggu ketenangan hati pemilik domain. Baik itu penyalahgunaan akses atau penggunaan yang mengatasnamakan beberapa subjek dan sebagai umpan, tentu merugikan pemilik data pribadi tersebut. Orang akan mencarinya menggunakan informasi pribadi yang mereka miliki, jadi dia harus membayar kerugian yang disebabkan oleh pembuat onar.