Facebook Debugger: Cara Mudah Atasi Error Preview Share Link

Facebook Debugger–Sebelum adanya Facebook yang saat itu berkembang pesat, sudah ada aplikasi sejenis yang bernama Facemash. Pendahulu dari aplikasi Facebook ini diciptakan oleh Mark Zuckerberg ketika ia masih mahasiswa tahun kedua di Harvard, Facebook sendiri dibuat dari tempat yang tidak terduga.

Ya, Mark membuat Facebook di kamar asramanya di Harvard, untuk menyempurnakan ciptaannya, dia meretas jaringan komputer Harvard, yang saat itu dilindungi, dan menyalin foto identitas pribadi asrama tersebut. Karena Harvard belum memiliki halaman yang berisi informasi dasar foto dan informasi pribadi lainnya untuk mahasiswa, Facemash yang muncul hanya dalam empat jam pertama, juga menarik perhatian 450 pengunjung dengan 22.000 tampilan foto.

Tak lama kemudian, kehadiran Facemash menimbulkan masalah bahkan mengancam akan mengusir Mark. Namun keputusan itu akhirnya dibatalkan, mendorong Mark untuk memulai situs baru pada semester berikutnya. Hingga 4 Februari 2004 lahirlah Facebook yang masih berupa situs bernama The Facebook, hingga saat ini Facebook telah berhasil menarik pengguna dari hampir seluruh dunia.

Mengenal Istilah dari Facebook

Sebelum memulai diskusi tentang Facebook debugger, Anda akan diberitahu tentang syarat dan ketentuan Facebook. Istilah Facebook adalah layanan jejaring sosial yang berbasis di Menlo Park, California, diluncurkan pada Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari setengahnya menggunakan ponsel.

Pengguna harus mendaftar sebelum menggunakan situs. Pengguna kemudian dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profil mereka. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan minat serupa yang diatur berdasarkan tempat kerja, sekolah atau universitas atau karakteristik lain dan mengelompokkan teman mereka dalam daftar seperti “Rekan kerja” atau “Teman dekat”.

Apa Itu Facebook Debugger

facebook debugger tool
facebook debugger tool

Setelah memahami istilah dari Facebook itu sendiri, mari kita mengenal istilah dari Facebook Debugger. Istilah ini akan terdengar asing bagi orang awam, jadi alangkah baiknya jika Anda mengetahui alat yang dapat memperbaiki kesalahan saat memposting artikel blog di halaman Facebook, yang disebut Facebook Debugger. Kesalahan ini biasanya terjadi pada pratinjau posting seperti gambar unggulan blog tidak ditampilkan, kesalahan ketik pada judul, deskripsi yang salah, dll. Sedangkan preview yang biasanya muncul saat Anda membagikan postingan blog di halaman Facebook adalah:

  • Introduction

Ini biasanya mencakup frasa pengantar atau pengantar posting Facebook.

  • Gambar

Tidak hanya dalam bentuk foto, tetapi juga dalam bentuk ilustrasi dan banyak caption, yang didapat crawler Facebook dari blog yang dibagikan.

  • Caption

Berisi judul dan penjelasan identifikasi blog yang didapat dari blog scraping.

Sedangkan jika terjadi error atau terjadi error saat membagikan postingan, salah satu dari ketiganya tidak akan tampil sempurna di halaman Facebook Anda.

Penyebab Terjadinya Error Preview Share Link

Ada banyak alasan mengapa kesalahan posting Facebook terjadi. Berikut adalah beberapa ulasan.

  • Caching di Facebook

Setiap aplikasi atau situs web harus memiliki cache atau sistem penyimpanan sementara, seperti halnya Facebook. Facebook sendiri menjalankan sistem caching 30 hari di mana crawler Facebok tidak akan langsung menemukan update terbaru saat Anda melakukan perubahan konten. Dengan cara ini, pratinjau yang muncul saat Anda membuat postingan konten terakhir akan tetap menampilkan pratinjau lama.

  • Caching di WordPress

Selain Facebook, WordPress sendiri memiliki sistem caching. Ini berusaha untuk kecepatan di dalam WordPress itu sendiri. Namun, WordPress sendiri mungkin tidak memiliki pembaruan blog yang di-cache, jadi saat Anda memposting konten terbaru di Facebook, pratinjau tetap tidak akan diperbarui.

  • Featured Image Hilang

Hal ini terkait dengan struktur yang dimiliki WordPress, crawler Facebook terkadang tidak dapat menemukan gambar unggulan yang Anda gunakan. Sehingga crawler akhirnya memilih gambar lain atau tidak memasukkannya ke dalam preview sama sekali.

  • Tidak Adanya Open Graph Meta Tags

Facebook biasanya menampilkan preview situs berdasarkan hasil crawl, namun tak jarang hasil yang ditampilkan berbeda dari yang diharapkan. Ini tidak terjadi jika Open Graph menambahkan meta tag (tag tag) ke situs Anda untuk mengontrol bagaimana pratinjau ditampilkan. Biasanya plugin SEO yang Anda gunakan akan otomatis menambahkan tag og.

  • Ukuran Image

Facebook sendiri memiliki ketentuan yang berisi aturan mengenai ukuran gambar yang ditampilkan di halaman Facebook, biasanya lebar tampilan gambar maksimal adalah 1200 piksel. Oleh karena itu, jika gambar yang disisipkan tidak sesuai dengan ukuran yang Anda tetapkan, hasil pratinjau yang ditampilkan tidak akan sesuai.

Cara Mengatasi Error Preview Image

Berikut adalah beberapa langkah umum yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki kesalahan gambar pratinjau di halaman Facebook.

  • Clear Cache

Jika Anda merasa bahwa masalahnya disebabkan oleh cache yang ada, ada baiknya untuk menghapus cache sistem situs web dan halaman Facebook Anda. Anda juga dapat menghapus cache WordPress karena sumber masalahnya juga bisa berada di cache WordPress. Untuk menghapus cache WordPress Anda dapat menggunakan plugin W3 Total Cache, WP Fastest Cache dan WP Super Cache, sedangkan di Facebook untuk menghapus cache Anda dapat membuka halaman debug Facebook dan klik Scrape Again dan tunggu prosesnya selesai.

  • Pengaturan Open Graph

Menyiapkan Facebook untuk menampilkan gambar yang benar menggunakan plugin Open Graph adalah langkah yang dapat Anda ambil. Penggunaannya juga sangat mudah, cukup unduh plugin WP Open Graph dan aktifkan judul, deskripsi, gambar, dan keterangan yang diinginkan.

Kesimpulan

Anda mungkin telah menghapus beberapa postingan di Facebook karena postingan tersebut tidak terlihat seperti yang Anda inginkan dan tidak cocok dengan yang ada di situs web atau blog Anda. Ternyata hal ini bisa dilewati dengan menggunakan Facebook debugger, salah satu tools yang bisa Anda gunakan untuk melihat apa yang dilakukan Facebook terhadap tampilan website atau halaman blog Anda. Dapat dikatakan bahwa alat ini membantu dalam analisis bug yang ada untuk diperbaiki, alat ini juga memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana pratinjau akan terlihat ketika Anda membagikan tautan blog di halaman Facebook.

Anda tidak memerlukan akun terpisah untuk menggunakan debugger Facebook ini, Anda hanya perlu membuka Facebook Debug Tool di halaman berbagi debugger dan mendaftar di halaman tersebut. Setelah berhasil mendaftar dan masuk ke halaman debug Facebook, Anda bisa langsung memasukkan URL halaman yang mengalami error. Kemudian klik tombol debug hingga proses berjalan, akan muncul peringatan yang perlu Anda perbaiki. Selain itu, informasi pelaporan tentang jalur pengalihan, URL resmi, dan pengurangan waktu juga tersedia.