Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Dengan Mudah

Cara Menambahkan Lokasi–Era mencari dan menjelajah area dan alamat baru secara manual di peta sudah lama berlalu. Kini, selain tidak praktis, peta juga membutuhkan waktu untuk diperbarui, sehingga penggunaannya tidak lagi akurat. Inovasi teknologi telah banyak membantu dengan membuat aplikasi peta online yang akurat dengan petunjuk arah untuk selalu memperbarui apa pun, seperti gedung dan jalan baru, agar lebih andal secara real time.

Salah satu aplikasi pemetaan yang paling populer adalah Google Maps, yang telah membuat navigasi begitu mudah sehingga menjadi alat transportasi penting dari desa dan kota ke pedesaan. Menemukan hampir semua alamat semudah mengetiknya di kotak pencarian dan kemudian menemukan denah lantai dengan petunjuk yang harus diikuti.

Jika tempat yang ingin Anda kunjungi tidak memiliki alamat atau alamatnya salah, Anda harus mendaftarkannya di peta. Demikian juga, jika Anda tidak tahu alamat pastinya, Anda mungkin meletakkan PIN di tempat umum. Dengan pin ini, selain memudahkan Anda untuk menemukannya, juga membantu orang lain melihat Google Maps lebih jelas tentang lokasi yang ditambahkan sebelumnya.

Mengenal Apa Itu Google Maps

cara menambahkan lokasi di google maps
cara menambahkan lokasi di google maps

Google Maps adalah layanan peta web yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini menawarkan citra satelit, foto udara, peta jalan, tampilan jalan panorama interaktif 360 ° (Street View), kondisi lalu lintas waktu nyata atau waktu nyata dan perencanaan rute untuk berjalan, mengemudi, bersepeda, perjalanan udara (dalam versi beta) . ) dan angkutan umum. Pada tahun 2020, lebih dari 1 miliar orang menggunakan Google Maps setiap bulan.

Tampilan satelit Google Maps adalah tampilan atas atau atas, dengan sebagian besar pemandangan kota beresolusi tinggi yang diambil dari pesawat pada ketinggian 800–1,500 kaki (240–460m), sementara sebagian besar gambar lainnya berasal dari satelit. Sebagian besar citra satelit yang tersedia tidak lebih dari tiga tahun dan diperbarui secara berkala. Google Maps menggunakan versi proyeksi Mercator, sehingga tidak dapat secara akurat menunjukkan area di sekitar sudut. Pada Agustus 2018, versi desktop Google Maps diperbarui untuk menampilkan bola dunia 3D, meskipun masih dimungkinkan untuk beralih kembali ke peta 2D di pengaturan.

Google Maps untuk perangkat Android dan iOS dirilis pada September 2008 dan mencakup navigasi GPS terperinci dan fungsi bantuan parkir khusus. Pada bulan Agustus 2013, aplikasi ini menjadi aplikasi smartphone paling populer di dunia, dengan lebih dari 54% pemilik smartphone global menggunakannya setidaknya sekali. Pada 2012, Google melaporkan memiliki lebih dari 7.100 karyawan dan kontraktor yang bekerja langsung dalam pemetaan. Pada Mei 2017, aplikasi ini memiliki 2 miliar pengguna di Android, bersama dengan banyak layanan Google lainnya termasuk YouTube, Chrome, Gmail, Penelusuran dan Google Play, dan Google Maps menjangkau lebih dari 1 miliar pengguna bulanan.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps

Secara umum, ada beberapa cara untuk menambah dan menambahkan lokasi di Google Maps, misalnya di smartphone dan desktop Android dan iOS. Berikut cara menambahkan lokasi ke Google Maps berdasarkan perangkat yang ingin Anda gunakan.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps di iPhone atau Android

Proses memblokir atau menambahkan lokasi di aplikasi seluler Google Maps sama, apa pun ponsel yang Anda gunakan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Temukan lokasi di peta tempat Anda ingin membuka kunci dan perbesar sebanyak yang diperlukan untuk melihatnya dengan jelas.
  • Sentuh dan tahan di tempat Anda ingin meletakkan pin hingga muncul di bawah jari Anda.

Anda sekarang dapat menggunakan placeholder yang sebelumnya Anda tambahkan ke lokasi. Misalnya, ketuk “Rute” untuk mendapatkan rute dari lokasi Anda saat ini ke placeholder yang dibuang. Jika mau, Anda dapat menyimpan PIN ini untuk digunakan nanti. Untuk melakukan ini, ketuk “Label” di opsi oval pin dan beri nama. Setelah itu, Anda selalu dapat menemukannya di Places. Perhatikan bahwa Google Maps versi Android dan iPhone bekerja sedikit berbeda. Kedua aplikasi memungkinkan Anda untuk menyimpan dan menandai pin yang dilepaskan, tetapi untuk melihat tombol Tag di Android, ketuk kotak info di bagian bawah layar untuk melihat semua opsi.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps di Desktop

Langkah selanjutnya adalah menambahkan pin atau lokasi baru melalui desktop atau laptop, semudah melalui smartphone Anda di atas. Langkah-langkah cepat dan mudah untuk menerapkan adalah sebagai berikut:

  • Buka Google Maps di komputer Anda.
  • Perbesar dan gulir peta hingga Anda menemukan di mana Anda ingin menyeret pin.
  • Klik di mana Anda ingin memasukkan PIN. Pin abu-abu kecil akan muncul dan bidang informasi akan muncul di bagian bawah layar.

Sekarang saatnya menggunakan pin. Jika Anda mengklik ikon navigasi biru di bidang informasi, Google Maps akan membuka halaman navigasi tempat Anda dapat memasukkan lokasi awal dan mendapatkan petunjuk arah. Atau, Anda dapat mengklik di mana saja di kotak informasi untuk menampilkan panel dengan informasi tambahan tentang lokasi yang dipilih. Dari sana, Anda dapat mengeklik ikon Simpan untuk menambahkan lokasi ini ke Tempatku sehingga Anda dapat menavigasinya dengan cepat di masa mendatang.

Cara Menyematkan Titik Banyak Lokasi Di Google Maps

Jika Anda ingin menampilkan peta di situs web Anda yang mencakup lebih dari satu tempat, Anda perlu membuatnya di Google Maps dan kemudian menyematkannya di situs web Anda. Pertama, tentu saja, Anda perlu membuat peta dengan beberapa lokasi yang ingin Anda tambahkan. Sementara itu, cara membuat peta dengan banyak titik:

  • Buka www (dot) google (dot) com dan temukan lokasi di peta yang ingin Anda tambahkan.
  • Pastikan Anda masuk dengan mengklik tombol Masuk di sudut kanan atas.
  • Di sudut kiri atas, di samping bidang pencarian, klik ikon menu untuk memperluas menu.
  • Klik Tempatku, Peta, lalu Buat Peta untuk mengedit peta.
  • Jendela baru akan muncul. Masukkan judul dan deskripsi untuk peta dan klik Simpan.
  • Anda sekarang dapat memasukkan lokasi secara manual dengan mengklik ikon penanda dan menempatkannya langsung di atas peta, atau mencari lokasi menggunakan kotak pencarian di bagian atas layar.
  • Jika Anda menambahkan tempat secara manual, Anda dapat memberi nama dan menyimpannya untuk menambahkannya ke peta. Saat Anda mencari dan menambahkan lokasi tertentu, penanda hijau muncul di peta dan Anda dapat mengeklik tautan Tambahkan atau Tambahkan ke Peta.
  • Ulangi langkah 6 dan 7 untuk setiap lokasi yang ingin Anda tambahkan.

Kesimpulan

Google Maps benar-benar alat yang sangat berguna yang dapat membantu Anda mencapai tujuan dan mencari tahu apa yang perlu Anda ketahui sebelum tiba di sana. Tentunya lebih praktis dan efisien karena tidak perlu lagi membawa kertas peta, kompas dan membaca petunjuk dasarnya. Banyak pengguna mengandalkan pencarian peta online menggunakan Google Maps.

Tidak seperti peta kertas, Google Maps tidak terbatas pada satu negara bagian atau negara. Bahkan, ia menyediakan peta untuk hampir setiap negara di dunia. Dikombinasikan dengan citra satelit, foto yang dikirim pengguna, dan fitur Street View Google yang canggih, Google Maps lebih dari sekadar peta. Ini adalah atlas interaktif yang mencakup informasi tentang tempat dan orang-orang dari seluruh dunia.