Panduan Lengkap Google Analytics Untuk Pemula

Panduan Lengkap Google Analytics–Jika Anda memiliki situs web atau situs online, Anda sangat membutuhkan Google Analytics untuk melacak kemajuan situs web Anda dan berapa banyak pengunjung yang datang ke situs Anda. Ini adalah teknik yang dapat Anda gunakan untuk melihat seberapa jauh situs web dan blog Anda telah menjangkau pembaca Anda dari waktu ke waktu. Tidak perlu menggunakan layanan lain untuk melihat laporan kesehatan situs web Anda karena ini adalah cara yang paling nyaman.

Anda dapat menghubungkan Google Analytics ke situs web Anda untuk memantau kemajuan situs web Anda. Disini anda juga bisa menganalisa apakah kampanye anda berhasil atau tidak, melihat peningkatan pengunjung website di Google Analytics dan masih banyak hal lainnya yang bisa anda gunakan sebagai alat penelitian tambahan untuk meningkatkan website dan blog anda. Panduan Lengkap Google Analytics

Jadi apa yang bisa Anda lihat di Google Analytics? Dengan Google Analytics, Anda dapat melihat berapa banyak pengunjung yang Anda miliki, berapa lama pengunjung berada di situs Anda, dan banyak lagi. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari seluk beluk Google Analytics, jadi baca artikel ini sampai akhir.

Memahami Definisi Google Analytics dan Cara Kerjanya

cara menggunakan google analytics
cara menggunakan google analytics

Sederhananya, Google Analytics memberi Anda akses ke banyak data tentang bagaimana pengguna menemukan dan berinteraksi dengan situs web Anda. Misalnya, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang mengunjungi halaman tertentu, berapa lama mereka tinggal di sana, di mana pengguna berada, seberapa baik kinerja kata kunci tertentu, dll.

Untuk mempermudah pemilik website dan blog, dapat diintegrasikan ke dalam situs Anda dengan kode Google Analytics atau plugin WordPress Site Kit mereka, sedangkan jika Anda menggunakan platform terkenal lainnya, Blogger, selain WordPress, maka Anda beruntung. , karena ini adalah bagian dari Blogger itu sendiri, sehingga menawarkan lebih banyak kemudahan bagi pengguna platform.

Cara Kerja Google Analytics dan Istilah-istilah Google Analytics

Untuk memasukkan semua data dari situs web Anda ke Google Analytics, Anda harus terlebih dahulu menempatkan tag di situs web Anda. Setelah tag ditempatkan dengan benar, Google Analytics akan mulai mengumpulkan data. Data tersebut kemudian ditampilkan dalam laporan yang berisi metrik dan dimensi. Panduan Lengkap Google Analytics

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa metrik adalah yang menghasilkan angka di platform. Semua yang dapat diukur dengan angka adalah metrik yang mencakup jumlah pengguna, jumlah pembelian, nilai konversi, waktu rata-rata yang dihabiskan di situs, dll. Indikator dapat disegmentasikan dengan bantuan dimensi. Berikut beberapa istilah yang harus Anda ketahui:

  • Akun

Lokasi setiap properti di dasbor. Anda dapat menyiapkan beberapa properti dalam satu akun atau membuat beberapa akun untuk properti yang berbeda.

  • Properti

Kepemilikan mengacu pada situs web atau aplikasi seluler yang ingin Anda lacak dan yang telah dihapus dari situs web atau blog Anda.

  • ID Pelacakan

Kode unik yang ditambahkan ke situs web Anda yang memungkinkan Google Analytics melacaknya.

  • Saluran/Sumber Trafik

Ini menunjukkan dari mana lalu lintas atau lalu lintas ke situs web Anda berasal, seperti rujukan atau rujukan dari situs web lain, mesin pencari, media sosial, dan email.

  • Sesi Durasi

Seperti namanya, bagian ini menunjukkan berapa banyak waktu yang dihabiskan pengunjung di situs.

  • Bounce Rate

Lalu ada rasio pentalan, yang mengacu pada persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman dan kemudian pergi.

  • Session

Perilaku khusus pengunjung, seperti saat pengunjung mengeklik iklan, menonton atau menghentikan video, mengunduh file, dll.

  • Penelusuran Organik

Sementara pencarian organik melibatkan pengunjung yang mengunjungi situs web Anda dari tautan di halaman hasil pencarian.

  • Segmen

Apakah Anda memiliki tujuan tertentu? Kemudian Anda dapat mencoba memeriksa segmen, yang merupakan cara untuk memfilter data Anda berdasarkan kategori dan jenis pengunjung, misalnya.

Selain istilah di atas, ada juga jenis hubungan yang tidak boleh dilewatkan. Istilah untuk jenis laporan berikut ini perlu diketahui:

  • Konversi

Lacak berapa banyak pengunjung yang telah berkonversi menjadi pelanggan buletin, pelanggan, dan pelanggan sebenarnya. Klik tab Konversi dan pilih jenis atau kategori konversi untuk melihat laporan.

  • Akuisisi

Tunjukkan dari mana lalu lintas Anda berasal, seperti mesin telusur, media sosial, kampanye pemasaran email, dan rujukan dari situs web lain. Anda dapat menemukannya di tab Akuisisi.

  • Kata Kunci

Ini memberi tahu Anda istilah pencarian mana yang digunakan pengunjung untuk menemukan situs Anda di mesin pencari. Laporan ini dapat ditemukan di tab Perilaku di Penelusuran Situs.

  • Pengguna Aktif

Pengguna aktif melacak jumlah pengunjung aktif yang sebenarnya ke situs web Anda selama periode waktu tertentu, seperti minggu terakhir, 14 hari, atau sebulan. Ini menunjukkan kepada Anda halaman mana yang paling sering dikunjungi pengguna aktif Anda, sehingga Anda dapat melihat apa yang menarik perhatian mereka dan menerapkannya ke seluruh situs Anda. Anda dapat menemukan laporan tentang pengguna aktif di tab Publik di bawah Pengguna aktif.

  • Nilai Seumur Hidup

Laporan Nilai Umur, saat ini dalam versi beta, melacak pengunjung sepanjang hidup mereka, dari kunjungan pertama hingga konversi, kunjungan berikutnya, pembelian di masa mendatang, dan banyak lagi. Ini dapat membantu Anda memahami apa yang membuat pengunjung ini menjadi pelanggan dan apa yang menahan mereka sehingga Anda dapat membuat perubahan. Nilai durasi dapat ditemukan di tab Audiens.

  • Landing Page

Laman landas menunjukkan kepada Anda laman landas mana yang paling banyak dikunjungi, sehingga Anda dapat melacak dari mana pengunjung Anda berasal dan apa yang berhasil di laman teratas yang menarik pelanggan. Anda akan menemukannya di berbagai laporan di kolom halaman arahan.

Cara Menggunakan Google Analytics untuk Website Anda

Sekarang setelah Anda mempelajari dasar-dasarnya, berikut informasi selengkapnya tentang penggunaan Google Analytics sebagai bisnis kecil. Berikut adalah cara untuk mulai menautkan Google Analytics ke situs web Anda.

Mulai dengan Analytics

Untuk mulai mengumpulkan data dasar dari situs web, buat atau masuk ke akun Analytics Anda, lalu:

Buka google (dot) com / analytics
Lakukan salah satu hal berikut: Untuk membuat akun, klik Mulai secara gratis, atau untuk masuk ke akun Anda, klik Masuk ke Analytics.

Siapkan Properti

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan properti di akun Analytics Anda. Properti mewakili situs web atau aplikasi Anda dan merupakan titik pengumpulan data dari situs web atau aplikasi Anda di Analytics. Siapkan tampilan laporan properti Anda. Anda dapat menggunakan tampilan untuk membuat perspektif yang difilter dari data Anda. Misalnya, semua data kecuali alamat IP internal perusahaan atau semua data yang berkaitan dengan wilayah penjualan tertentu. Ikuti petunjuk untuk menambahkan kode pelacakan ke situs web Anda untuk mengumpulkan data di properti Analytics Anda.

Siapkan Google Analytics di situs web Anda

Untuk memantau situs ini, Anda memerlukan kode pelacakan <script>. Setelah mengatur akun Anda, Anda akan dibawa langsung ke bagian Kode Pelacakan. Kode pelacakan harus ada di setiap halaman yang ingin Anda lacak. Ada beberapa cara untuk melakukannya:

  • Salin dan tempel kode langsung ke templat situs web Anda.
  • Buat file “analytictracking (dot) php” dengan kode ini dan tambahkan <? php include_ Sekali (“analytictracking (dot) php”)?> setelah tag template <body>.
  • Periksa host web, pembuat situs web, atau platform blog Anda untuk integrasi dengan Google Analytics. Misalnya, WordPress memiliki sejumlah plugin yang secara otomatis menambahkan kode pelacakan ke setiap halaman. Beberapa pembuat situs web memiliki halaman atau bidang tertentu tempat Anda dapat dengan mudah memasukkan ID Pengikut Anda. Ini seperti Blogger dan Squarespace yang hanya meminta ID properti web atau nomor akun Google Analytics Anda, serangkaian angka yang dimulai dengan huruf UA yang mengidentifikasi situs Anda.

Kesimpulan

Panduan Lengkap Google Analytics, Google Analytics cukup komprehensif karena memberi Anda akses ke sejumlah besar data tentang bagaimana pengguna menemukan dan berinteraksi dengan situs web Anda. Di sini Anda dapat melihat berapa banyak orang yang telah mengunjungi halaman, berapa lama mereka berada di sana, di mana pengguna berada, seberapa baik kinerja kata kunci tertentu, dan banyak lagi. Google Analytics juga dapat diintegrasikan ke situs web Anda dengan kode atau plugin WordPress jika Anda adalah pengguna platform populer ini.

Untuk memasukkan semua data dari situs web Anda ke Google Analytics, Anda harus terlebih dahulu menempatkan tag di situs web Anda. Setelah tag ditempatkan dengan benar, Google Analytics akan mulai mengumpulkan data. Data tersebut kemudian ditampilkan dalam laporan yang berisi metrik dan dimensi. segmen.