Cara Membuat Blog Profesional Bagi Pemula

Cara Membuat Blog – Hanya dengan domain dan hosting, Anda dapat membuat blog sederhana yang akan menempati peringkat pertama di Google. Pernahkah Anda mendengar kata “blog” atau situs web sebelumnya? Tentu ada! Saat ini, blog ini telah menjadi trend atau gaya hidup masyarakat. Sudah banyak blogger sukses yang meraup untung dan populer di media karena berbekal postingan blog. Ada juga yang menganggap blogging sebagai pekerjaan utama mereka. Apa itu blog? Apa perbedaan antara blog dan situs web? Bagaimana cara membuat blog menjadi blog yang profesional dan mendapatkan banyak pengunjung? Bagaimana cara membuat blog pemula yang sederhana? Nah, kali ini kami mengajak Anda untuk membuat blog yang profesional.

Cara Membuat Blog

cara membuat blog
cara membuat blog

Blog adalah aplikasi situs web yang berisi konten tertentu. Dikutip dari Wikipedia, blog atau weblog adalah sebuah aplikasi internet yang muncul dalam bentuk tulisan atau tulisan yang diberi nama umum pada sebuah situs web. Website atau blog ini umumnya dapat diakses oleh setiap pengguna internet berdasarkan topik dan tujuan dari pengguna blog tersebut. Untuk pertama kalinya, blog dipopulerkan oleh platform blogger (dot) com milik Pyra Labs.

Pernahkah Anda memiliki blog dengan akhiran blogspot? Jadi inilah awal mula istilah “blog” seperti yang dikenal masyarakat. Dengan blog kamu bisa menulis apapun yang kamu mau. Anda dapat berbagi informasi, berbagi pengalaman pribadi, resep makanan, tips dan trik, dll. Blogger, atau “blogger” pada umumnya, umumnya mudah berkembang karena didukung oleh banyak komunitas blogging lokal dan Internet.

Apa Beda Blog dan Website?

Dari segi fungsionalitas, blog dan website adalah sama. Perbedaannya terletak pada konten konten, server yang menyimpan penyimpanan file situs web, dan penggunaan nama domain. Blog lebih populer, mengarah ke * blogspot, yang omong-omong sudah ada sejak dahulu kala. Nama Blogspot biasanya memiliki akhiran blogspot (dot) com (dot) karena digunakan untuk menyimpan file yang masih berada di server hosting milik perusahaan Blogspot. Meskipun website biasanya sudah memiliki nama domain sendiri, ekstensi domain sendiri (seperti .com, .net., Id, .xyz dan sebagainya) dan dapat digunakan untuk berbagai fungsi, seperti toko online, website bisnis atau yang lainnya. Namun, ada juga blog independen yang memiliki domain dan hosting yang menggunakan CMS seperti WordPress.

Saya punya blog, apakah blog juga bisa disebut website? Dikutip dari Merriam-Webster, blog adalah situs web yang berisi konten online tentang menulis pengalaman pribadi, video, atau gambar. Dan semua orang dapat mengomentari apa yang diposting. Sedangkan website adalah halaman di internet yang menggunakan domain dan hosting dengan konten tertentu (Wikipedia). Jadi blog adalah bagian dari situs. Dalam hal menulis, blog lebih komunikatif dan menarik. Sedangkan website, tergantung dari jenis website yang Anda buat.

Mengapa Harus Buat Blog?

  • Dengan memiliki blog kamu bisa bercerita pengalaman

Blogger adalah orang yang bercerita melalui media blogging, topik cerita bisa sangat luas, mulai dari pengalaman kecil, pengalaman aneh, pengalaman horor. Banyak orang menemukan kesuksesan dengan berbagi pengalaman unik mereka di media blog. Inilah contoh KKN di kampung penari. Anda masih ingat? dari hasil cerita yang di publish di twitter, penulis skenario KKN ini viral di kampung tari dan menghasilkan banyak pemasukan.

  • Blogging dapat meningkatkan keterampilan komunikasi

Dengan blogging, tanpa sadar kita meningkatkan keterampilan dan pengetahuan komunikasi kita pada saat yang bersamaan. Karena blogger pasti punya ide untuk memposting di blognya. Tanpa disadari, mereka belajar berkomunikasi dengan baik.

  • Dapat menghasikan uang

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blogging untuk menghasilkan uang dari blogging, banyak orang berpikir adalah mungkin untuk menghasilkan uang dari blogging? Jawabannya tentu saja bisa. Ada banyak blogger saat ini menghasilkan ratusan dolar dari blog pribadi mereka.
Sebagian besar blogger menghasilkan uang dari iklan Google Adsense, iklan, kontes blog, pemasaran afiliasi, dan banyak cara lain untuk memonetisasi blog

  • Membantu Orang Lain

Dengan blog pribadi Anda, Anda dapat membantu tetangga Anda menjual produk mereka jika Anda menulis ulasan tentang produk yang dijual oleh tetangga, kerabat, atau teman di blog Anda.

Selain itu, Anda dapat memposting tulisan yang memotivasi orang lain sehingga orang lain dapat mengambil manfaat dari tulisan blog Anda.

Memilih Platform yang Tepat Untuk Membuat Blog

Cara Membuat Blog — Ada banyak platform untuk blogging, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Berikut adalah beberapa platform blogging yang dapat Anda gunakan untuk membuat blog.

1. WordPress.org

WordPress.org adalah platform situs web yang paling banyak digunakan oleh blogger gratis, jadi platform ini gratis, Anda dapat menulis artikel dan mendesain blog sesuka Anda, memasang plugin dan banyak tema sesuai kebutuhan. Namun untuk membuat website wordpress anda harus memiliki domain dan hosting terlebih dahulu. berapa harga hosting termurah? Anda dapat memeriksa hosting murah di sini

2. WordPress.com

Saat ini, lebih dari 42% blog di dunia dibuat menggunakan WordPress. Pengguna wordpress saat ini berasal dari berbagai macam latar belakang, mulai dari blogger, toko online, profil bisnis, dan lainnya.

WordPress.com menyediakan pembuat situs web gratis, hosting gratis, dan domain gratis, tetapi domain Anda mendapatkan subdomain wordpress.com. contoh: namaanda.wordpress.com. Tapi kalau mau ganti domain TLD masih bisa kok, tinggal connect domainnya ke wordpress.com

3. Blogger.com

Blogger.com juga hampir mirip dengan wordpress.com, mereka menyediakan tampilan yang sederhana dan mudah untuk pembuat situs web. Anda hanya perlu mendaftar dengan alamat email Anda dan Anda dapat mengembangkan tema Anda di blogger secara gratis.
Tapi hampir seperti wordpress.com, Anda mendapatkan domain dengan nama domain yourname.blogspot.com.

4. Weebly

Weebly adalah pembuat blog yang cukup populer akhir-akhir ini, dengan weebly Anda dapat membuat situs web tanpa mempelajari bahasa pemrograman apa pun. Dengan weebly gratis, Anda dapat membuat situs web secara gratis dan menggunakan fitur-fiturnya secara gratis.
Tetapi nama domain diakhiri dengan weebly.com jika Anda menggunakan versi gratis.

Jika Anda ingin nama domain Anda diakhiri dengan .com atau .id, Anda dapat menambahkan paket ke Weebly Connect, tetapi biayanya $5 per bulan dan Anda dapat menggunakan domain .com atau .id.

Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Cara termudah untuk membuat blog adalah DomaiNesia! Anda dapat membuat blog profesional dengan domain, hosting, dan blog. Dan kami memberikan tips dan trik tentang bagaimana sebuah blog dapat peringkat tinggi di Google. Nah, apakah Anda ingin tahu cara termudah untuk memulai sebuah blog? Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk

  • Penentuan ide blog

Kami sebelumnya telah menyajikan beberapa ide yang berguna untuk blog. Coba pilih satu sekarang. Jenis blog apa yang ingin Anda buat? Jika Anda masih bingung, Anda bisa menyesuaikannya dengan hobi, passion, dan tujuan awal Anda memulai sebuah blog. Misalnya, Anda suka memasak. Maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan blog bertema resep.

  • Pilih nama untuk blog

Setelah ide blog berhasil ditentukan, sekarang saatnya memilih nama untuk blog. Karena yang ingin Anda buat adalah blog profesional, maka nama blog yang Anda pilih pun tidak sembarangan. Nama blog di sini akan digunakan untuk branding dan promosi blog secara bersamaan. Untuk blog profesional, jangan gunakan akhiran * blogspot, * wordpress, atau * tumblr. Ini akan menggunakan domain TLD seperti .COM, .NET, .ORG, .ID atau yang lainnya. Sekarang nama blog yang dibuat akan digabungkan dengan ekstensi domain TLD.

  • Definisi domain

Domain didefinisikan oleh Wikipedia sebagai nama unik yang ditetapkan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti server web atau server email, di jaringan komputer atau Internet. Domain sebenarnya adalah nama. Ya, domain adalah nama unik yang merupakan alamat sebuah situs web. Domain dapat terdiri dari nama yang diikuti dengan akhiran atau ekstensi domain seperti .com, .id, .co.id, .net, dan lainnya. Untuk informasi tentang jenis-jenis ekstensi domain, lihat Jangan tertipu saat memilih ekstensi domain.

  • Memiliki Hosting

Nah, biasanya domain berkaitan dengan hosting. Untuk blog yang masih blogspot, *wordpress, *tumblr, dll, tidak memerlukan hosting. Karena pengguna akan “diposisikan” oleh Blogspot, WordPress atau Tumblr. Hosting sebenarnya tidak wajib, tetapi hasilnya harus menggunakan akhiran perusahaan (mis. * blogspot (dot) com, * wordpress (dot) com). Anda bahkan tidak bisa berbuat banyak untuk membuat blog terlihat profesional.

Nah, untuk itu Anda membutuhkan hosting untuk blog profesional Anda! Ingat, kali ini kami berbicara tentang cara membuat blog profesional. Sebuah blog yang bisa diberi nama. Blog yang bisa menghasilkan uang. Dan blog yang bisa membuat Anda atau perusahaan Anda terkenal.