Tips SEO Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Google dan Mesin Pencarian

Tips SEO Agar Artikel Cepat–Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO (Search Engine Optimization). Di mana posisi blog Anda di bagian atas hasil pencarian Google? Jika blog Anda berada di urutan teratas, itu memiliki manfaat untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung, sehingga semakin banyak orang yang tahu tentang blog Anda. Sering menulis artikel akan memudahkan blog atau website Anda untuk terus melihat peningkatan trafik. Namun ada satu hal yang terkadang terlupakan, yaitu cara cepat mengindeks artikel Google.

Jika artikel yang Anda buat tidak terindeks oleh Google, hal ini tentu merupakan hal yang sangat merugikan, mengingat artikel yang Anda buat sekreatif dan semenarik mungkin. Ada banyak alasan dan faktor mengapa Google tidak dapat mengindeks tautan situs web. Jika Anda terkadang bingung kenapa konten blog Anda tidak terindeks di Google, bisa jadi daya optimasi konten Anda masih sangat kurang. Google memiliki crawler “spider” yang tugasnya mengindeks postingan baru berupa artikel, gambar, dan video. Karena waktu kedatangan robot crawler di situs web tidak dapat diprediksi, setiap situs web memiliki waktu indeks yang berbeda.

Anda harus sedikit bersabar menunggu Google mengindeks artikel Anda. Butuh waktu lama, berminggu-minggu atau bahkan lebih lama. Apalagi jika Anda ingin artikel Anda muncul di urutan pertama hasil pencarian. Sebaiknya Anda bekerja lebih keras untuk mencapai hal tersebut, salah satunya adalah menguasai SEO website. Juga, Anda perlu mempelajari cara membuat Google mengindeks artikel Anda lebih cepat. Kombinasi keduanya menghasilkan peningkatan lalu lintas ke artikel Anda.

Faktor Penyebab Website Sulit Terindeks Google

Banyak orang mungkin bertanya-tanya apa yang membuat Google sulit mengindeks situs web. Hal ini sangat perlu Anda ketahui, karena dari situ Anda bisa mengoreksi kesalahan saat menulis artikel di website. Ternyata ada beberapa faktor yang membuat Google sulit untuk mengindeks sebuah website, yaitu:

  • Konten yang Kurang Berbobot dan Plagiat

Google membenci konten yang dijiplak dan berkualitas rendah sejak awal. Salah satu faktornya adalah sebagian besar konten yang Anda buat mungkin terlalu halus. Sangat disarankan agar Anda membuat artikel dengan sekitar 800+ kata. Menurut penelitian, fakta menunjukkan bahwa artikel dengan lebih dari 2000 kata tampil lebih baik di halaman hasil pencarian.

  • Backlink Tidak Layak untuk Terindeks

Google tidak akan mengindeks backlink berkualitas rendah yang tidak memberikan nilai bagi pembacanya. Apalagi jika website Anda sering terdaftar sebagai link spam atau dibangun di atas platform spam, yang tentunya akan langsung mendapatkan red flag dari Google. Periksa tautan spam yang mengarah ke situs Anda. Jika demikian, coba hapus tautan spam dari situs Anda.

  • Penggunaan Tag No-Index

Hal ini sangat jarang terjadi karena, sebagai pemilik website tunggal, tidak ada yang menginginkan websitenya tidak terindeks dan tidak ditampilkan di hasil pencarian. Yang mengatakan, tidak ada salahnya untuk memeriksa ulang pengaturan situs web Anda. Selalu lakukan ini untuk menghindari kesalahan interpretasi pada situs web atau blog Anda.

Cara Kerja Search Engine

Mesin pencari atau search engine dirancang khusus untuk menemukan, mempelajari, dan mengatur konten di Internet untuk menghasilkan hasil pencarian yang paling relevan. Untuk muncul di halaman pertama mesin pencari, Anda harus dapat memastikan bahwa mesin pencari dapat menemukan situs web Anda. Ini adalah bagian terpenting dari SEO. Percuma saja jika Anda sudah melakukan semua strategi SEO, baik on-page maupun off-page, tetapi website tidak terlihat oleh mesin pencari. Akibatnya, website Anda tidak akan muncul di SERP atau halaman hasil mesin pencari. Mesin pencari memiliki tiga fungsi utama sebagai berikut:

  • Crawling

Crawling adalah proses di mana mesin pencari, dalam hal ini Google, mengirim bot laba-laba untuk menemukan konten baru atau yang diperbarui. Kontennya bervariasi, bisa berupa halaman web, gambar, video, PDF, dll. Robot Google memulai dengan menjelajahi beberapa halaman web dan kemudian mengikuti tautan di halaman tersebut untuk menemukan URL baru. Akibatnya, browser atau crawler dapat menemukan konten baru dan menambahkannya ke indeks mereka. Browser kemudian menampilkan situs atau halaman terindeks yang relevan saat pengguna mencari konten atau kata kunci.

  • Index

Pengindeksan adalah proses di mana Google menyimpan dan mengatur konten yang ditemukan selama periode perayapan. Setelah halaman diindeks, sistem memperhitungkan keberadaan pencarian yang relevan.

  • Ranking

Pemeringkatan adalah proses di mana Google memilih konten mana yang paling relevan dan mana yang paling tidak relevan dengan pencarian pengguna.

Tips Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Mesin Pencarian

Anda pasti sudah menunggu lebih lama untuk metode ini setelah mengetahui alasan dan cara kerja mesin pencari di atas. Untuk mendapatkan situs web atau blog ke posisi teratas hasil pencarian, Anda harus bekerja keras dan tahu cara mempercepatnya agar diindeks oleh Google. Di bawah ini adalah Tips SEO Agar Artikel Cepat Terindeks, yaitu:

  • Perbanyak Menulis Konten Berkualitas

Mutu di sini berarti orisinal, tepat sasaran, menggunakan kata kunci yang telah diteliti sebelumnya, teliti dan informatif, unik, sehingga tidak dapat ditemukan di sumber lain, bahkan ditulis dengan gaya kebahasaannya sendiri. Lakukan riset tentang niche yang Anda pilih dan kata kunci yang ingin Anda targetkan. Tentukan juga demografi audiens yang ingin Anda targetkan sebagai pembaca blog Anda. Kemudian mulailah menulis konten berkualitas minimal 500 kata. Tulis konten secara teratur di blog Anda dan Google akan segera mengarahkan perhatian mereka ke blog Anda.

  • Membangun Backlink Berkualitas

Sama seperti konten Anda, backlink Anda harus berkualitas tinggi. Kualitas dalam hal ini berarti mencari backlink yang berhubungan dengan topik/niche blog anda. Perhatikan juga peringkat blog. Hindari backlink dengan elemen spam, terutama dari situs hacking dan scam. Salah satu cara termudah untuk membuat backlink adalah dengan membuat blog dan kemudian mengomentari blog orang lain yang tertaut ke blog Anda. Ingatlah untuk tidak melakukan spam pada blog orang lain, misalnya dengan menggunakan kata kunci sebagai nama atau dengan menyematkan link di komentar. Berikut adalah beberapa cara untuk membangun tautan berkualitas:

    • Menjadi Penulis Tamu di blog lain.
    • Seperti yang telah disebutkan, berkomentarlah di blog lain.
    • Manfaatkan forum seperti Kaskus atau pun Detik.
    • Internal linking antara postingan Anda yang satu dengan yang lainnya.
    • Tulislah artikel yang benar-benar berkualitas agar orang lain dengan senang hati menjadikan tulisan Anda tersebut menjadi referensi dan ikut membantu mempromosikan tulisan tersebut.
  • Buatlah Sitemap Untuk Blog Anda

Sitemap atau peta situs adalah dokumen berformat XML yang berfungsi sebagai filter untuk berbagai tautan di blog Anda.
Google Bot menggunakan dokumen ini untuk mempelajari segala macam hal tentang blog Anda, halaman web utama, dan pengoptimalan tautan lainnya. Untuk submit sitemap ke Google Search Console, masuk ke GSC, klik menu Scan, pilih Sitemap, lalu Add/Test sitemap. Kemudian tekan kirim.

  • Pertimbangkan Menggunakan HTTPS/SSL

URL terenkripsi SSL atau HTTPS yang diakui secara resmi akan menjadi salah satu alasan peringkat blog Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian. Blog yang menggunakan SSL akan lebih “diperingkat” oleh Google dan meningkatkan peringkat pencarian mereka. Jadi gunakan sertifikat SSL untuk blog Anda. Sertifikat SSL cenderung mahal.

  • Install Google Analytics

Tentunya Anda perlu memantau perkembangan pengunjung blog Anda bukan? Instal Google Analytics di blog Anda dan mulailah melacak dari mana pengunjung Anda berasal.

Anda juga dapat membandingkan berapa lama artikel Anda mulai mendapatkan lalu lintas dari Google. Jika Anda mengikuti tutorial ini, apakah akan lebih cepat? Anda selalu dapat melacaknya dengan Google Analytics.

Kesimpulan

Tips SEO Agar Artikel Cepat, Cara dan pembahasan di atas sudah pasti cukup untuk membuat website atau blog Anda terindeks oleh Google. Kuncinya adalah rajin membuat konten dan menggunakan kata kunci yang tepat. Juga, Anda harus bersabar karena pengindeksan Google membutuhkan waktu.

Perhatikan juga setiap detail di bagian blog atau website Anda. Misalnya, internal link yang dapat menarik pembaca untuk mengunjungi website atau blog Anda. Berikut ini adalah paket hosting yang digunakan. Untuk mendapatkan keuntungan lebih, pilihlah paket hosting yang memiliki spesifikasi tinggi atau yang menurut Anda cukup untuk kebutuhan website atau blog Anda.