Cara Menonaktifkan WA Sementara dengan Mudah

Cara Menonaktifkan WA Sementara–Hiruk pikuk aktivitas di media sosial bisa membuat sebagian orang masuk ke “media sosial yang cepat”, salah satunya adalah penonaktifan semua media sosial yang mereka gunakan, salah satunya WhatsApp. Mungkin Anda salah satu orang yang ingin tahu cara menonaktifkan WA sementara karena ingin istirahat atau fokus pada hal lain.

Banyaknya fitur WhatsApp antara lain mengirim pesan, gambar, video dan juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan dan panggilan video dengan orang lain. Inilah sebabnya mengapa WhatsApp menjadi aplikasi obrolan terkemuka yang banyak digunakan, terutama selama pembelajaran jarak jauh atau pandemi kerja dari rumah.

Penggunaan WA yang berlebihan terkadang membuat seseorang stress dan ingin menonaktifkan media sosial untuk sementara. Karena kurangnya pengetahuan tentang metode tersebut, pengguna WA bingung tentang penonaktifan sementara metode tersebut.

Memiliki ruang untuk aktivitas media sosial akan berdampak positif bagi Anda. Oleh karena itu, di bawah ini kita akan melihat beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menonaktifkan sementara WA. Yuk simak beberapa cara berikut ini:

Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara pertama untuk menonaktifkan sementara akun WA Anda adalah tanpa aplikasi lebih lanjut. Tentunya cara ini sangat mudah dilakukan karena fungsi-fungsinya sudah tersedia di ponsel. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika ingin menonaktifkan WA sementara, yaitu:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Android Anda.
  2. Lanjutkan dengan memilih menu Manajemen Aplikasi.
  3. Kemudian pilih WhatsApp dari daftar menu Application Manager
  4. Pilih Berhenti atau Berhenti Paksa atau Berhenti Paksa.
  5. Langkah terakhir klik OK, maka aplikasi Whatsapp dinonaktifkan sementara.

Setelah menyelesaikan cara di atas, Anda tidak akan lagi menerima notifikasi di WhatsApp. Jika Anda ingin mengetahui pesan yang masuk, Anda harus masuk ke aplikasi. Maka semua pesan atau panggilan masuk akan langsung ditampilkan.

Menonaktifkan WA dengan Penggunaan Data Latar Belakang

Opsi selanjutnya adalah menonaktifkan penggunaan data latar belakang di WhatsApp. Fitur ini juga tersedia di ponsel Anda, berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih dan masuk ke menu Pengaturan
  • Kemudian pilih menu Aplikasi dan temukan dan klik WhatsApp.
  • Kemudian pilih menu Data Seluler.
  • Berikan izin untuk menonaktifkan penggunaan data latar belakang.

Perlu dicatat bahwa jika Anda tidak membuka Whatsapp secara langsung, Anda tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi. Namun, pesan yang dikirim oleh pengguna lain akan terus muncul tanpa pemberitahuan.

Aplikasi Greenify

Aplikasi Greenify adalah aplikasi android lain yang dapat Anda gunakan untuk menonaktifkan sementara aplikasi di ponsel Anda. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk menerima notifikasi tertunda atau daftar periksa untuk pesan yang masuk ke WA. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menonaktifkan sementara WA menggunakan Greenify:

  • Unduh dan lanjutkan dengan instalasi Greenify di Playstore di ponsel Anda.
  • Kemudian buka aplikasi dan pilih Berikutnya.
  • Jika ponsel Anda tidak di-root, lanjutkan dengan memilih Perangkat saya TIDAK di-rooting dan klik Next.
  • Kemudian klik Manual Suspend only, klik all to finish.
  • Di halaman beranda Greenify, klik tombol + di sudut atas.
  • Kemudian pilih WhatsApp dan klik ikon Zzzz.

Terakhir, jika Anda telah melakukan mode di atas dalam urutan yang dijelaskan, WA akan dinonaktifkan sementara.

Aplikasi Hibernator

Seperti namanya, Hibernator adalah aplikasi add-on untuk menonaktifkan WA sementara. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk menggunakan Hibernator:

  • Buka Playstore dan unduh dan instal Hibernator dengan ikon “Zzz”.
  • Setelah proses instalasi selesai, masuk ke aplikasi Hibernate dan pilih menu Started Applications.
  • Kemudian pilih aplikasi WhatsApp untuk menonaktifkannya sementara.
  • Berikan akses ke aplikasi ini untuk berjalan di ponsel Anda dengan memberikannya izin aktivasi di menu Tampilkan Setelan.
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan ke menu layanan akses data, dilanjutkan dengan memilih menu tersebut.
  • Kemudian aktifkan tombolnya.
  • Kemudian akan muncul notifikasi, klik Pengaturan dan Nonaktifkan.

Setelah beberapa lama aplikasi berhasil menonaktifkan WA untuk sementara, jika ingin mengaktifkannya kembali tinggal klik WhatsApp pada icon yang tersedia atau bisa menggunakan mod GB WhatsApp.

Aplikasi Mobiwol

Mobiwol adalah aplikasi tambahan yang memungkinkan Anda memblokir aplikasi yang ada di ponsel Anda. Tentu saja, WA adalah salah satu aplikasi yang dapat dinonaktifkan sementara melalui aplikasi ini. Keunikan dari aplikasi ini adalah dapat membatasi koneksi internet dari aplikasi yang Anda gunakan.

Anda dapat menggunakan Mobiwol untuk menonaktifkan WA sementara dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi Mobiwol di ponsel Anda dari Playstore
  • Dilanjutkan dengan pengaktifan menu Firewall Status, sehingga status aplikasi disetel ke On.
  • Lalu buka halaman Aturan Firewall dan temukan aplikasi WhatsApp.
  • Klik kanan pada ikon Wi-Fi, maka sinyal mungkin mati.
  • Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil menonaktifkan sementara akun WA Anda.

Dengan menggunakan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas, mulai sekarang kamu bisa menghilangkan notifikasi WhatsApp.

Akhir Kata

Berikut cara menonaktifkan WA sementara. Semua metode yang tersedia dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika memori ponsel cukup untuk mengunduh aplikasi tambahan, Anda dapat menambahkan aplikasi atau melakukannya tanpa aplikasi tambahan. Mungkin berguna!