Website Memperpendek URL (Shortlink) Terbaik

Website Memperpendek URL–URL blog atau situs web Anda adalah salah satu aspek paling mendasar dari strategi SEO Anda. Namun, ini adalah hal-hal kecil yang sering luput dari perhatian hingga diabaikan. Anda mungkin pernah menemukan situs web dengan URL spam, tetapi ternyata itu hanya situs web biasa.

Mungkin juga Anda belum meluangkan waktu untuk mengoptimalkan URL Anda dan Anda mungkin menemukan diri Anda dengan kesan yang sama. URL Anda adalah salah satu hal pertama yang dilihat pengunjung situs web Anda, yang meskipun halus, dapat sangat membantu dalam menciptakan kesan pertama yang baik.

Berbagi juga mudah jika Anda biasanya ingin membagikan URL dalam pesan singkat dan ringkas. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mempersingkat tautan dan mengoptimalkan struktur URL Anda dan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat melakukannya dengan mudah dan gratis.

Memahami Apa Itu Memperpendek URL (Shortlink)

Penyingkat URL adalah alat online yang membutuhkan pemendekan URL yang panjang dan efisien serta menyediakan URL pendek yang mengarahkan pengguna ke tempat yang sama persis. Beberapa penyingkat URL dapat membantu Anda melacak dan mengelola tautan ini, dengan fitur seperti analitik klik, dukungan metrik UTM, dan penargetan ulang.

Dengan Penyingkat URL, Anda dapat membuat URL yang lebih pendek dan lebih estetis serta memanfaatkan fitur pelacakan dan penargetan ulang ini. Ada banyak penyedia atau situs web pemendek URL (Shortlink) yang lebih baik dan gratis di mana Anda dapat mencoba mempersingkat URL yang biasanya panjang.

Manfaat Memperpendek URL (Shortlink)

Pasti ada alasan untuk URL yang dipersingkat. Alat ini memungkinkan Anda membuat URL pendek yang dapat diklik yang dapat Anda gunakan untuk melacak dan memantau metrik lainnya. Selain berfokus pada manfaat membersihkan dan memperpendek struktur URL yang ada, di bawah ini adalah manfaat yang akan dinikmati situs web Anda dengan memperpendek URL.

  • Meningkatkan peringkat di mesin pencari

Struktur URL akan mempengaruhi peringkat situs Anda. Ini bukan sinyal peringkat langsung, tetapi memiliki karakteristik penting yang pada akhirnya dapat memengaruhi peringkat. Misalnya, dengan memasukkan kata kunci di URL, Anda memberi Google dan pembacanya gambaran yang lebih baik tentang halaman Anda. Tentu saja, Anda tidak ingin repot mengisi URL dengan semua jenis kata kunci.

Namun, menggunakan kata kunci target dalam URL yang dipersingkat memberikan petunjuk kepada mesin pencari dan pengguna tentang halaman tersebut. Ada kemungkinan besar bahwa sebagian besar halaman di bagian atas Google memiliki kata kunci di URL mereka.

  • Meningkatkan kepercayaan pengguna yang lebih besar

Situs web dengan URL panjang yang berisi karakter aneh terlihat seperti spam. Dengan URL yang bersih, situs web Anda akan terlihat jauh lebih otentik dan dapat dipercaya. Pastikan semua URL di situs Anda lulus uji keterbacaan dan baca kembali URL dengan lantang. Apakah kedengarannya membingungkan atau Anda biasanya dapat mengetahui tentang halaman tersebut? Ini termasuk meminimalkan penggunaan subdomain dan subfolder. Semakin mudah dibaca URL Anda, semakin besar kemungkinan pengguna mempercayai situs web Anda.

  • Memungkinkan pertumbuhan situs

Saat Anda mengembangkan situs, kemungkinan besar Anda akan memiliki lebih banyak kategori, halaman, dan bagian. Dengan memperpendek dan menyederhanakan struktur URL, sangat menyederhanakan navigasi dan pengembangan situs.

Jika Anda memiliki URL yang panjang dan membingungkan, akan lebih sulit bagi mesin pencari untuk merayapi situs Anda dan akan lebih sulit bagi Anda untuk membuat pengalaman situs web yang logis dan membingungkan. Jadi memperluas URL pendek dan kategori serta URL sederhana akan mudah.

  • Lebih mudah dibagikan

URL pendek memudahkan pembaca untuk membagikan konten Anda. Bahkan, jika Anda memiliki URL yang panjang dan membingungkan, tautan tersebut akan terlihat aneh saat Anda membagikannya di Facebook, Pinterest, atau email. Belum lagi itu akan kurang berkesan dan mencurigakan.

Website Memperpendek URL (Shortlink) Terbaik dan Gratis

Mencari penyingkat URL terbaik untuk mempersingkat tautan internal, menganalisis klik, menambahkan UTM, atau menargetkan ulang tag? Berikut adalah beberapa Website Memperpendek URL untuk dipertimbangkan.

Bitly

‘Bitly adalah alat yang ampuh dan populer) untuk memperpendek URL. Layanan gratis memungkinkan Anda untuk mempersingkat tautan menggunakan nama domain Bit.ly, sedangkan layanan premium memungkinkan Anda untuk menggunakan nama domain kustom Anda sendiri. Bitly memiliki fitur seperti penargetan ulang tautan dalam versi berbayar. Anda dapat melacak tautan individual dan mengakses analitiknya di dasbor untuk juga mengukur kinerja kampanye pemasaran Anda untuk lokasi tertentu. Fitur yang bisa Anda coba dari situs tersebut antara lain:

  • Menghubungkan domain khusus
  • Dasbor analitik
  • Kecerdasan audiens
  • URL khusus
  • Integrasi dengan Zapier dan TweetDeck
  • Sepenuhnya responsif
  • Di hosting di cloud
  • Penargetan ulang URL

IS.GD

IS.GD adalah penyingkat URL lain yang dapat berguna jika Anda mencari alat cepat untuk mempersingkat tautan Anda, dan ini adalah salah satu penyingkat URL tercepat di luar sana. Langkah singkat yang dapat Anda ambil adalah mengetikkan URL di tempat yang tepat dan klik tombol “shorten” dan hanya itu. Anda juga dapat memeriksa statistik tautan dengan melihat pratinjau halaman menggunakan fitur pratinjau.

Tautan menjadi permanen setelah dibuat, jadi Anda tidak perlu khawatir akan hilang. Manfaat lainnya adalah Anda dapat menyesuaikan tautan di bagian akhir untuk membuat merek atau identitas Anda unik. Selain memperpendek tautan, alat ini juga dapat menghasilkan kode QR. Karena banyak ponsel cerdas yang dapat membaca kode QR, kode tersebut dapat dilihat dengan kartu nama atau iklan Anda, sehingga pihak yang berkepentingan juga dapat mengakses tautan Anda.

Rebrandly

Rebrandly menawarkan teknologi pemendekan URL canggih dengan banyak fitur. Dengan alat digital ini, Anda dapat membuat tautan yang dipersonalisasi / bermerek dan lebih pendek yang mudah diingat. Dengan penyingkat URL ini Anda dapat membuat dan membagikan tautan pendek di berbagai jejaring sosial. Rebrandly juga memungkinkan Anda membuat ruang kerja dan rekan tim terpisah, menjadikannya penyingkat URL terbaik untuk tim, dan menyertakan fitur lanjutan seperti dukungan penargetan ulang tautan. Fitur yang bisa Anda coba dari situs tersebut antara lain:

  • Membangun hubungan besar-besaran
  • Parameter UTM
  • Akses API
  • Lebih dari 100 integrasi aplikasi
  • Emoji dalam tautan pendek
  • Sesuai dengan GDPR
  • Server yang cepat dan dapat diskalakan secara otomatis
  • Cakupan pribadi
  • Laporan yang dipersonalisasi
  • Klik untuk merencanakan

TinyURL

TinyURL adalah solusi pemendekan URL terbaik untuk penggunaan anonim dan di sini Anda dapat menyesuaikan string yang muncul di URL yang dipersingkat. TinyURL sepenuhnya anonim, jadi Anda tidak perlu mendaftar akun. Namun, kelemahannya adalah tidak menawarkan analitik atau fitur lanjutan lainnya. Fitur yang bisa Anda coba dari situs tersebut antara lain:

  • Pengalihan cepat
  • Opsi untuk menyesuaikan URL yang dipersingkat
  • Penggunaan anonim
  • Mudah dikelola

Kesimpulan

Website Memperpendek URL, Pada dasarnya, penyingkat URL membutuhkan tautan yang panjang dan berat dan mengubahnya menjadi tautan yang lebih pendek dan dapat dibagikan. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan tautan yang mudah diingat dan dapat diketik pada kartu nama, iklan cetak, undangan wawancara online, formulir online, atau situasi lain di mana seseorang tidak dapat mengklik hyperlink.

Penyingkat URL juga dapat berguna untuk memperpendek tautan yang lebih panjang untuk mengakomodasi batas karakter di media sosial dan aplikasi perpesanan, meskipun banyak platform melakukan ini untuk Anda. Misalnya, Twitter secara otomatis mempersingkat tautan yang dibagikan dengan layanan pemendek mereka t.co. Jika Anda hanya mengirim sesuatu ke teman Anda, yang perlu Anda khawatirkan hanyalah memperpendek URL jika Anda menggunakan SMS sederhana.