Pengertian Server dan Cara Kerjanya Server Google

Pengertian Server dan Cara Kerjanya — Server bertanggung jawab untuk melakukan banyak tugas penting dan merupakan bagian penting dari infrastruktur TI. Sementara belanja online mudah bagi kami, ada banyak aktivitas di balik layar. Dari keamanan dan otentikasi hingga penagihan dan pemesanan, pembelian tidak dapat dilakukan tanpa banyak server yang menangani beban. Artikel ini akan berbicara tentang server dan server Google.

Pengertian Server dan Cara Kerjanya?

Server adalah komputer yang dirancang untuk memproses permintaan dan kemudian mengirim data ke komputer lain melalui Internet atau jaringan lokal.

Fungsi dasar server adalah menerima permintaan jaringan yang masuk. Contoh sederhana adalah interaksi antara server web dan browser. Meskipun prosesnya tampak instan, misalnya ketika Anda mengklik tautan saat menjelajah, di balik layar proses mengirim permintaan halaman web ke server web yang sesuai, mengambilnya dan memuat ulang halaman web. Dan mengirimkannya menggunakan protokol seperti sebagai HTTP, dan akhirnya pengguna browser menerima data. , mengonversi dan menampilkan halaman.

Setiap jaringan komputer mendukung satu atau lebih server untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Semakin banyak jaringan yang terhubung ke server, semakin besar jumlah data yang harus dikirim dan diterima melalui server.

Jadi server adalah perangkat lunak yang mengelola aktivitas tertentu. Namun, perangkat keras yang mendukung perangkat lunak ini biasanya disebut juga server, karena perangkat lunak server yang mengoordinasikan jaringan ratusan atau ribuan klien membutuhkan perangkat keras atau perangkat keras premium yang jauh lebih kuat daripada biasanya.

Hampir semua komputer dapat digunakan sebagai server. Anda hanya perlu menginstal perangkat lunak yang diperlukan untuk server Anda. Banyak orang menggunakan komputer lama mereka untuk mengatur server jaringan pribadi di rumah yang menggunakan sistem operasi seperti Linux, yang jelas membutuhkan banyak sumber daya dan beberapa bahkan tidak memiliki GUI. Anda tidak memerlukan perangkat keras baru untuk server yang bagus.

Beberapa orang bahkan membangun server web mereka sendiri dan menggunakannya untuk meng-host situs web pribadi, dan keuntungannya adalah ini dapat dilakukan dengan modal yang sangat kecil, karena sebagian besar perangkat lunak yang diperlukan untuk server adalah open source atau gratis. Namun, jika Anda berencana untuk memiliki lalu lintas setinggi Amazon atau Google suatu hari nanti, itu lebih baik. Anda membutuhkan Cloud VPS yang dapat menangani masalah tersebut.

Jenis-Jenis Server

Pengertian Server dan Cara Kerjanya Server yang paling banyak digunakan saat ini termasuk database, aplikasi, web, dan server email. Server database menyediakan layanan dan koneksi untuk menyimpan, mengatur, dan mencari data perusahaan. Server aplikasi juga dikenal sebagai middleware. Middleware seperti lem yang menyatukan seluruh sistem, server menyediakan lingkungan runtime untuk aplikasi dan mengoordinasikan aplikasi dan database dengan baik. Tidak mungkin mengirim email tanpa server email. Jenis server lain yang banyak digunakan adalah server FTP, server proxy, server cetak, server file dan server nama domain, dll.

Server Google

server google
server google

Google, sebagai perusahaan internet terbesar di dunia, tentunya memiliki server sendiri. Server Google tersebar di seluruh dunia. Ada dua alasan mengapa Google memilih untuk menempatkan server dan pusat datanya di tempat yang berbeda.

Yang pertama adalah keamanan data. Bayangkan jika semua server Google berada di Lembah Silikon dan kemudian sesuatu terjadi di Lembah Silikon. Kemungkinan besar Google akan kehilangan semua data Anda. Oleh karena itu, Google telah menjaga keamanan data Anda dengan memasang servernya agar data Anda tidak hilang/rusak jika terjadi sesuatu pada salah satu servernya.

Alasan kedua adalah kecepatan akses. Hampir semua orang di dunia memiliki akses ke Google. Mengirim data dari California ke Florida membutuhkan waktu yang cukup lama. Apa yang terjadi jika Google mengirimkan data dari California ke Indonesia? Jelas butuh waktu lebih lama. Jadi Google memasang servernya di berbagai belahan dunia sehingga orang dapat mengakses Google lebih cepat di mana pun mereka berada. Saat ini, Google memiliki 15 pusat data di Asia, Amerika, dan Eropa.

DNS Server Google : Google Public DNS

Pada tanggal 3 Desember 2009, Google mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan layanan Domain Name System (DNS) gratis untuk semua pengguna Internet, yang dikenal sebagai Google Public DNS. Google mengumumkan bahwa Google Public DNS dibuat sebagai upaya Google untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan situs web. Pada 2014, Google Public DNS telah menjadi layanan DNS publik terbesar di dunia, dengan 400 miliar permintaan per hari. DNS Publik Google tidak terhubung ke Google Cloud DNS, yang merupakan layanan hosting DNS Google.

Google Public DNS memiliki dua alamat IP untuk IPv4, yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. 8.8.8.8 adalah DNS primer, sedangkan 8.8.4.4 adalah DNS sekunder Google. Google Public DNS juga gratis dan aman digunakan. Selama Anda memiliki akses Internet, Anda bebas menggunakan layanan ini.

Mengatasi Munculnya Pesan Error

Salah satu masalah umum saat menggunakan server Google adalah ketika pengguna menerima pemberitahuan “Ada masalah komunikasi dengan server Google”. Jadi bagaimana ini bisa diselesaikan?

Cara 1

  • Jika Anda sudah masuk ke akun Google di perangkat Anda, coba keluar dulu.
  • Kemudian, buka Pengaturan> Aplikasi dan bersihkan cache dan data aplikasi seperti Google App, Google Play Store, dan Layanan Google Play.
  • Kembali ke Pengaturan> Akun dan masuk kembali ke akun Google Anda
  • Sekarang Anda dapat mengakses semua layanan dan produk Google tanpa menerima pesan kesalahan lagi

Cara 2

Metode ini sebenarnya menginstal ulang layanan Google Play di perangkat Anda

  • Buka menu Pengaturan> Keamanan> Cari sumber yang tidak dikenal.
  • Buka halaman APK Mirror untuk mendapatkan layanan Google Play di Android.
  • Unduh dan kemudian instal Layanan Google Play.
  • Sekarang masuk ke akun Google Anda.
  • Sama seperti pada langkah 1, Anda seharusnya tidak lagi menerima pesan kesalahan “Terjadi kesalahan saat berkomunikasi dengan Google”.

Kesimpulan Pengertian Server dan Cara Kerjanya

Pada artikel ini kita berbicara tentang server. Kita tidak bisa melakukan bisnis online tanpa server. Dan kami juga berbicara sedikit tentang server Google dan bagaimana mereka mengatur pusat data mereka untuk melayani orang lebih cepat. Bagi yang ingin online lebih cepat dan aman, bisa juga menggunakan layanan server DNS Google alias Google Public DNS.

Sebagai bagian dari komitmen kami untuk menjadi penyedia domain dan hosting terbaik di Indonesia, kami juga berusaha untuk secara teratur membagikan artikel pendidikan di blog kami. Jadi jangan lewatkan artikel menarik kami. Saya harap artikel ini bermanfaat untuk Anda!