6 Mesin Pencari Selain Google Terbaik dan Aman

Mesin Pencari Selain Google — Kalau mau cari informasi biasanya ke Google ya? Google selalu menampilkan hasil pencarian berdasarkan kebutuhan pengguna. Maka tidak heran jika banyak orang mengira bahwa Google adalah satu-satunya mesin pencari di dunia. Namun tahukah Anda bahwa selain Google, banyak mesin pencari lain yang juga terpercaya?

Ya, Google bukan satu-satunya mesin pencari andal yang dapat Anda gunakan. Ada banyak mesin pencari lain yang sudah ada bahkan sebelum Google diciptakan. Nah, setiap mesin pencari memiliki sistem operasi yang berbeda. Ada yang menggunakan robot sepenuhnya dalam mengolah informasi, namun ada juga yang menggunakan tenaga manusia.

Setiap sistem kerja memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal yang sama berlaku untuk mesin pencari selain Google. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang mesin pencari selain Google, Anda harus terlebih dahulu mengetahui mesin pencari itu sendiri.

Mengenal Apa Itu Mesin Pencari

mesin pencari
mesin pencari

Hampir semua orang di dunia mempercayai mesin pencari Google sebagai sumber informasi terlengkap dan terpercaya. Cukup ketikkan kata kunci dan Google akan dengan cepat menampilkan semua hasil pencarian. Tapi apa itu mesin pencari atau mesin pencari?

Mesin pencari atau search engine adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengambil berbagai informasi atau data dari database WWW (World Wide Web) atau FTP (File Transfer Protocol). Jadi apa fungsi pencarian?

Tugas mesin pencari adalah menampilkan berbagai informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tentu saja, semua informasi ini ditampilkan berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna di mesin pencari.

Pengguna harus memiliki Google Chrome untuk mengakses Google. Tanpa aplikasi, kita tidak dapat mengakses mesin pencari Google. Namun bagaimana jika kita harus mengakses Google melalui Google Chrome, mesin pencari Chrome? Nah, ini juga sering disalahartikan oleh sebagian orang.

Google Chrome dan mesin pencari Google adalah dua hal yang berbeda, tetapi satu hal. Google Chrome adalah web browser atau aplikasi pencarian website, sedangkan Google sendiri adalah search software atau mesin pencari. Jadi Google adalah layanan yang disediakan oleh Google Chrome sebagai halaman pencarian.

Nah, ini berlaku untuk browser web dan mesin pencari lainnya selain Chrome dan Google. Faktanya, semua mesin pencari bekerja secara berbeda tergantung pada jenis mesin pencari. Namun, mesin pencari umumnya mencari informasi di WWW dengan kata kunci dan menampilkannya di SERP.

Macam-Macam Sistem Kerja Mesin Pencari

Mesin Pencari Selain Google, Pada penjelasan di atas dikatakan bahwa semua mesin pencari, kecuali Google, memiliki sistem operasi yang berbeda. Beberapa menggunakan robot sepenuhnya, seperti Google, dan yang lain menggunakan tenaga manusia untuk menyaring informasi. Nah, berdasarkan sistem kerja ini, ada empat jenis mesin pencari di dunia.

  1. Mesin Pencari Crawler

Jenis pertama adalah mesin pencari, yang menggunakan crawler atau robot untuk menyaring dan mengumpulkan informasi. Perayap ini melakukan pencarian kata kunci dengan merayapi banyak situs web yang dihosting di WWW. Semua informasi yang disaring dan dikumpulkan ditempatkan di perpustakaan.

Nah, dari berbagai informasi ini, muncul di SERP atau di hasil pencarian secara berurutan, dimulai dengan yang paling relevan untuk kata kunci pengguna. Google adalah mesin pencari yang menggunakan crawler dalam sistem operasinya. Selain Google, ada mesin pencari lain yang menggunakan bot, seperti Bing, Yahoo, Yandex, dan lainnya.

  1. Mesin Pencari Directories

Jika tipe sebelumnya sepenuhnya menggunakan robot untuk mencari dan mengumpulkan data atau informasi, sistem ini menggunakan tenaga manusia. Sebelum data atau informasi yang dikumpulkan muncul di SERP, mesin pencari memeriksa dan meninjau penerbit.

Nah, tinjauan ini digunakan untuk memutuskan apakah data atau informasi tersebut relevan dan berkualitas baik bagi pengguna. Proses peninjauan ini dilakukan oleh pekerja manusia, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil yang ditampilkan adalah yang paling relevan dan jelas berkualitas baik.

  1. Hybrid

Selain Google, beberapa mesin pencari juga menggunakan sistem kerja hybrid, yaitu menggabungkan sistem crawler dengan library. Dalam mencari dan mengumpulkan informasi, mesin pencari akan menggunakan robot dan tenaga manusia.

Pengoperasiannya juga merupakan kombinasi dari dua sistem kerja, karena robot dengan cepat mengumpulkan informasi dari database WWW. Redaksi kemudian melalui proses review untuk menilai apakah informasi tersebut relevan atau tidak. Jika demikian, hasil tersebut akan muncul di SERP.

  1. Meta

Kebanyakan mesin pencari pasti hanya menampilkan hasil pencarian dari database mereka sendiri. Artinya, mereka tidak menampilkan hasil yang ditampilkan oleh mesin pencari lain. Namun, mesin pencari menggunakan meta agregat semua hasil pencarian dari mesin pencari yang berbeda.

Ini secara alami memberi pengguna hasil yang lebih luas. Dengan cara ini Anda dapat membandingkan hasil mesin pencari satu sama lain dan menemukan informasi yang paling relevan dan diperlukan. Nah, jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa menggunakan mesin pencari Dogpile.

Mesin Pencari Selain Google Terbaik

Selain Google, lebih dari 20 mesin pencari dapat digunakan. Dari mesin pencari lokal hingga global, Anda dapat menemukannya. Padahal, kualitas hasil dan sistem keamanannya tidak kalah dengan Google. Lalu apa saja jenis mesin pencari  di internet?

  1. Bing – Mesin Pencari Terbaik Selain Google

Selain Google, mesin pencari alternatif pertama yang dapat digunakan adalah Bing, yang dikembangkan oleh Microsoft. Untuk pengguna Windows, Anda harus akrab dengan Bing, yang merupakan mesin pencari default untuk Windows. Nah, Bing menggunakan crawler yang sama dengan Google saat melakukan pencarian.

Bing secara unik memiliki halaman pertama non-statis dalam bentuk gambar resolusi tinggi. Bing juga memiliki banyak fitur yang sangat memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah Bing telah terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office Online. Berikut cara mengakses dan membuat dokumen secara online.

  1. Yahoo! 

Yahoo adalah mesin pencari yang berbeda dari Google yang tentunya dapat diandalkan. Sebenarnya, Yahoo sudah ada jauh sebelum pencarian Google dibuat. Sebelum Google berkembang seperti sekarang, Yahoo menjadi mesin pencari nomor satu dengan fungsionalitas yang sangat lengkap. Mulai dari pencarian situs web, keuangan, Yahoo Mail, dan lainnya.

Sayangnya, peringkat Yahoo kini turun menjadi mesin pencari terbesar ketiga setelah Google. Namun, kualitas yang dihasilkan Yahoo di setiap hasil pencarian tetap bagus, dengan fitur-fitur yang sangat menarik. Bahkan, Yahoo kini telah bermitra dengan Microsoft Bing untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian.

  1. DuckDuckGo

Mesin pencari alternatif selanjutnya yang bisa Anda gunakan selain Google adalah DuckDuckGo. Nah, bagi yang sangat mementingkan privasi, Anda bisa menggunakan mesin pencari unik ini. DuckDuckGo tidak menyimpan semua data pengguna dan trek pencarian.

Bisa dikatakan, hasil pencarian yang DuckDuckGo tawarkan kepada pengguna tentunya berkualitas tinggi dan jelas relevan dengan kata kunci yang dimasukkan. DuckDuckGo menggunakan crawler untuk mencari database WWW. Bahkan, mereka juga menggunakan sumber daya dari mesin pencari lain untuk membuat hasil pencarian lebih akurat.

  1. Yandex

Pernahkah Anda mendengar tentang mesin pencari Yandex? Dengan pengecualian Google, mesin pencari diproduksi oleh perusahaan Rusia. Menariknya, Yandex dibuat khusus untuk membantu para pebisnis online dan offline. Seperti Google, Yandex menggunakan bot untuk mengumpulkan informasi.

Yandex menggunakan semua informasi dan data yang disimpan oleh pengguna untuk mengumpulkan data yang diinginkan dari pengguna. Layanan yang tersedia di mesin pencari juga sangat lengkap, sama seperti Google. Dari pencarian situs web hingga gambar, email dan alat seperti Google Analytics tersedia di Yandex.

Kesimpulan Mesin Pencari Selain Google

Ternyata selain Google, banyak mesin pencari lain yang bisa menjadi alternatif saat melakukan pencarian. Dimulai dengan mesin pencari berbasis crawler, meta tersedia di Internet. Selain itu, fitur-fitur yang tersedia di semua mesin pencari kecuali Google juga sangat menarik dan jelas sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan pengguna.