Apa Itu Captcha dan Fungsi Captcha pada Website

Captcha dan Fungsi Captcha pada Website — Fungsi captcha adalah untuk menghindari spam, karena teknologi otomatisasi yang semakin canggih saat ini dan sering digunakan untuk tujuan jahat oleh penjahat dunia maya.

Meskipun Anda mungkin kesal ketika kode yang Anda masukkan selalu salah ketika Anda harus buru-buru membuka situs web, itu sebenarnya adalah situasi yang saling menguntungkan.

Tanpa metode ini, situs web atau blog favorit Anda bisa macet. Wah, kok bisa ya? Nah, melalui artikel kali ini kita akan membahas apa itu captcha, apa fungsinya di website, dan jenis apa saja yang ada saat ini. Selamat membaca!

Pengertian Captcha

captcha adalah
captcha adalah

Pada dasarnya, CAPTCHA adalah tes Turing publik yang sepenuhnya otomatis untuk membedakan antara komputer dan manusia. Dari ungkapan bahasa Inggris ini dapat disimpulkan bahwa arti captcha adalah suatu proses otomatis yang selama itu perlu untuk membedakan apakah pengunjung situs web adalah manusia atau robot (Computers and Humans Apart).

Contoh paling umum adalah ketika Anda harus mengklik “Saya bukan robot” atau “Saya manusia” saat membuka situs web.

Otentikasi login terjadi dalam bentuk validasi yang dirancang khusus yang memastikan bahwa pengunjung yang mengakses situs web bukanlah robot. Oleh karena itu, pertanyaan otentikasi selalu dirancang agar hanya orang sungguhan yang dapat menyelesaikannya.

Terkadang kode ini membutuhkan waktu untuk diselesaikan. Namun, sebenarnya fitur captcha bukan main-main, terutama bagi pemilik website.

Tidak dapat disangkal bahwa spam banyak dan di mana-mana saat ini. Nah, untuk menghindari itu, captcha diciptakan untuk memberikan tingkat keamanan.

Captcha dan Fungsi Captcha pada Website

Setelah membahas apa itu captcha dan apa artinya, sekarang kita akan membahas penggunaannya.

Adanya metode autentikasi ini sangat bermanfaat bagi pemilik website karena dapat meningkatkan keamanan website, bahkan bisa dikatakan fungsinya sangat penting agar sistem website tidak mudah diretas oleh robot.

Berikut adalah manfaat Captcha di situs web:

1. Mencegah Komentar Spam

Pernahkah Anda diminta untuk memasukkan kode captcha yang terdiri dari kombinasi angka, huruf atau gambar terlebih dahulu saat ingin berkomentar di blog atau website? Nah, ini diterapkan untuk mencegah komentar spam di website atau blog.

Bagi yang memiliki website atau blog pasti sudah sering menjumpai komentar spam berupa promosi produk atau tidak berhubungan dengan topik artikel. Hal ini tentunya akan sangat merusak reputasi website atau blog Anda bahkan bisa membuat pengunjung Anda tidak nyaman.

Biasanya, komentar spam ini dikirim secara tiba-tiba untuk menaikkan peringkat blog Anda. Namun, algoritme Google memperlakukan komentar spam sebagai masalah, yang akan mengakibatkan situs web atau blog Anda dihapus dari hasil penelusuran Google.

Nah, sebagai pemilik website atau blog sebaiknya memanfaatkan hal ini agar usaha SEO Anda tidak terhambat.

2. Menghalangi Dictionary Attack pada Website atau Blog

Dikutip dari Wikipedia, serangan kamus adalah membobol sistem keamanan dengan memecahkan kode mekanisme enkripsi atau otentikasi, menggunakan kata atau frasa dalam kamus (kamus) ribuan atau bahkan jutaan kali.

Ketahuilah bahwa serangan kamus di situs web atau blog ini dapat menyebabkan pencurian akun. Anda dapat mencegah serangan jenis ini dengan bantuan captcha.

Penggunaannya akan semakin melindungi website atau blog Anda, membuatnya lebih aman dan mencegah pencurian dari penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Menghindari Pendaftaran Akun Palsu

Saat ini, banyak platform yang menyediakan layanan pendaftaran gratis kepada pengguna situs web. Misalnya, Google dan YouTube sama-sama menggunakan captcha untuk mencegah penyalahgunaan data oleh skrip otomatis (bot/robot).

Nah, fitur di sini adalah untuk menghindari pembuatan akun palsu yang bisa berujung pada pencurian data di website. Formulir pendaftaran akun palsu ini tidak boleh dianggap remeh karena dapat membanjiri database dan pada akhirnya mempengaruhi efektifitas email Anda.

Jika Anda memiliki situs web yang secara otomatis mengirim email, seperti buletin atau email pemasaran, akun palsu ini tidak akan menerima email di kotak masuk Anda. Akibatnya, reputasi email Anda bisa terancam.

Penyedia email seperti Gmail, Yahoo, dan Outlook akan salah menilai reputasi email Anda karena mereka tidak mengirimkan banyak email pemasaran.

Dalam hal ini, penyedia layanan email akan mengarahkan email pemasaran yang Anda kirim ke folder spam, membuat strategi pemasaran digital ini tidak efektif karena tidak tepat sasaran.

4. Mengamankan Transaksi Online di Website

Captcha dan Fungsi Captcha pada Website Sangat penting untuk menggunakan captcha di situs web toko online. Karena akan mempengaruhi reputasi toko online Anda, yaitu orang yang membeli produk di situs Anda adalah orang sungguhan dan bukan robot.

Dalam kasus pembelian palsu, sepertinya produk di jendela toko online Anda dijual, tetapi pelanggan bukanlah pihak yang nyata.

Akibatnya bisa sangat fatal. Pengalaman pelanggan toko online akan lebih buruk, yang akan mempengaruhi penjualan. Saya khawatir tidak akan ada lagi pesanan berulang dari pelanggan di sini, atau nama merek menarik yang Anda buat yang menghilang begitu saja.

5. Melindungi Alamat Email dari Scraper

Scraper merupakan salah satu ancaman keamanan yang menyusupi email berupa bot yang dapat “mencuri” dan mengekspor alamat email dari sebuah website dan berujung pada pembajakan akses.

Captcha di sini adalah untuk melindungi dan menyembunyikan alamat email Anda dari pencakar agar para spammer tidak sembarangan melakukan spam dan menemukan alamat email Anda.

Jenis-Jenis Captcha

Captcha memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih oleh pemilik situs web untuk menerapkan otentikasi keamanan.Sebut saja Captcha modern sendiri sebenarnya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu teks dasar, gambar, dan audio.

berikut ini captcha dapat diinstal oleh pemilik situs web:

1. Text CAPTCHA

Teks captcha adalah teks yang paling sering dan paling banyak digunakan. Selanjutnya, tipe ini pertama kali digunakan dengan adanya captcha untuk membedakan antara manusia dan robot.

Biasanya, captcha teks terdiri dari kombinasi angka, huruf, atau simbol. Pengunjung harus memasukkan kode untuk karakter yang muncul secara acak.

Ada beberapa cara untuk membuat teks captcha, diantaranya:

  • Gimpy. Kata-kata yang berubah tidak menentu dalam kamus akan ditimpa dengan gambar lain yang sedikit transparan.
  • EZ-Gimpy. Varian gimpy, tetapi hanya menggunakan satu kata.
  • Gimpy-r. Huruf-hurufnya disusun secara acak, ditambah gambar latar belakang agar terlihat sedikit membingungkan.
  • Simard’s HIP. Huruf dan angka acak dan tidak beraturan, dengan tambahan warna.

Jenis ini mudah digunakan untuk pengunjung situs web tunanetra karena masih mudah diidentifikasi.

Namun, karena mudah diperbaiki, bot atau spam masih sangat mungkin mengganggu.

2. Picture Recognition Captcha

Captcha jenis ini menggunakan gambar untuk proses otentikasi. Captcha gambar adalah versi perbaikan dari jenis teks dan dimaksudkan untuk menggantikan teks captcha. Jenis pengenalan gambar ini mengharuskan pengunjung untuk memilih bagian foto yang telah ditentukan, biasanya dengan mengklik foto yang sesuai.

Gambar yang ditampilkan juga berubah, umumnya grafik, skenario, rambu-rambu jalan, dll. dalam bentuk captcha pengenalan gambar sedikit menjadi masalah bagi pengunjung tunanetra karena mereka harus sangat berhati-hati untuk melihatnya.

Keuntungannya adalah sulit untuk masuk ke jenis ini, karena bot spam belum bisa mengenali gambar.

3. Audio Captcha

Audio captcha digunakan sebagai alternatif bagi pengunjung website tunanetra atau tunanetra. Seperti namanya, tipe ini menggunakan ucapan untuk mendikte kode yang akan ditulis untuk otentikasi.

Captcha audio terkadang secara otomatis disertakan dalam teks captcha, kode dapat dibaca di layar dengan mengklik ikon speaker.

4. Math Captcha

Captcha matematika mengharuskan pengunjung untuk memecahkan masalah matematika. Tentu saja, tugas yang diselesaikan juga merupakan perhitungan matematika sederhana. Biasanya pertanyaan yang diajukan adalah penjumlahan atau pengurangan dua angka. Pengunjung disarankan untuk memasukkan hasil perhitungan aplikasi sebelum mengakses atau mengirimkan proses di website.

Captcha ini yang menampilkan soal matematika membuat bot sulit menjawab soal dengan benar karena sulit mengidentifikasi soal. Oleh karena itu, sangat tidak mungkin robot spam dapat menembus tingkat keamanan ini.

5. jQuery Slider Captcha

jQuery Slider Captcha adalah metode autentikasi yang berbentuk slider dan mengharuskan pengunjung situs untuk menyeret item di layar dengan mouse hingga selesai. Biasanya, pengguna hanya perlu menggesek kotak dari kiri ke kanan untuk memverifikasi keamanan.

Tipe ini berbentuk puzzle yang harus didorong agar sesuai dengan area yang benar, atau ada perintah untuk memindahkan objek tertentu.

6. No Captcha ReCaptcha

No Captcha ReCaptcha adalah yang paling sederhana untuk pengunjung website. Pengoperasiannya hanya mengharuskan kami memverifikasi kata-kata “Saya bukan robot”. Namun, captcha jenis ini adalah yang paling sulit dibobol oleh robot spam.

Google ReCaptcha memiliki dataset dan dokumentasi yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Google ReCaptcha v2. Metode ini akan menampilkan kotak centang “Saya bukan robot” di situs web. Pengunjung cukup mencentang kotak ini untuk proses verifikasi keamanan.
  • Google ReCaptcha V3. Ini lebih sederhana daripada reCaptcha v2 dan menyediakan pemeriksaan keamanan otomatis. Cara kerjanya adalah dengan memeriksa (memeriksa) aktivitas pengunjung. Jika terdeteksi sebagai aktivitas bot, captcha akan menghapus postingan tersebut. Dengan cara ini, sebagai pemilik situs web, Anda terhindar dari komentar spam.

Kesimpulan Captcha dan Fungsi Captcha pada Website

Siap! Pada artikel ini, Anda mempelajari apa itu captcha, apa artinya, apa fungsi dan jenisnya. Setelah membaca panduan kami, semoga Anda sebagai pengunjung dan pemilik website tidak lagi bingung dan grogi saat menjumpai captcha.

Meskipun terkadang sedikit mengganggu, captcha memainkan peran yang sangat penting dalam keamanan situs web atau blog. Penggunaan Captcha termasuk perlindungan terhadap pendaftaran akun palsu, spam, serangan kamus, pencurian email, dan transaksi online.

Sebagai pemilik situs web atau blog, sangat disarankan untuk menginstalnya, yang tersedia dalam berbagai jenis. Beberapa jenis captcha yang umum digunakan:

  1. Text Captcha
  2. Picture Recognition Captcha
  3. Audio Captcha
  4. Math Captcha
  5. jQuery Slider Captcha
  6. No Captcha ReCaptcha

Anda bebas memilih tipe mana yang akan dipasang berdasarkan kebutuhan website atau blog Anda.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau saran tentang topik artikel ini, lakukan di bagian komentar di bawah, ya. Terima kasih sudah membaca!