Cara Membuat Website Gratis Dengan Google Bisnisku

Cara Membuat Website Gratis — Membuat website bisa menjadi tantangan bagi UKM. Sebagian besar UKM belum memiliki pengetahuan teknis atau waktu untuk membuat dan mengelola situs web mereka sendiri. Faktanya, Facebook, Google Bisnisku, Instagram, dan platform media sosial lainnya memudahkan bisnis untuk membangun kehadiran online mereka. Namun menurut analisa Google, masih banyak orang yang percaya dengan bisnis melalui website mereka.

Selain itu, 60% usaha kecil masih belum memiliki situs web resmi untuk bisnis mereka. Dari data tersebut, Google menyimpulkan bahwa website masih menjadi masalah bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu, Google telah menambahkan fitur ke layanannya untuk mengatasi masalah ini.

Apakah Anda sudah familiar dengan Google Bisnisku atau Google Bisnisku? Jika Anda belum familiar dengan produk Google ini, pelajari terlebih dahulu. Google Bisnisku adalah alat yang khusus dibuat oleh Google untuk membantu bisnis Anda mendapatkan data Google secara gratis.

Tab ini terlihat saat seseorang menelusuri bisnis Anda atau bisnis serupa di Google Penelusuran atau Google Maps. Sekarang platform ini menawarkan layanan untuk dengan mudah membuat dan mengelola situs web untuk pebisnis pemula.

Google Bisnisku : Membuat serta Mengelola Website Dengan Mudah

website gratis dari google
website gratis dari google

Anda dapat mengakses fitur Situs Web dari dasbor Google Bisnisku. Dengan template pembuat situs web, Anda dapat dengan mudah membuat situs web bisnis satu halaman menggunakan informasi bisnis yang Anda berikan untuk cantuman Google sebelumnya.

Untuk saat ini, opsi kustomisasi masih terbatas, tetapi ini memudahkan para pemula untuk membuat situs web bisnis mereka sendiri. Tentu saja, yang membuat situs Anda hebat adalah situs yang Anda buat tertaut langsung ke cantuman Google Bisnisku milik Anda. Dengan cara ini, situs web Anda akan segera diperbarui jika cantuman Google Bisnisku Anda berubah.

Cara Membuat Website Gratis Dengan Google Bisnisku

Karena situs web Anda adalah bagian dari Google Bisnisku, Anda harus memiliki akun Google Bisnisku untuk mulai membangun situs web Anda. Anda dapat berlatih membuat akun seperti yang dijelaskan di atas. Jika sudah memiliki akun Google Bisnisku, Anda bisa langsung membuat website.

  • Langkah 1

Anda harus masuk ke Google Bisnisku dan kemudian pergi ke dasbor Anda. Anda juga dapat mengikuti tautan Mulai sekarang di halaman Google Bisnisku.

Jika Anda telah memasukkan beberapa lokasi di Google Bisnisku, klik ikon Dasbor bisnis yang ingin Anda buatkan situs webnya.

  • Langkah 2

Klik menu Website di sidebar kanan akun Google Bisnisku.

  • Langkah 3

Anda kemudian akan melihat layar pengantar dengan informasi tentang situs Google Bisnisku milik Anda. Klik Mulai untuk mulai membangun situs web Anda.

  • Langkah 4

Google kemudian akan mulai membangun situs Anda dan Anda akan melihat kemajuan di bilah kemajuan di layar. Anda tinggal menunggu prosesnya selesai.

  • Langkah 5

Setelah proses selesai, layar selamat datang situs web akan muncul, klik ikon tanda centang untuk memulai. Google juga akan memberi tahu Anda saat Anda menyinkronkan situs web dengan data Google Bisnisku milik Anda.

  • Langkah 6

Sekarang Anda dapat mulai mendesain situs web Anda. mereka akan memberi tahu Anda langkah penyesuaian apa yang perlu Anda lakukan. Pertama, Anda akan diminta untuk memilih tema atau template untuk situs web Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik ikon Pilih Tema.

  • Langkah 7

Pilih tema yang Anda inginkan untuk situs web Anda. Tema yang dipilih mencakup elemen desain tambahan seperti warna dan font. Mereka menawarkan 10 tema dengan warna dan gaya font yang berbeda sesuai dengan bisnis Anda.

  • Langkah 8

Setelah memilih tema, Anda akan diminta untuk mengunggah foto bisnis Anda. File foto yang telah Anda unggah sebelumnya juga akan diunggah ke situs web Anda.

  • Langkah 9

Anda kemudian akan melihat tombol Terbitkan, sehingga Anda dapat mempublikasikan situs Anda segera setelah situs Anda siap.

  • Langkah 10

Sekarang Anda perlu mengonfigurasi beberapa pengaturan seperti alamat situs web dan bahasa situs web sebelum mengklik tombol Terbitkan.

  • Langkah 11

Klik Publish Now dan Anda akan diminta untuk memilih nama domain untuk website Anda. Jadi format domainnya adalah namaperusahaan.bisnis.situs. Cukup klik Berikutnya setelah memasukkan nama domain yang benar. Anda juga akan melihat berbagai opsi untuk memilih dan mengonfirmasi bahwa alamat situs web Anda akan menjadi situs web yang akan muncul di Google Maps dan Google Penelusuran.

  • Langkah 12

Setelah mengonfirmasi domain Anda, pemberitahuan akan muncul di situs web Anda. Kemudian klik Lihat Situs untuk melihat situs baru.

Senang! Anda sekarang memiliki situs web baru. Jika Anda mengubah dan mengoptimalkan situs web Anda, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk melakukannya.

Optimasi Website Google Bisnisku

Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak pengaturan ke situs web G.Bisnisku Anda, buka dasbor bisnis Anda dan di sisi kiri layar Anda akan melihat serangkaian ikon yang dapat Anda gunakan untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ubah desain dengan tema yang tepat. Fitur tema mengubah tampilan dan nuansa situs web Anda. Desain website memang menjadi salah satu faktor penting dalam membuat website, pastikan tema yang Anda pilih sesuai dengan branding bisnis Anda.

Tema juga mengubah font di situs Anda. Karena itu, pastikan juga Anda menyukai tampilan judul dan deskripsi situs web Anda.

Unggah foto berkualitas tinggi. Pastikan Anda mengunggah file foto berkualitas tinggi dari bisnis Anda ke situs web Anda. Untuk mengunggah lebih banyak foto, pilih Tambahkan foto di bagian foto. Gambar sampul di situs web Anda jelas sangat penting karena itulah yang akan dilihat audiens Anda di daftar Google. Untuk mengubah gambar sampul, klik Edit Gambar Sampul.

Pilih ajakan bertindak (CTA) yang baik. Setelah mengedit, Anda dapat memilih dari tombol utama yang paling sering digunakan. Pilih ajakan bertindak yang sesuai untuk tombol Anda. Misalnya, jika bisnis Anda berada di industri jasa, Anda dapat memilih tombol Minta Penawaran, yang akan meminta audiens situs web Anda untuk mengisi formulir yang akan dikirim melalui email ke akun email Anda. Ada banyak CTA untuk dipilih. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Get directions. Tunjukkan jalan menuju bisnis Anda menggunakan Google Maps
  • Call now. Pengunjung dapat menghubungi bisnis Anda secara langsung
  • Find table. Jika Anda memiliki bisnis restoran, akan sangat membantu jika Anda memesan tempat duduk di restoran Anda
  • Place order. Hubungkan ke toko online Anda dan halaman pesanan
  • Make appointment. Buat janji
  • Message us (WhatsApp). Pengunjung situs web dapat menghubungi Anda melalui WhatsApp

Kesimpulan Cara Membuat Website GratisĀ 

Pada artikel ini, kita telah membahas cara membuat situs web dengan Google Bisnisku. Di era digital ini, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk tampil online. Fungsi Website G.Bisnisku dapat menjadi alternatif bagi bisnis Anda untuk membuat website yang sederhana dan gratis. Semoga artikel ini dapat membantu semua orang.