Cara Optimasi Instagram SEO yang Mudah

Cara Optimasi Instagram SEO — Instagram SEO adalah cara bagi pengusaha untuk meningkatkan bisnis Instagram mereka. Meskipun SEO dikenal sebagai optimasi kata kunci dalam pencarian Google, tetapi juga bisa dilakukan di Instagram.

Dengan optimasi SEO Instagram, juga membantu dalam meningkatkan peringkat bisnis Anda di mesin pencari Instagram.

Jadi sekarang bagaimana cara melakukan optimasi SEO Instagram? Anda dapat menemukan jawabannya dengan mengikuti percakapan di bawah ini:

Apa Itu Instagram SEO?

Cara Optimasi Instagram SEO yang Mudah
seo instagram

Instagram SEO adalah proses mengoptimalkan konten Instagram. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peringkat profil Instagram Anda di hasil pencarian Instagram Explorer.

Pengikut potensial Anda dapat menemukan konten Anda lebih mudah dengan menerapkan SEO Instagram. Ada juga banyak manfaat menemukan profil Instagram Anda dengan mudah. Ini termasuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan pengikut, dan meningkatkan keterlibatan dengan konten Anda.

Anda dapat mengubah pengikut menjadi prospek yang pada akhirnya akan menjadi pelanggan Anda yang dapat dipekerjakan dalam bisnis Anda.

Cara Optimasi Instagram SEO yang Mudah

Bagi yang bertanya-tanya bagaimana cara mengoptimalkan SEO Instagram untuk kebutuhan bisnis Anda, simak ulasan berikut ini:

1. Optimalkan Profil Instagram

Saat mencari profil atau postingan di Instagram, mesin pencari Instagram akan menjadi tujuan pertama pengguna. Namun yang jelas tidak semua profil bisa muncul di hasil pencarian, hal ini dikarenakan Instagram bisa menampilkan profil yang disesuaikan dengan kata kunci.

Jadi, agar profil Anda muncul di halaman hasil pencarian, Anda perlu mengoptimalkan profil Instagram bisnis Anda terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti panduannya sebagai berikut:

  • Anda perlu mengubah pengaturan profil Anda di depan umum
  • Anda juga harus menggunakan foto profil yang sesuai dengan informasi perusahaan Anda. Misalnya logo merek atau produk yang dijual.
  • Anda juga perlu membuat merek perusahaan yang mudah ditemukan dan dikenali. Misalnya, jika Anda membuka kedai kopi, Anda dapat menggunakan kata kunci bar atau kafe.
  • Pertama, Anda dapat mendaftarkan akun Instagram Anda dengan Instagram Business
  • Bio Instagram Anda juga harus menyertakan tautan ke situs web bisnis online Anda

2. Inputkan Kata Kunci Utama pada Username dan Display Name

SEO Instagram berdasarkan kata kunci yang Anda cari, ini jelas memudahkan pengikut untuk menemukan profil Instagram Anda. Saat pengguna memasukkan kata kunci, halaman penemuan Instagram dapat menampilkan profil dan konten yang mengandung kata kunci tersebut.

Agar profil Anda muncul di hasil pencarian yang relevan dengan bisnis, sertakan kata kunci teratas di nama pengguna dan nama tampilan Anda. Misalnya, Anda berurusan dengan sandal. Pilih kata kunci “sandal selop” pada username atau nama tampilan.

3. Menambahkan Keyword Turunan pada Bio Instagram

Jika nama pengguna dan nama tampilan tidak mengandung kata kunci utama yang sebenarnya, tidak apa-apa. Anda masih dapat menambahkan kata kunci utama dan sekunder ke bio Instagram bisnis Anda.

Misalnya, Anda dapat membuat kasus bisnis iPhone. Anda kemudian dapat menambahkan kata kunci turunan ke bio Anda, seperti “casing iPhone murah”. Jika Anda mendapatkan pengikut yang mencari casing iPhone murah, profil Anda dapat muncul di hasil pencarian.

Anda dapat mengompres pesan bio Instagram Anda saat Anda menambahkan kata kunci turunan. Karena Instagram memiliki batasan karakter di kolom bio.

4. Maksimalkan Alt Text

Mirip dengan mengoptimalkan gambar untuk SEO situs web, Anda dapat mengoptimalkan gambar menggunakan teks alternatif di Instagram.

Teks alt Instagram dapat membantu algoritme Instagram menampilkan foto Anda kepada pengguna yang menyukai konten jenis ini. Karena alt text dapat menggambarkan isi dari gambar tersebut.

Selain itu, teks alt Instagram juga memudahkan mesin pencari Google untuk menemukan konten Anda. Caranya adalah dengan menyisipkan kata kunci di alt text yang memiliki volume pencarian tinggi di Google.

Ok, berikut langkah-langkah menggunakan alt text di konten Instagram Anda:

Sebelum menerbitkan konten Anda, gulir ke bawah dan klik Pengaturan Lanjutan.

Kemudian klik Tulis Teks Alt.

Kemudian tulis deskripsi konten. Selanjutnya, klik Selesai.

Jika Anda telah memposting konten tanpa teks alternatif, Anda masih dapat menambahkannya. Untuk melakukan ini, klik pada tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Edit> Edit Teks Alt.

5. Gunakan Kata Kunci pada Hashtag

Anda juga dapat menggunakan hashtag sebagai kata kunci utama yang dapat Anda sesuaikan dengan bisnis Anda. Ini karena hashtag dapat membantu membuat konten Anda lebih mudah ditemukan oleh pengikut Anda di mesin pencari Instagram.

Misalnya, IDwebhost memposting diskon pada konten hosting SSD di Instagram. Untuk memudahkan pencarian followers, kami menggunakan hashtag #hostingssd, #promohosting dan #promodomain.

Bayangkan jika calon pelanggan sedang mencari hosting SSD murah untuk membuat website toko online. Kemudian dia mencari hashtag-nya di Instagram. Konten pemasaran kami berpeluang muncul di mesin pencari Instagram mereka.

Lalu bagaimana cara memilih hashtag yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal? Berikut adalah sarannya:

  • Anda dapat memantau hashtag yang digunakan oleh pesaing Anda
  • Anda dapat memantau tingkat popularitas hashtag yang dipilih di alat hashtagify.me
  • Itu juga menganalisis tagar yang berhasil di posting sebelumnya
  • Ingatlah untuk menghindari tagar spam

6. Gunakan Kata Kunci Turunan pada Caption

Setelah pengoptimalan sesuai langkah 5, Anda juga dapat menulis teks yang relevan dengan konten. Jangan lupa untuk menambahkan kata kunci turunan ke judul Anda.

Mengapa Anda perlu melakukan ini?

Ini karena Instagram menggunakan machine learning untuk menentukan konten apa saja yang bisa muncul di fitur discovery. Dari kata kunci dan teks yang Anda buat, teknologi pembelajaran mesin Instagram dapat menentukan konten yang paling relevan dengan kebutuhan pengguna.

7. Perhatikan Instagram Insights untuk Melihat Reach Konten

Setelah Anda menyelesaikan semua langkah pengoptimalan 1 hingga 6, saatnya menganalisis hasil pengoptimalan Anda menggunakan Instagram Insight, alat analisis. Tujuannya adalah agar Anda sebagai pengguna dapat melihat kinerja setiap konten yang Anda buat. Dari konten feed hingga Instagram Stories.

Dengan Wawasan, Anda dapat menggunakan beberapa metrik untuk menilai konten Anda. Setiap metrik memiliki fungsi dan cara sendiri untuk memaksimalkannya.

  • Reach

Jangkauan adalah metrik yang mengukur jumlah pengikut yang terpapar pada konten yang Anda buat. Caranya adalah dengan memaksimalkan konten Anda dengan hashtag, konten bersponsor, dan giveaway.

  • Saves

Saves adalah metrik yang dapat digunakan sebagai tolok ukur bagi pengguna yang menyimpan konten Instagram Anda. Cara memaksimalkannya adalah dengan membuat konten yang menarik, relevan dan bermanfaat bagi pengguna.

  • Impression

Tayangan adalah metrik yang mengukur berapa kali konten atau iklan Anda ditampilkan di layar pengguna. Jumlah tampilan konten ini termasuk klik atau konten yang ditinggalkan.

Misalnya, tayangan konten Anda adalah 100. Ini berarti posting Anda dapat muncul 100 kali di layar pengguna.

Anda bisa memaksimalkannya dengan memasang iklan berbayar. Dengan bantuan iklan, konten Anda dapat muncul di layar pengguna yang diinginkan.

  • Like and comment

Suka dan komentar adalah metrik yang menunjukkan keterlibatan atau keterlibatan pengguna dengan konten Anda. Cara memaksimalkannya adalah dengan membuat subtitle interaktif. Misalnya, dengan mengajukan pertanyaan yang menggelitik pengguna.

  • Audience

Audiens adalah metrik yang menentukan jenis pengguna atau pengikut yang merespons konten Anda. Misalnya, karakter, usia, minat, dan waktu aktif mereka untuk bereaksi terhadap konten.

Metrik ini dapat membantu Anda mengirimkan konten ke audiens yang lebih spesifik dan lebih efektif.

8. Manfaatkan Tag dan Mention Instagram 

Cara mengoptimalkan SEO Instagram selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur tag dan mention Instagram Stories. Karena dapat memudahkan calon pengikut untuk menemukan konten dan profil Anda.

Semakin banyak tag dan tampilan yang Anda dapatkan, semakin Instagram menganggap konten Anda relevan. Dalam hal ini, konten Anda lebih cenderung muncul di halaman penemuan Instagram.

Jadi bagaimana cara memaksimalkan tag dan mention? Begitulah:

  • Buat konten kerjasama

Anda dapat dengan mudah membuat konten dan mendapatkan tag dan sebutan, yang berarti Anda dapat membuat konten kolaboratif atau relevan dengan bantuan pengikut Anda.

  • Tag dan mention user lain yang bekerjasama dengan Anda

Anda juga dapat menandai pengguna lain dan memasukkan nama pengguna mereka dalam keterangan. Tujuannya adalah agar konten Anda disertakan dalam koleksi foto fitur penandaan pengguna lain. Siapa pun yang mengenal pengguna dari profil lain dapat melihat konten Anda di fitur ini.

  • Gunakan tag lokasi

Anda juga dapat menambahkan tag lokasi ke konten Anda. Misalnya, tempat diadakannya suatu acara atau lokasi bisnis Anda.

Gunakan tag lokasi untuk membuat konten Anda lebih mudah ditemukan. Karena konten berpotensi muncul ketika pengguna mengetahui apa yang terjadi di suatu tempat.

Kesimpulan Cara Optimasi Instagram SEO

Berikut cara optimasi SEO Instagram yang harus dilakukan. Sekarang Anda tahu cara meningkatkan optimasi SEO Instagram untuk bisnis Anda.

Semoga bermanfaat