Cara Mengatasi Masalah Lupa Password WordPress dengan Mudah

Mengatasi Masalah Lupa Password WordPress — Seperti yang kita semua tahu, WordPress adalah CMS (Content Marketing System) paling populer saat ini. Tak heran, banyak pengusaha yang mengandalkan CMS ini untuk menunjang bisnisnya. Tetapi berbahaya jika Anda memiliki banyak akun wordpress, sehingga Anda lupa kata sandi wordpress Anda. Maka pada artikel kali ini kita akan membahas cara sederhana dan mudah lupa password wordpress.

Namun sebelum kita ke sana, kami ingin menjelaskan beberapa alasan mengapa wordpress begitu populer. Blog IDwebhost yang Anda baca sekarang juga menggunakan CMS WordPress di bagian blog. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, melainkan karena harus diakui bahwa WordPress memiliki kelebihan yang tidak dimiliki platform lain. Di sini kami menjelaskan mengapa Anda harus memilih WordPress.

Beberapa keunggulan WordPress yang membuatnya sebagai CMS paling populer

lupa password wordpress
lupa password wordpress

1. WordPress itu Gratis!

Ya, salah satu alasan utama menggunakan WordPress di CMS lain adalah karena gratis dan tidak ada biaya lisensi. Hal ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang ingin membangun dan membuat website atau blog pribadi tentang hobinya tanpa memikirkan sisi bisnis dan biaya yang dikeluarkan.

2. Sangat Mudah Digunakan

Keuntungan lain dari WordPress adalah sangat mudah digunakan. Ya, dijamin pengguna baru yang masih baru tidak akan kesulitan dengan berbagai fitur yang membuatnya sangat sederhana. Jadi, jika Anda baru mengenal blog, WordPress adalah CMS terbaik untuk Anda. Selanjutnya, proses instalasi WordPress juga sangat sederhana dan dapat langsung digunakan setelah instalasi.

3. Fleksibel

Ya, fleksibilitas adalah alasan lain untuk memilih WordPress. Seperti yang sudah dibahas di atas, CMS ini sangat cocok untuk membuat berbagai jenis website, mulai dari website pribadi, hobi, toko online, perusahaan hingga website perusahaan. Sangat keren, bukan?

4. Mudah membuat SEO

WordPress memiliki plugin SEO yang tersedia secara gratis. Ini tentu saja membuat pengguna bergantung pada penggunaan CMS WordPress untuk membuat situs web mereka. SEO (Search Engine Optimization) berperan penting dalam membantu sebuah website menarik banyak pengunjung dengan mengandalkan mesin pencari seperti Google, Yahoo dan sejenisnya. Tidak mengerti SEO? Mungkin Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa itu SEO. Ini adalah salah satu alasan kami menyukai dan merekomendasikan membangun situs web di WordPress.

5. Cenderung Aman

Sejak WordPress terpilih sebagai CMS terpopuler, serangan hacker pun semakin banyak dilakukan. Tapi jangan khawatir, karena WordPress menangani hal ini dengan sangat serius, WordPress selalu memberikan pembaruan kepada pengguna, sehingga risiko serangan berkurang. Meskipun masih ada serangan, biasanya karena kesalahan pengguna saat menggunakan tema atau plugin yang diunduh dari sumber yang tidak tepercaya.

Tetapi berbahaya jika Anda memiliki banyak akun wordpress, sehingga Anda lupa kata sandi wordpress Anda.

Tapi jangan khawatir, itu tidak perlu karena Anda dapat dengan mudah mengatur ulang kata sandi WordPress Anda dari dasbor admin. Tetapi bagaimana jika Anda telah keluar tetapi lupa kata sandi WordPress Anda? Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan phpMyAdmin untuk mereset kata sandi Anda. Sebelum masuk ke tutorial, pastikan Anda memiliki akses ke phpMyAdmin. Berikut adalah cara mudah mengatasi lupa password wordpress.

6. Plugin dan Theme sangat mudah dimodifikasi

Alasan menggunakan WordPress adalah sangat mudah untuk dikustomisasi sesuai keinginan pengguna, ribuan tema dan plugin dapat digunakan secara gratis atau berbayar, dengan beberapa klik Anda dapat langsung melihat seperti apa tampilan website. mengubahnya sesuai keinginan. Selain menggunakan tema dan plugin yang disediakan, Anda juga dapat membuat plugin dan tema Anda sendiri sehingga Anda dapat dengan mudah mengubah apa yang Anda inginkan.

7. Sangat Mudah Digunakan

Inilah salah satu keunggulan yang membuat WordPress sangat populer di dunia. Ya, WordPress sangat intuitif, jadi seperti yang disebutkan sebelumnya, pengguna sehari-hari dijamin dapat dan langsung menjadi kecanduan WordPress sebagai alat untuk membangun situs web mereka sendiri, karena hanya membutuhkan satu menit untuk mempelajari cara menggunakan WordPress. Anda bahkan tidak akan merasa repot menginstal jika Anda menggunakan WordPress dengan hosting web Anda.

Cara Gampang Mengatasi Masalah Lupa Password WordPress  yang bisa anda terapkan

Langkah 1 : Masuk ke phpMyAdmin

Langkah pertama untuk mengatasi masalah lupa password wordpress Anda adalah pergi ke phpMyAdmin. Pertama, masuk ke panel kontrol hosting Anda dan buka phpMyAdmin. Di sini Anda akan menemukan opsi database di menu sebelah kiri.

Langkah 2 : Pilih Database WordPress

Kemudian, pilih database WordPress Anda. Jika Anda tidak yakin database mana yang digunakan situs WordPress Anda, jangan khawatir, Anda dapat memeriksanya melalui file wp-config.php. File tersebut terletak di direktori root situs web Anda, biasanya di public_html.

Langkah 3 : Pilih tabel yang dibutuhkan

Setelah memilih database, semua tabel ditampilkan di baris kolom (jika tidak ditampilkan, klik tab Struktur). Tabel wp_users kemudian akan muncul di baris kolom itu. Biasanya tabel prefiksnya berbeda, seperti gambar di bawah ini, yaitu wpoj_. Awalan dapat ditentukan selama instalasi WordPress. Dan nama belakang tabel adalah _users. Klik tabel atau pilih Telusuri.

Langkah 4 : Pilih Username Database

Pada langkah ini, Anda akan melihat semua nama pengguna untuk dasbor admin WordPress. Kemudian klik Ubah pada nama pengguna yang kata sandinya ingin Anda atur ulang.

Langkah 5 : Reset password Admin Area

Langkah sederhana terakhir untuk mengatasi masalah lupa kata sandi WordPress adalah mengatur ulang kata sandi area admin. Ya, ada angka dan huruf di baris user_pass kolom Nilai. Selanjutnya, ada menu drop-down di kolom Fungsi.

Di menu tarik-turun, hapus karakter dan angka di kolom Nilai, lalu masukkan kata sandi baru Anda. Kemudian coba pilih MD5 di kolom fungsi dan klik Go untuk menyimpan perubahan yang Anda buat sebelumnya.

Nah itulah 5 langkah mudah untuk mengatasi masalah lupa password wordpress. Setelah melakukan langkah-langkah di atas dengan sukses, kata sandi dasbor admin WordPress seharusnya berhasil diubah. Anda dapat memverifikasi ini dengan masuk pasti. Jika Anda terus gagal dan tidak berhasil, Anda dapat mengulangi langkah-langkah dalam tutorial ini dari awal.