Rekomendasi Website Belajar WordPress untuk Pemula

WordPress adalah Sistem Manajemen Konten (CMS) yang canggih, selalu terkini, dan mudah digunakan. Namun, keunggulan WordPress tidak hanya terletak pada tiga poin tersebut. Ada banyak hal yang bisa ditemukan jika Anda meluangkan waktu untuk mempelajari WordPress dan menguasai platformnya. Mari kita bahas Belajar WordPress untuk Pemula!

Anda dapat mempelajari cara membangun situs web menggunakan WordPress, seperti situs e-commerce, portal berita, blog, portofolio online, forum diskusi, dan lainnya.

Ada banyak sumber online untuk mempelajari WordPress, tetapi tidak semuanya asli. Pada artikel ini, kami telah mengumpulkan 20 situs web terkemuka bagi mereka yang ingin tahu cara menggunakan WordPress dan ingin diakui.

Website Belajar WordPress untuk Pemula

belajar wordpress
belajar wordpress

Sekarang setelah Anda mengetahui mata pelajaran apa yang harus Anda pelajari untuk pemula, Anda dapat memulai dengan mengunjungi beberapa website berikut.

1. WordPress.org Codex

  • Jenis: platform
  • Harga: gratis
  • Durasi: 10-20 menit / subtopik
  • Akses seumur hidup: ya
  • Kuis / tes: tidak
  • Direkomendasikan: untuk pengguna menengah

Kode WordPress seperti panduan online WordPress yang disusun oleh WordPress.org. Anda dapat mempelajari semua tentang WordPress dari situs web ini, dan ada juga artikel tambahan yang mencakup semua masalah teknis yang sering terjadi di WordPress. Situs ini sangat cocok untuk pengembang web, pengembang plugin, atau pengembang tema yang ingin mempelajari detail teknis dari platform populer ini.

Codex WordPress juga seperti wiki. Ini berarti Anda dapat berkontribusi untuk mengedit, menerjemahkan, dan mendiskusikan informasi di repositori WordPress.

Jika Anda hanya ingin mempelajari lebih lanjut tentang WordPress, kami tidak merekomendasikan situs ini. Namun jika Anda memang ingin mendalami, tidak apa-apa meluangkan waktu untuk mengenal situs-situs WordPress di situs ini.

2. Belajar WordPress untuk Pemula dengan WordPress TV

  • Jenis: kursus video
  • Harga: gratis
  • Durasi: maksimal 1 jam / video
  • Akses seumur hidup: ya
  • Kuis / tes: tidak
  • Direkomendasikan: untuk semua pengguna dari semua tingkat keahlian

Seperti Kode WordPress, WordPress TV dimiliki oleh WordPress.org. Gratis, Anda bahkan tidak perlu membuat akun. WordPress TV menggunakan video untuk berbagi pengetahuan dengan pengunjung. Selain mudah dipahami oleh pemula, tutorial yang diposting mencakup berbagai topik seperti menggunakan WordPress atau informasi terbaru tentang pengembangan web.

Lebih baik lagi, video di situs pembelajaran WordPress Anda dibuat oleh pengguna. Jadi, jika Anda mengikuti syarat dan ketentuan, Anda dapat mengirimkan video buatan sendiri dan bergabung dengan komunitas pengguna WordPress di seluruh dunia.

Keuntungan lain dari WordPress TV adalah kemampuan untuk mencari konten berdasarkan bahasa yang dipilih. Gunakan alat ini untuk mencari konten dalam bahasa yang Anda ketahui atau jika Anda ingin mempelajari bahasa lain.

3. Official WordPress Lesson Belajar WordPress untuk Pemula

  • Jenis: platform
  • Harga: gratis
  • Durasi: 5-10 menit / tutorial
  • Akses seumur hidup: ya
  • Kuis / tes: tidak
  • Direkomendasikan: untuk pemula

Selain WordPress TV, WordPress.com juga telah merilis situs belajar WordPress untuk pemula yaitu WordPress.com LEARN. Di sini Anda dapat mempelajari dasar-dasar WordPress secara gratis.

Pelajaran WordPress resmi menyediakan tutorial langkah demi langkah untuk membantu Anda menyiapkan situs Anda. Topik termasuk menginstal WordPress, memilih tema, menyesuaikan situs web Anda, menerbitkan posting dan halaman, dan fungsi dasar lainnya.

Meskipun tidak selalu menyertakan gambar atau video yang menarik, setiap langkah dalam tutorial ini mudah diikuti oleh pemula. Bagi mereka yang sudah berada di tingkat menengah, pelajaran WordPress resmi tidak disarankan.

4. Belajar WordPress untuk Pemula dengan Lynda.com

  • Jenis: platform
  • Harga: $29,99 per bulan
  • Durasi: 1-7 jam / tutorial
  • Akses seumur hidup: tidak ada
  • Kuis / tes: ya
  • Direkomendasikan: pemula hingga menengah

Belajar WordPress untuk Pemula berikutnya dengan aplikasi Lynda yang menawarkan kursus online tentang berbagai topik seperti bisnis, desain, fotografi, pengembangan perangkat lunak, dan banyak lagi. Topik menggunakan WordPress sudah pasti disertakan.

Ada uji coba gratis satu bulan, setelah itu dikenakan biaya berlangganan bulanan sebesar $29,99. Jika Anda ingin mendapatkan diskon 33%, pilih paket tahunan. Meskipun Lynda tidak gratis, itu sepadan.

Anda dapat menonton video tutorial berulang kali, melatih keterampilan Anda dengan mengikuti kuis, dan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan kursus. Bahan ajar yang tersedia juga diklasifikasikan menurut tingkat keterampilan, durasi, mata pelajaran, pembicara dan jenis pembelajaran. Periksa juga jumlah penayangan untuk memudahkan dalam memilih video yang tepat.

5. Smashing Magazine

  • Jenis: platform
  • Harga: $3-$9 per bulan (berlangganan)
  • Durasi: 5-10 menit / masuk
  • Akses seumur hidup: ya
  • Kuis / tes: tidak
  • Direkomendasikan: untuk pengguna menengah dan ahli

Smashing Magazine adalah majalah editorial online yang mencakup berbagai topik mulai dari desain web, desain grafis, pemrograman, dan pengembangan seluler. Semua konten ini dapat dibaca secara gratis!

Majalah online ini menawarkan kategori eksklusif WordPress tambahan. Agar lebih mudah dibaca, Smashing Magazine menyajikan kontennya menggunakan struktur blog. Sayangnya, tidak semua artikel ditulis untuk pengguna yang tidak berpengalaman.

Setiap artikel memiliki perkiraan waktu membaca dan menyertakan kolom komentar. Di kolom ini Anda dapat membaca pengalaman pengguna lain, misalnya apakah sarannya berhasil atau tidak.

Hal yang Perlu Diketahui dan Langkah awal WordPress?

Anda dapat menemukan berbagai konten di internet tentang WordPress dan cara menggunakannya. Jadi, untuk mengetahui konten apa yang harus dibaca pengguna pemula terlebih dahulu, kami telah memilih lima topik untuk dipelajari.

1. Pengertian WordPress dan Cara Install WordPress

WordPress adalah CMS yang mendukung lebih dari 455 juta situs web. Yang mengatakan, ada banyak yang perlu diketahui tentang WordPress. Dimulai dengan dasar-dasar seperti menginstal WordPress hingga memilih plugin dan tema.

Anda juga harus tahu mengapa Anda memerlukan domain dan hosting untuk menginstal WordPress. Beberapa penyedia hosting menyediakan penginstal sekali klik, sementara yang lain memerlukan instalasi WordPress manual.

2. Glosarium Dasar WordPress: post, halaman, kategori, dashboard admin, editor visual, dan lainnya

WordPress menggunakan berbagai terminologi untuk menggambarkan alat dan ruang kerjanya. Untuk memaksimalkan penggunaan CMS Anda, penting untuk mengetahui nama dan fungsinya.

Berikut adalah beberapa istilah umum yang harus Anda ketahui:

  • Dashboard admin. Halaman beranda area administrasi tempat Anda dapat mengelola situs WordPress Anda.
  • Gutenberg editor. Editor blok default untuk WordPress.
  • Tema. Alat untuk mengubah tata letak dan desain situs web WordPress Anda.
  • Plugin. Perangkat lunak untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas ke situs web WordPress.
  • Custom post type. Jenis konten yang didukung WordPress.
  • ID pos. Nomor khusus yang diberikan WordPress untuk setiap posting.

3. Plugin WordPress

Plugin adalah perangkat lunak yang membantu meningkatkan tampilan dan fungsionalitas situs web Anda. Ada lebih dari 56.000 plugin gratis dan berbayar di perpustakaan plugin WordPress. Selain itu, ribuan pihak ketiga membuat plugin premium. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui plugin yang paling mendukung kebutuhan Anda dan juga cara menginstal plugin WordPress, karena setiap opsi biasanya dilakukan secara berbeda.

4. Tema WordPress

Tema mencerminkan situs web. Seperti plugin, tema dapat ditemukan di repositori WordPress. Jika Anda tidak memiliki tema WordPress yang Anda suka, Anda dapat membeli tema premium dari layanan pihak ketiga. Setiap tema memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, pilihlah tema berdasarkan tujuan, fungsi dan jenis website Anda.

5. Kustomisasi WordPress

Karena keunikannya, personalisasi setiap website berbeda-beda. Meskipun plugin dan tema mengubah tampilan situs web Anda, Anda mungkin tidak menyukai pengaturan default. Dengan mempelajari CMS WordPress, Anda akan tahu cara menyesuaikan tampilan situs web Anda agar lebih menarik.

Kesimpulan Belajar WordPress untuk Pemula

Banyak orang berpikir WordPress masih sangat ramah untuk pengguna baru. Sayangnya, tidak semua aspek WordPress langsung dipahami. Oleh karena itu, dengan banyaknya situs pembelajaran WordPress ini, baik pengguna pemula maupun menengah bisa mendapatkan banyak informasi tentang CMS ini.

Sudahkah Anda mengunjungi salah satu panduan WordPress online di atas? Jika demikian, Anda dapat berbagi pengalaman Anda dengan kami di bagian komentar di bawah.