Apa Itu Router? Kenali Pengertian, Fungsi Hingga Jenis-Jenisnya

Apa Itu Router — Router adalah salah satu komponen penting dalam menghubungkan jaringan Wi-Fi. Contoh koneksi sederhana adalah internet rumah, yang memerlukan bantuan perangkat yang sering disebut router. Ini adalah perangkat jaringan rumah umum yang merupakan bagian dari perangkat keras jaringan.

Router memungkinkan komunikasi antara jaringan rumah lokal, seperti komputer pribadi dan perangkat lain yang terhubung, dan Internet. Sederhananya, router memainkan peran penting dalam mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer.

Meskipun banyak orang masih bingung antara router, modem, dan switch jaringan, tujuan utama dari router adalah untuk menggabungkan fungsi semua komponen dan menghubungkan perangkat. Juga, meningkatkan akses Internet atau memfasilitasi pembuatan jaringan perusahaan.

Memahami Pengertian Apa Itu Router

router adalah
router adalah

Secara umum, ada berbagai jenis router, tetapi yang paling dikenal adalah LAN (jaringan lokal) dan WAN (jaringan area luas). LAN adalah sekelompok perangkat yang terhubung yang terbatas pada area geografis tertentu, biasanya hanya membutuhkan satu router.

WAN, di sisi lain, adalah jaringan besar yang didistribusikan di wilayah geografis yang luas. Karena berdasarkan jenisnya, router ini paling sering ditemukan di penggunaan korporat dan perusahaan besar yang memiliki banyak rekening operasional di mana-mana.

Karena penyebaran geografis, sebuah perusahaan besar akan membutuhkan LAN terpisah untuk setiap situs, yang kemudian akan terhubung ke LAN lain untuk membentuk WAN. Oleh karena itu, karena WAN tersebar di area yang luas, seringkali membutuhkan banyak router dan switch yang terpisah.

Fungsi dan Kegunaan Router

Sebagai perangkat Internet fisik atau virtual yang dirancang untuk menerima, menganalisis, dan mengirimkan paket data antar jaringan komputer, router secara luas mendukung kebutuhan komunikasi modern seperti saat ini. Beberapa fitur tambahan dan kegunaan router yang harus Anda ketahui:

  • Router menyediakan konektivitas Internet berkecepatan tinggi dengan berbagai jenis port, seperti Gigabit, Fast Ethernet, dan port STM.
  • Anda dapat membuat beberapa jalur untuk mentransfer data.
  • mampu mengarahkan lalu lintas dalam sistem jaringan yang besar, mengingat subnet sebagai keseluruhan jaringan.
  • menyaring gangguan yang tidak diinginkan dan melakukan proses enkapsulasi dan dekompresi data.
  • memungkinkan pengguna untuk menghubungkan beberapa LAN dan WAN.
  • memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi port pada jaringan sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Ia bekerja di lapisan 3 (Lapisan Jaringan) dari model OSI, yang dapat berkomunikasi dengan perangkat tetangga menggunakan alamat IP dan subnet.
  • Komponen utama router adalah central processing unit (CPU), RAM non-volatile, konsol, kartu antarmuka, memori flash, jaringan, dan RAM.

Jenis dan Tipe Router

Untuk menghubungkan LAN ke Internet, router harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan modem. Ini menjadikan router garis pertahanan pertama terhadap intrusi jaringan. Mengaktifkan tingkat keamanan tertinggi pada router mengaktifkan hal-hal seperti firewall dan merupakan cara yang bagus untuk melindungi sistem komputer dan data Anda dari serangan.

Meskipun beberapa jenis router yang mungkin Anda kenal adalah:

  • Nirkabel/wireless

Router nirkabel atau gateway perumahan dapat menggabungkan fungsi router tepi dan router hub. Ini adalah router standar untuk jaringan rumah dan akses Internet. Sebagian besar operator menawarkan router nirkabel lengkap sebagai standar.
Bahkan jika Anda memiliki pilihan untuk menggunakan router nirkabel ISP untuk bisnis kecil Anda, Anda mungkin ingin menggunakan router kelas perusahaan untuk memanfaatkan kinerja nirkabel yang lebih baik, kontrol koneksi yang lebih baik, dan keamanan yang lebih andal.

  • Berkabel/wired

Seperti router nirkabel, router kabel terhubung ke modem dengan kabel Ethernet. Kemudian, gunakan kabel terpisah untuk menyambung ke satu atau beberapa perangkat di jaringan, membuat LAN, dan menyambungkan perangkat di jaringan ke Internet.

  • Core router

Router inti biasanya digunakan oleh penyedia layanan besar atau penyedia layanan cloud seperti Google, Amazon, Microsoft. Penyedia ini menyediakan bandwidth maksimum untuk menghubungkan router atau switch tambahan.

Sebagian besar usaha kecil tidak memerlukan jenis router ini. Di sisi lain, perusahaan yang sangat besar dengan banyak karyawan yang bekerja di gedung atau lokasi yang berbeda dapat menggunakan router dasar sebagai bagian dari arsitektur jaringan mereka.

  • Edge router

Sebuah router tepi sering disebut router gateway, atau singkatnya gateway, yang bekerja dengan menghubungkan titik koneksi terluar jaringan ke jaringan eksternal, termasuk Internet. Jenis router ini sering dioptimalkan untuk bandwidth dan dirancang untuk terhubung ke router lain untuk mendistribusikan data ke pengguna akhir.
Router edge biasanya tidak menawarkan Wi-Fi atau kemampuan untuk mengelola jaringan lokal sepenuhnya. Router ini biasanya hanya memiliki satu port Ethernet, termasuk input untuk menghubungkan ke Internet dan beberapa output untuk menghubungkan router tambahan.

  • Distribution router

Router distribusi, juga dikenal sebagai router internal, menerima data dari router tepi atau gateway melalui koneksi kabel dan mengirimkannya ke pengguna akhir. Biasanya melalui Wi-Fi, meskipun router biasanya menyertakan koneksi fisik (Ethernet) untuk menghubungkan pengguna atau router tambahan.

  • Router virtual

Router virtual adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda memvirtualisasikan fungsi router tertentu di cloud dan menyediakannya sebagai layanan. Router ini sangat ideal untuk perusahaan besar dengan kebutuhan jaringan yang kompleks karena menawarkan fleksibilitas, skalabilitas yang mudah, dan biaya akses yang lebih rendah. Keuntungan lain dari router virtual adalah mengurangi manajemen perangkat keras jaringan lokal.

Tips dan Cara Memilih Router Untuk Bisnis Kecil

Apakah Anda bisnis kecil yang membutuhkan router pendukung? Selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih router nirkabel yang tepat untuk Anda. Anda harus memilih router yang dapat mematikan semua perangkat Anda dan menerima akses internet tanpa masalah. Beberapa tips dan cara memilih router untuk dicoba:

  • Perhatikan jumlah dan jenis port yang Anda butuhkan, seperti telepon, Ethernet, kabel, dan USB, untuk memastikan Anda dapat menghubungkan perangkat yang Anda butuhkan.
  • Bandwidth yang memadai penting untuk pengalaman pengguna. Ini karena bandwidth menawarkan kinerja maksimum untuk banyak pengguna. Harus diingat bahwa semakin besar jumlah pengguna, semakin besar bandwidth yang dibutuhkan.
  • Keamanan adalah pertimbangan mutlak saat memilih router, jadi pastikan Anda memberikan perlindungan kata sandi setidaknya WPA atau WPA 2. Beberapa router bahkan dilengkapi dengan perangkat lunak firewall untuk memastikan keamanan data yang masuk dan keluar.
  • Router berisi perangkat lunak yang memerlukan pembaruan untuk menjaga kinerja dan keamanan. Karena banyak penyedia layanan juga memberikan dukungan untuk pembaruan perangkat lunak otomatis.

Kesimpulan Apa Itu Router

Saat menghubungkan ke Internet, router mengarahkan dan mengontrol data jaringan, menggunakan paket yang berisi berbagai jenis data seperti file, komunikasi, dan transfer data sederhana seperti interaksi web.

Tidak hanya itu, router mendukung dan memberikan keamanan kepada pengguna. Firewall internal dan perangkat lunak pemfilteran konten menawarkan perlindungan tambahan terhadap konten yang tidak diinginkan dan situs web berbahaya tanpa memengaruhi pengalaman penjelajahan online Anda.