trend analysis
trend analysis

Trend Analysis : Pengertian dan Strategi Sukses Terbaiknya

Sebuah bisnis tidak dapat melakukan ini, penelitian diperlukan untuk mengetahui apa yang dapat membantu pemasaran bertarget. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan analisis tren atau analisis tren untuk mengetahui apa yang sedang terjadi.

Analisis tren sendiri merupakan strategi yang digunakan untuk membuat prediksi masa depan berdasarkan data masa lalu. Strategi ini memungkinkan Anda untuk membandingkan titik data selama periode waktu tertentu dan mengidentifikasi potensi tren naik, turun, dan stagnan.

Pelajari lebih lanjut tentang analisis tren, cara memahaminya, dan strategi mana yang paling berhasil.

Memahami Pengertian Apa Itu Trend Analysis

Analisis tren adalah proses penelitian yang meneliti tren saat ini untuk memprediksi tren masa depan dan dapat dianggap sebagai bentuk pembandingan. Teknik ini dapat mencakup upaya untuk menentukan apakah tren pasar saat ini, seperti perbaikan di sektor pasar tertentu, kemungkinan akan berlanjut dan apakah tren di satu area pasar cenderung menghasilkan tren di area lain.

Sementara analisis tren mungkin melibatkan sejumlah besar data yang dapat dikumpulkan tanpa relevansi, tidak ada jaminan bahwa hasilnya benar. Sementara itu, untuk mulai menganalisis data yang berlaku, Anda perlu menentukan terlebih dahulu segmen pasar mana yang akan dianalisis. Pastikan Anda melihat tren yang relevan dengan bisnis Anda sehingga upaya pemasaran Anda relevan nantinya.

Contoh Umum Penerapan Trend Analysis

Singkatnya, analisis tren adalah teknik yang digunakan dalam analisis teknis yang mencoba memprediksi pergerakan harga saham di masa depan berdasarkan data tren yang baru saja diamati. Pendekatan strategis ini menggunakan data historis seperti pergerakan harga dan volume perdagangan untuk memprediksi arah sentimen pasar dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda lihat dari analisis tren bisnis dan perusahaan:

  • Tinjau pola penjualan dan lihat apakah penjualan turun karena pelanggan, produk, atau wilayah penjualan tertentu
  • Periksa klaim biaya untuk bukti klaim penipuan.
  • Periksa setiap baris pengeluaran untuk melihat apakah ada pengeluaran yang tidak biasa selama periode pelaporan yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut
  • Memprediksi pendapatan dan pengeluaran masa depan untuk menyiapkan anggaran untuk memprediksi hasil di masa depan.
Baca Juga  Prinsip Dasar Aplikasi trading terbaik

Strategi Sukses Terbaik Trend Analysis

Orang yang menggunakan dan melepaskan tren biasanya mencoba mengisolasi dan mengambil untung dari tren. Oleh karena itu, ada banyak strategi perdagangan tren berbeda yang menggunakan berbagai indikator teknis seperti:

  • Pergerakan rata- rata atau moving average

Strategi ini menunjukkan posisi beli ketika rata-rata pergerakan jangka pendek melintasi rata-rata pergerakan jangka panjang. Ini juga mencatat apa yang memasuki posisi short ketika rata-rata pergerakan jangka pendek turun di bawah rata-rata pergerakan jangka panjang.

  • Trendlines & Chart Patterns

Strategi ini melibatkan memasuki posisi buy ketika saham cenderung naik dan menempatkan stop loss di bawah level support dari trendline utama. Jika saham mulai berbalik arah, keluar dari posisi untuk mendapat untung.

  • Momentum indicator

Strategi ini melibatkan memasuki posisi beli saat saham berkembang dengan momentum yang kuat dan keluar dari posisi beli saat saham kehilangan momentum. Relative Strength Index (RSI) sering digunakan dalam strategi ini.

Manfaat indikator dapat menyederhanakan informasi harga serta memberikan sinyal perdagangan tren atau memperingatkan pembalikan. Selanjutnya, indikator tersebut dapat digunakan di semua periode waktu dan memiliki variabel yang dapat disesuaikan dengan preferensi unik masing-masing perusahaan dan pedagang yang menggunakannya.

Hubungan dan Manfaat Antara Trend Analysis dan Data Survei

Analisis tren memungkinkan Anda melihat ringkasan data jangka panjang. Metode ini digunakan untuk melihat volatilitas pada waktu yang berbeda dan mencatat bagaimana pelanggan dan pasar bereaksi dari waktu ke waktu.

Selanjutnya, teknik ini dapat digunakan untuk menentukan waktu terbaik permintaan pasar dan juga untuk mengidentifikasi fase permintaan rendah untuk mengambil tindakan yang tepat. Hubungan dan manfaat berikut antara analisis tren dan data survei dapat berguna untuk bisnis:

  • Membangun strategi yang tertarget

Analisis tren membantu memprediksi pendatang baru dan memungkinkan perusahaan mengembangkan strategi untuk mempertahankan posisi mereka di sektor bisnis yang mempekerjakan mereka. Analisis tren dapat membantu Anda memperkenalkan produk baru.
Misalnya, jika laporan tren menunjukkan bahwa generasi milenial lebih suka menonton konten di platform OTT daripada membaca koran, Anda dapat menjalankan iklan di platform tersebut. Anda dapat mengoptimalkan pengeluaran pemasaran Anda dengan berpindah dari media tradisional seperti TV dan surat kabar ke situs OTT.

  • Umpan balik bagi bisnis

Survei akan memberi tahu Anda semua yang ingin Anda ketahui tentang target pasar Anda dan apakah upaya pemasaran Anda berhasil atau tidak. Selain itu, kursus ini akan membantu Anda mengidentifikasi area di mana bisnis Anda berjalan dengan baik dan menduplikasi strategi ekspansi bisnis.

  • Memperluas ekspansi bisnis

Metode ini dapat memudahkan perusahaan dan organisasi untuk mengambil keputusan strategis untuk mengembangkan usahanya. Mengidentifikasi pola dalam tren konsumen akan membantu Anda menemukan area pasar baru untuk memperluas bisnis Anda. Misalnya, jika Anda melihat bahwa permintaan di wilayah atau negara tertentu terus meningkat, Anda dapat merencanakan untuk menargetkan lokasi tertentu dengan lebih pasti dan dengan penekanan yang lebih besar.

  • Menjadi indikator analisis perubahan

Jika Anda tidak yakin tentang aktivitas yang tidak berjalan seperti yang diharapkan, metode ini bertindak sebagai indikator untuk mengidentifikasi area aktivitas yang kinerjanya buruk. Secara umum, sebagian besar perusahaan melakukan survei kepuasan pelanggan untuk mengidentifikasi pengiklan, pembelot, dan pembelot.

Baca Juga  5 Marketplace Online Paling Ramai Pengunjung di Asia Tenggara

Jika jumlah tidak aktif dan kekurangan meningkat secara dramatis, perusahaan mungkin memiliki keraguan tentang kualitas produk, layanan, pengiriman, atau layanan pelanggan. Setelah Anda mengidentifikasi area untuk perbaikan setelah analisis data dan sudah mengerjakannya, jangan lupa untuk melakukan survei dan mengukur perubahan hasil dari waktu ke waktu.

Kesimpulan

Tren selalu berubah dari waktu ke waktu karena perkembangan teknologi dan inovasi. Tren juga mempengaruhi bagaimana perusahaan, terutama dalam konteks bisnis, menjalani kehidupan pelanggan. Sehingga dapat dikatakan bahwa analisis tren secara umum sangat berharga bagi investor dan pengusaha.

Mempertimbangkan ketersediaan data saat ini, nilai tren tidak dapat dipisahkan dari keputusan berbasis data, terutama saat menggunakan data alternatif. Adapun data alternatif, memungkinkan untuk analisis yang lebih mendalam, yang pada gilirannya mengungguli bagian dari kompetisi yang tidak menggunakan data eksternal untuk keuntungannya.

Analisis tren berdasarkan data dari survei adalah cara yang bagus untuk memprediksi peristiwa masa depan yang dapat meningkatkan kecerdasan investasi Anda dan menemukan peluang bisnis yang lebih baik.