Kenali PWA (Progressive Web App) agar Website Lebih Cepat

Progressive Web App — Tahukah Anda bahwa kecepatan situs web merupakan faktor penting dalam meningkatkan lalu lintas? Nah, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan PWA. Apa itu? PWA adalah singkatan dari Progressive Web Apps, yang merupakan aplikasi pengoptimalan situs web.

Lalu apa contohnya dan bagaimana mewujudkannya? Jangan khawatir, cari tahu selengkapnya langsung dari artikel berikut ini!

Apa itu PWA?

Seperti dijelaskan di atas, PWA adalah aplikasi web progresif, yaitu aplikasi yang dirancang secara optimal untuk meningkatkan kecepatan penggunaan situs web dan aplikasi tanpa membuatnya secara terpisah.

Singkatnya, PWA adalah kombinasi aplikasi seluler dan aplikasi web yang memungkinkan Anda mengakses situs web lebih cepat di ponsel Anda tanpa memerlukan aplikasi seluler terpisah.

Pada zamannya, untuk mengakses situs web melalui ponsel, JavaScript yang berjalan di browser menawarkan fungsionalitas asli ke situs web. Akhirnya, PWA adalah sistem yang dibangun dengan pembaruan teknologi modern untuk memungkinkan pengguna mengakses aplikasi web di ponsel tanpa perlu memisahkan aplikasi.

Mengapa kamu perlu menggunakan PWA?

Setelah membahas apa itu PWA, kita akan membahas tentang urgensi penggunaan PWA. Dalam kehidupan serba digital saat ini, PWA diperlukan untuk meningkatkan tingkat jangkauan dan aktivitas situs web karena alasan berikut.

1. Meningkatkan engagement

Singkatnya, aplikasi web progresif ini berfungsi seperti aplikasi lainnya. Namun, aplikasi yang mengimplementasikan PWA bisa dibilang lebih cepat dan nyaman bagi pengguna.

Aplikasinya juga terbilang sangat sederhana, karena Anda tidak perlu mendownload aplikasinya terlebih dahulu untuk menggunakannya, sehingga lebih menghemat ruang penyimpanan ponsel Anda.

2. Memberikan kemudahan pengguna

Tentu saja, setiap orang membutuhkan hal-hal yang membuat hidupnya lebih mudah, bukan? PWA merupakan solusi yang tepat untuk mengakses website, karena tidak terlalu rumit dan tidak membutuhkan proses yang lama, serta dapat diakses dari mobile tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu.

3. Meningkatkan trafik dan aktivitas website

Kecepatan pengembangan situs web tergantung pada sensitivitas mesin pencari menemukan situs web. Menggunakan PWA akan menghasilkan peningkatan lalu lintas dan aktivitas situs web, sehingga memudahkan mesin pencari menemukan Anda.

Karakteristik PWA

Berikut ini beberapa fitur PWA yang harus sobat ketahui.

1. Progresif

PWA dapat bekerja untuk setiap pengguna, Anda tahu teman saya! Jadi Anda tidak perlu iri dengan orang lain karena PWA dapat diakses oleh semua orang, tua atau muda, orang Indonesia atau orang Korea.

Semua orang dapat mengaksesnya tanpa perbedaan kecepatan. Perbedaan beban juga tidak akan menjadi masalah besar, karena PWA terus berkembang untuk peningkatan yang lebih baik.

2. Responsif

Fitur PWA berikutnya adalah responsif. PWA dapat bekerja dari perangkat apa pun, baik itu ponsel, tablet, atau laptop, Anda masih dapat mengakses PWA dan mereka akan terus berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Tidak bergantung dengan konektivitas

Anda tidak perlu khawatir jika berada di area yang jaringannya lemah, karena PWA merupakan koneksi kolaboratif yang akan tetap tersedia dengan bantuan operator layanan.

4. Selalu up to date

Hal lain yang tidak perlu Anda khawatirkan saat menggunakan PWA adalah Anda tidak akan ketinggalan zaman karena PWA selalu up to date dengan operator layanan.

5. Instalasi

Anda dapat menyimpan situs web yang Anda kunjungi di layar beranda ponsel Anda untuk mengakses PWA yang sering digunakan. Jadi Anda tidak perlu menginstal aplikasi baru lagi melalui App Store.

6. Terasa seperti aplikasi

PWA dirancang seperti aplikasi, jadi sepertinya Anda menggunakan aplikasi dari situs web Anda. Desain yang ditawarkan menampilkan interaksi dan gaya navigasi seperti yang biasa dilakukan aplikasi seluler.

7. Linkable

Jika Anda ingin membagikan PWA yang Anda gunakan dengan orang lain, Anda cukup mengirimkan URL yang tersedia tanpa menggunakan pengaturan yang rumit.

8. Mudah ditemukan

PWA adalah sistem yang menjadi klasifikasi aplikasi sehingga penyedia layanan dapat menemukannya dengan lebih mudah untuk mesin pencari.

Komponen PWA

Sama seperti orang membutuhkan orang lain untuk mempertahankan kinerja mereka, PWA memiliki komponen penting yang membantu alur kerja. Beberapa komponen penting dari PWA adalah:

1. Cache

Cache sering penuh dengan telepon. Namun, cache sebenarnya bisa menjadi sumber daya untuk dilihat aplikasi saat diakses secara offline. Cache meneruskan pekerja layanan, sehingga tampilan offline sama bagusnya dengan online.

2. Service worker

Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar tentang Javascript. Pekerja layanan ini ditulis dalam bahasa pemrograman dan dapat digunakan sebagai skrip di browser web. Jadi Anda masih dapat mengakses PWA secara offline atau hanya menyediakan sumber daya ke PWA.

3. Progressive enhancement

Pengembangan progresif adalah komponen yang siap memberikan hasil pendekatan pengembangan web Anda, sehingga Anda dapat menikmati fitur umum yang biasa ditemukan di browser.

4. Push notification

Pemberitahuan push adalah komponen yang menyediakan jendela pop-up untuk pemberitahuan dari situs web yang Anda kunjungi ketika pemberitahuan benar-benar diterima dari Internet.

5. PWA architecture style

Pendekatan Anda terhadap komponen ini akan memengaruhi kinerja situs web yang Anda gunakan, sehingga dapat memengaruhi backend situs web Anda.

Cara kerja Progressive Web App

Beginilah cara kerja PWA. Sebelum menggunakan aplikasi web Progresif, itu diakses melalui browser web dan oleh karena itu pekerja layanan tidak dibuat.

Di sini tugas shell aplikasi untuk terhubung ke situs web dan mendaftarkannya terlebih dahulu untuk membuat pekerja layanan. Ini akan terjadi secara otomatis dan Anda akan segera menginstal aplikasi.

Selanjutnya, shell aplikasi mulai memproses dengan cache untuk memberikan kinerja rendering offline terbaik dengan menyimpan sumber daya yang diperlukan. Ini mengatur navigasi situs untuk beberapa interaksi yang diperlukan.

Semua hal di atas dilakukan secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengunduh aplikasi, tetapi tetap memiliki fungsi dan tampilan yang sama dengan versi aplikasi di smartphone atau aplikasi web Anda.

Cara membuat Progressive Web App

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat PWA untuk situs web, berikut adalah beberapa metode praktis.

1. Pastikan Website sudah ready untuk PWA

Jika Anda ingin memeriksa apakah situs Anda siap PWA, Anda tidak memerlukan izin Google, tetapi Anda cukup menggunakan aplikasi Lighthouse untuk memeriksa ketersediaan situs Anda.

Juga, pastikan untuk menggunakan HTTPS karena PWA hanya dapat bekerja melalui koneksi yang aman. Mulailah dengan membeli sertifikat SSL, mendaftarkan domain, dan menyiapkannya dengan layanan hosting Anda.

2. Membuat Application Shell

Dapat dikatakan bahwa basis dari sebuah PWA adalah shell aplikasi, sehingga sebuah PWA sangat membutuhkannya untuk menjalankan proses tersebut. Shell aplikasi harus ada di setiap dokumen indeks HTML.

3. Mendaftarkan Service Worker

Pekerja di belakang layar PWA adalah pekerja layanan. Secara fungsional, service worker dapat mendengar berbagai referensi acara, seperti Get Events. Oleh karena itu, banyak fungsi dilakukan secara otomatis tanpa intervensi lebih lanjut, seperti pemberitahuan push.

4. Tambahkan Web App Manifest

Manifesto Aplikasi Web memberikan informasi tentang nama situs web dan penggunaan bentuk dan ukuran ikon. Kemudian Anda juga dapat melihat warna default, halaman beranda, orientasi layar, dan layar beranda yang pasti akan membuat aplikasi web Anda terlihat lebih cantik.

Yang terbaik adalah menempatkan manifes aplikasi web di tingkat terendah dari template sehingga terlihat oleh browser saat proses instalasi dimulai.

5. Deploy PWA

Setelah semuanya siap, langkah terakhir dalam membuat PWA adalah menginstal PWA yang ada. Ada banyak platform yang bisa dipilih, lho sobat!

Cara cek status Progressive Web App website

Akhirnya, Anda bertanya-tanya bagaimana cara memeriksa status PWA Anda? Menggunakan Google Chrome untuk memeriksa status PWA adalah sebagai berikut:

  • Pertama, klik kanan pada halaman web yang sedang Anda kunjungi dan tekan tombol “Periksa”.
  • Kedua, klik ikon pelajari lebih lanjut (>>) dan pilih bagian “Aplikasi”.
  • Ketiga, Anda bisa langsung mengecek bagian “Operator Layanan” dan melihat apakah warnanya hijau atau tidak.
  • Jika hijau, Anda dapat menggunakan PWA!

Demikianlah pembahasan tentang apa itu PWA, mulai dari karakteristik, komponen, fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Bagaimana sobat, apakah anda sudah siap menggunakan PWA di website anda?