Cara Membuat Server Teamspeak 3 Sendiri di Windows & CentOs

Cara Membuat Server Teamspeak–Teamspeak adalah salah satu alat komunikasi suara yang menggunakan Protokol Internet untuk menghubungkan pengguna dalam jaringan.

Jika Anda adalah pengguna Teamspeak, akan berguna untuk mengetahui cara membuat server Teamspeak 3 yang dapat didistribusikan. Yuk simak langkah-langkah di bawah ini!

Apa itu Teamspeak?

Sebelum mempelajari cara membangun server Teamspeak 3, apakah Anda sudah familiar dengan spesifikasi Teamspeak? Singkatnya, Teamspeak adalah program yang dirancang untuk menyediakan sarana bagi pengguna Internet untuk berkomunikasi secara simultan melalui suara antara satu orang dengan orang lain.

Teamspeak sudah biasa digunakan oleh para online gamers khususnya para penggiat e-sports, sob! Tentu saja, untuk komunikasi skala besar, Anda sangat membutuhkan media yang dapat menyalurkan informasi ke dalam audio agar lancar, dan Teamspeak adalah salah satu pilihan terbaik.

Jadi mengapa ada kebutuhan untuk program seperti itu di bisnis game internet karena begitu banyak orang ingin tahu cara membangun server Teamspeak 3? Alasannya sederhana karena selama permainan, pemain secara alami lebih fokus untuk menentukan strategi terbaik dan bergerak melawan musuh, terutama saat bermain dalam tim.

Jika Anda berkoordinasi melalui SMS, jelas dia akan sangat terganggu dan akan mengganggu konsentrasi para pemain nantinya, justru karena ingin berkomunikasi selama pertandingan. Oleh karena itu, dengan adanya penyebaran media seperti Teamspeak, selama permainan para pemain dapat berbicara dengan bebas dan berkonsentrasi pada permainan yang mereka mainkan.

Kekurangan dan Kelebihan Teamspeak

Walaupun banyak orang yang ingin tahu cara membuat server di Teamspeak 3, tentu saja selain mengetahui fungsinya secara menyeluruh, program ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, sehingga perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya.

Yuk simak kelebihan dan kekurangan Teamspeak!

1. Kekurangan Teamspeak

  • Salah satu alasan orang dipaksa untuk memahami arsitektur server Teamspeak 3 adalah karena jika tidak, Anda harus membayar penyedia program untuk layanan bandwidth saat Anda meng-host komunikasi Anda di lain waktu.
  • Misalnya, jika Anda senang dengan variasi dan variasi fitur obrolan teks, Teamspeak jelas bukan program yang tepat untuk Anda. Tampilan fungsi Teamspeak untuk obrolan teks sangat sederhana karena hanya menonjolkan fungsi audio.

2.   Kelebihan Teamspeak

  • Peran bandwidth di Teamspeak tampaknya tidak mempengaruhi kualitas program itu sendiri. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika interaksi audio Teamspeak lambat, karena koneksi Teamspeak umumnya stabil.
  • Kualitas suara Teamspeak sangat jernih dan jarang gagap, sehingga orang yang berkomunikasi melalui Teamspeak dapat mendengar suara lawan bicara tanpa hambatan.
  • Misalnya, jika Anda masih membutuhkan dukungan obrolan teks, Teamspeak menyediakan layanan dalam bentuk overlay. Kemudian nanti, sambil berbicara dengan suara, Anda juga bisa mengirim pesan ke lawan bicara untuk menyampaikan informasi yang diinginkan.

Teamspeak versus Discord

Jika Anda mengira Teamspeak adalah satu-satunya program di Internet yang berkomunikasi melalui suara, maka Anda salah, sobat. Pasalnya, saat ini program Voice Over Internet Protocol (VoIP) lainnya, yakni Discord, kerap memperebutkan kualitas Teamspeak.

Discord adalah sarana komunikasi yang sama dengan Teamspeak dan penggunanya didominasi oleh pemain. Tujuan dari pembuatan Discord sendiri adalah untuk dapat membuat komunitas online. Tapi apa perbedaan antara Teamspeak dan Discord, kawan?

1.    Fitur

Salah satu perbedaan paling jelas antara Teamspeak dan Discord adalah ketersediaan bot. Jika bot dapat membantu mengaktifkan fitur tertentu di Discord, Anda tidak akan menemukannya di Teamspeak.

Server yang digunakan di Teamspeak dibayar karena Anda harus bergabung dengan server yang ditentukan jika Anda tidak tahu cara membuat server Teamspeak 3 saat Discord gratis.

Fungsi yang ditawarkan oleh Discord juga lebih bervariasi, seperti mengirim gambar, video, atau berkomunikasi melalui panggilan video. Sedangkan fitur Teamspeak lebih terbatas dan terkesan sederhana.

2.    Penerapan Bandwidth

Salah satu kelemahan Discord adalah koneksi yang sering tidak stabil dan dipengaruhi oleh kualitas bandwidth.

Hal ini sebenarnya menjadi keuntungan dari Teamspeak karena tidak terlalu mengandalkan bandwidth untuk memastikan kualitas komunikasi yang lancar dan tentunya menghemat penggunaan internet karena jauh lebih ringan dari Discord.

3.    Penggunaan Room

Kamar di Discord sebagian besar digunakan dalam mode pribadi, sedangkan di Teamspeak jauh lebih mudah untuk mengakses kamar karena bersifat publik.

Cara Menggunakan Teamspeak

Jika belum tahu cara membuat server di Teamspeak 3, pelajari dulu cara menggunakannya, agar nanti saat ingin menerapkan cara membuat server Teamspeak bisa langsung digunakan.

Berikut cara menggunakannya.

  • Kunjungi situs web Teamspeak dan pilih “unduh gratis” jika Anda menggunakan sistem operasi (OS) Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi selain Windows, Anda tetap dapat mengunduhnya, tetapi jangan lupa untuk memilih “unduhan lain” terlebih dahulu, oke!
  • Apakah Anda mengunduhnya dengan benar? Bagus! Sekarang saatnya untuk mengaturnya di wizard dan yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat akun dengan alamat email dan kata sandi Anda.
  • Lakukan beberapa pengaturan pada server yang akan Anda gunakan nanti, seperti aktivasi mikrofon, nama server, overlay dan volume naik atau turun.
  • Jalankan server teamspeak sesuai kebutuhan Anda.

Cara Membuat Server Teamspeak 3

Jika Anda suka menggunakan Teamspeak sebagai sarana obrolan suara dengan orang lain, daripada membayar untuk menggunakan model server yang disediakan oleh Teamspeak, bagaimana kalau membuat sendiri?

Sekarang! Berikut beberapa cara membuat server Teamspeak 3 yang bisa Anda terapkan di dua sistem operasi yaitu Windows dan CentOS. Ingin tahu cara membuat server di Teamspeak 3? Cobalah langkah-langkah sederhana di bawah ini!

  1. Cara membuat server teamspeak 3 di windows

  • Kunjungi situs web teamspeak dan mulai mengunduh perangkat lunak klien dan server. Untuk mempermudah, Anda bisa mendapatkannya di sini: https://www.teamspeak.com/en/downloads/
  • Ada dua jenis bit yang dapat dipilih: ukuran 32-bit dan 64-bit. Sesuaikan dengan kapasitas komputer atau laptop kamu, sob!
  • Instal klien, lalu ekstrak file ke server Teamspeak 3 dan klik OK.
  • Selanjutnya, Anda akan menerima token administrasi server yang dapat Anda salin dan tempel ke tabel khusus yang berfungsi sebagai otentikasi.
  • Senang! Anda sudah memiliki koneksi dan Anda sudah terhubung ke internet.
  1. Cara membuat server teamspeak 3 di CentOS

  • Pertama, nonaktifkan SELinux di server CentOS dengan mengubah nano /etc/selinux/config menjadi SELINUX=disable.
  • Setelah melalui proses penonaktifan, saatnya menginstal beberapa dependensi di server, terutama dengan mengetik dnf install nano wget perl tar net-tools bzip2.
  • Mari mulai mengimplementasikan pembuatan server di teamspeak 3 melalui CentOS. Caranya adalah dengan mengaktifkan perintah adduser teamspeak -d/opt/teamspeak.
  • Untuk memperbarui, unduh versi terbaru Teamspeak 3 dengan mengetik wget: http://dl.4players.de/ts/releases/3.8.0/teamspeak3-server_linux_amd64-3.8.0.tar.bz2.
  • Lanjutkan dengan mengetik tar xvf teamspeak3-server_linux_amd64-3.8.0.tar.bz2 untuk memproses ekstrak.
  • Ubah nama lisensi data yang diekstrak dengan mengetikkan touch /opt/teamspeak/.ts3server_license_accepted.
  • Melanjutkan, tambahkan chown -R teamspeak: / opt / teamspeak untuk mengubah pemilik dari perspektif direktori.
  • Buat file pekerjaan untuk memungkinkan layanan sistem mengelola layanan dalam TeamSpeak dengan mudah. Anda dapat melakukannya dengan mengetikkan nano /lib/systemd/system/teamspeak.service.
  • Agak panjang tapi jangan lupa masukkan perintah ini ya!

[Unit]

Description=Team Speak 3 Server

After=network.target

[Service]

WorkingDirectory=/opt/teamspeak/

User=teamspeak

Group=teamspeak

Type=forking

ExecStart=/opt/teamspeak/ts3server_startscript.sh start inifile=ts3server.ini

ExecStop=/opt/teamspeak/ts3server_startscript.sh stop

PIDFile=/opt/teamspeak/ts3server.pid

RestartSec=15

Restart=always

[Install]

WantedBy=multi-user.target

  • Muat ulang daemon systemd dengan systemctl –system daemon-reload.
  • Aktifkan Teamspeak dengan memasukkan perintah program:

systemctl start teamspeak

systemctl enable teamspeak

Demikian penjelasan tentang cara membuat server Teamspeak 3 untuk Anda coba. Ikuti semua langkah seperti yang diarahkan ya.