Sifat Kemagnetan Sebuah Magnet Tidak Akan Hilang Apabila Magnet Tersebut

Sifat Kemagnetan Sebuah Magnet Tidak Akan Hilang Apabila Magnet Tersebut

Sifat kemagnetan sebuah magnet tidak akan hilang apabila magnet tersebut digosokkan pada batang besi. Pernyataan yang benar adalah pernyataan C.

Mencari jarum yang jatuh akan memakan waktu dengan tangan tentunya akan memakan waktu yang lama, bahkan jika kita bisa menebak dimana jatuhnya pasti akan sulit. Coba gunakan magnet. Caranya, dekatkan magnet ke permukaan lantai dan logam seperti jarum akan tertarik ke magnet. Proses pencarian juga akan lebih mudah.

Pernahkah Anda memperhatikan pengumpul paku di jalan? Mereka juga menggunakan sebatang kayu yang ujungnya ditempelkan magnet sehingga tinggal mengikis jalan dan menempelkan semua besi termasuk paku yang kemudian akan diambil.

Mengapa magnet dapat menarik logam? Bisakah semua logam ditarik? Bisakah kita membuat magnet? Bisakah sifat magnetik dihilangkan? Mari kita lihat lebih dekat kekuatan magnet

Pembahasan

Ciri utama magnet adalah dapat menarik benda besi. Besi atau baja memiliki magnet, magnet elementer yang berantakan. Jika magnet unsur ini dibuat sedemikian rupa sehingga susunannya menjadi searah, maka akan menjadi magnet besi atau baja.

Magnet dapat dibuat dengan cara:

  • Penggosokan. Sebuah magnet berulang kali digosok dengan arah yang sama pada batang besi atau baja.
  • Induksi. Sebuah magnet diinduksi atau didekatkan dengan besi atau baja, maka besi atau baja tersebut menjadi magnet, tetapi ketika magnet dilepas, sifat kemagnetan besi atau baja tersebut hilang.
  • Elektromagnet atau arus searah bersirkulasi. Besi dililitkan pada kawat kemudian dihubungkan ke sumber DC, besi menjadi magnet, tetapi ketika listrik dihilangkan, besi kehilangan kemagnetannya.

Sebuah magnet akan kehilangan sifat kemagnetannya jika:

  • Magnet dibakar atau dipanaskan.
  • berdetak – berdetak.
  • membawa listrik arus bolak-balik (AC).

Diketahui:

Soal tidak lengkap, harus disertai dengan pilihan pilihan ganda

A. Dipanaskan.

B. Dipukul-pukul.

C. Gosokkan pada batang besi.

D. Arus bolak-balik mengalir.

Ditanyakan:

Sifat kemagnetan akan hilang jika ?

Penjelasan:

Ketika sebuah magnet digosokkan pada sebatang besi, besi tersebut menjadi magnet. Kemagnetan suatu magnet tidak hilang jika magnet digosokkan pada batang besi. Pernyataan yang benar adalah pernyataan C.