Teks Nonfiksi Memiliki Sifat

Teks Nonfiksi Memiliki Sifat

Teks nonfiksi memiliki sifat yang INFORMATIF (A). Informatif dalam hal ini maksudnya kaya akan informasi yang sumbernya fakta bukan imajnasi.

Teks nonfiksi memiliki ciri yang tidak terdapat pada teks fiksi, salah satunya adalah tidak direkayasa karena penulisannya berdasarkan data dan kejadian nyata.
Selain itu, umumnya teks nonfiksi memiliki sifat informasional. Intinya adalah untuk dapat memberikan informasi tentang isi teks. Apa sajakah sifat lain dari teks nonfiksi?
fitur teks nonfiksi bahasa indonesia

Teks nonfiksi adalah teks yang berdasarkan kisah nyata dan dibuat berdasarkan fakta yang ada atau tanpa gimmick. Tentu sangat berbeda dengan karya fiksi seperti dongeng, cerpen atau novel.

Dalam teks nonfiksi, Anda tidak akan menemukan teks khayalan atau fiksi yang ditulis oleh pengarang. Karena teks yang dihasilkan berdasarkan fakta dan bersifat objektif. Agar kamu lebih paham tentang teks nonfiksi, berikut ciri-ciri teks nonfiksi yang bisa kamu pelajari.

Pembahasan

Secara umum jenis teks dibagi menjadi dua yakni:

  1. TEKS NONFIKSI, ditulis berdasarkan fakta atau kejadian nyata, memuat sejumlah informasi untuk pembaca.
  2. TEKS FIKSI, ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan penulis sehingga sifatnya rekaan.

Contoh teks nonfiksi ini antara lain teks berita, biografi, karya tulis ilmiah, artikel feature dan masih banyak lagi lainnya. Sementara teks fiksi yang sifatnya adalah imajinatif, khayalan dan fantasi ini contohnya cerpen, novel, puisi, dongen, fabel, cerita rakyat dan masih banyak lagi lainnya.