Cara Mengaktifkan verifikasi Dua Langkah Whatsapp

liputanberitaku.com– Seringnya terjadi peretasan akun Whatsapp karena kelalaian pengguna dalam memasukkan kode OTP Whatsapp, namun ada cara pasti untuk menindak pelaku kejahatan yaitu dengan mengaktifkan fungsi verifikasi dua langkah di pengaturan Whatsapp.

Metode ini juga dikonfirmasi oleh pakar keamanan oleh Pratama Persadha, presiden Cyber ​​Research Institute of the Communication Research and Information System Security Research Center (CISSReC) Indonesia.

Dia mengatakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk akun whatapp adalah cara terbaik untuk melindungi akun dari serangan Hacker.

Pratama menambahkan, jika cara ini tidak diterapkan, peretas bisa dengan mudah masuk ke akun Whatsapp dan biasanya langsung mengaktifkan fitur verifikasi  dua langkah dengan mengubah alamat email. Agar pemegang akun WA tidak bisa lagi login ke dalam Wa-nya.

 

Cara Aktifkan verifikasi WhatsApp dua langkah

Berikut cara mengaktifkan fitur keamanan verifikasi dua langkah di WhatsApp:

  • Langkah pertama buka aplikasi Whatsapp, lalu pilih ikon 3 titik di pojok kanan atas dan pilih “Pengaturan”
  • Kemudian pilih menu “Akun / Account” dan pilih “Otentikasi Dua Langkah / Verivikasi Dua Langkah” lagi.
  • Ketuk tombol “Aktifkan / Enable” untuk mengaktifkan fungsi keamanan
  • Kemudian buat kombinasi PIN 6 digit yang Anda pilih sesuka Anda dan tentunya mudah diingat.
  • Whatsapp juga meminta Anda untuk menambahkan alamat email yang terhubung ke Whatsapp, yang nantinya akan berfungsi sebagai kontrol ketika Anda ingin mengubah PIN yang dibuat sebelumnya (atau bisa juga jika Anda lupa PIN lalu mengirimkannya ke email saat Anda mereset kode) .

Jika Anda ingin mengaktifkan fitur ini, Anda juga perlu mengingat PIN 6 digit yang Anda buat sebelumnya, walaupun ada menu yang lupa kata sandi / PIN Anda, tetapi hanya membuang-buang waktu. Oleh karena itu, yang terbaik adalah selalu mengingat atau mengingat.