hit counter

Jelaskan Latar Belakang Kerjasama Asean

Jelaskan Latar Belakang Kerjasama Asean

Latar Belakang Kerjasama ASEAN yaitu pemenuhan kebutuhan rakyatnya serta untuk kepentingan dari negara – negara tersebut. Mempunyai kedekatan wilayah satu dengan lain serta perbedaan sumber daya yang dimiliki merupakan salah satu faktor penting adanya kerja sama antara negara di ASEAN.

Kerja sama adalah upaya individu, kelompok, dan negara untuk mencapai kepentingan bersama. Dengan kerjasama tentunya seseorang, suatu kelompok atau suatu negara dapat memuaskan kepentingannya. Karena pada hakekatnya hal ini bermula dari kenyataan bahwa mereka tidak dapat saling memenuhi kebutuhannya. Kerjasama skala besar adalah kerjasama internasional antara satu negara dengan negara lain. Untuk tujuan memenuhi kebutuhan penduduknya dan kepentingan negara tersebut.

Tentu saja, adanya kerjasama tersebut membawa manfaat bagi semua negara. Baik dalam hal penyelesaian masalah maupun dalam membentuk lembaga formal yang mengatur berjalannya kerjasama dengan baik. Sebagai kawasan yang memiliki nilai geopolitik dan geoekonomi yang strategis, negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) merasa sangat perlu untuk membangun rasa saling percaya tanpa rasa curiga di antara mereka, yang kemudian membawa hasil positif melalui pertemuan tersebut. – Rapat intensif, mis. ekspresi keinginan untuk hidup sebagai tetangga dan mengejar kemitraan yang bermanfaat.

Apa latar belakang kerjasama di bidang politik ASEAN?

Secara umum, alasan kerjasama politik antar negara ASEAN adalah untuk menciptakan stabilitas, keamanan, dan perdamaian di antara negara anggota ASEAN. Hal ini sejalan dengan tujuan didirikannya negara ASEAN ini sebagaimana tertuang dalam Deklarasi Bangkok.

Apa saja bentuk kerjasama ASEAN di bidang sosial dan budaya?

Berikut beberapa kerjasama sosial dan budaya ASEAN: – Membantu negara-negara yang terkena bencana. – Organisasi program pertukaran budaya dan seni dan festival film ASEAN. – Menyelenggarakan festival olahraga setiap dua tahun sekali melalui SEA Games.