Cara Umbi Batang Berkembang Biak

Cara Berkembang Biak Umbi Batang–Alasan mengapa umbi batang bisa digunakan dalam proses perkembangbiakan karena pada umbi batang terdapat mata tunas yang dalam kondisi mendukung bisa tumbuh menjadi tunas yang selanjutnya akan berkembang jadi individu baru. Umbi batang adalah modifikasi batang pada tumbuhan. Pada umbi batang, tumbuhan menyimpan cadangan makanan utamanya zat tepung.

Umbi merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dijumpai di sekitar kita. Cara perbanyakan tanaman akar tentu saja vegetatif. Seperti yang kita ketahui, ada dua jenis reproduksi yaitu vegetatif dan generatif. Tumbuhan generatif berkembang biak dengan kawin atau penyerbukan bunga. Tumbuhan vegetatif bereproduksi tanpa perkawinan. Jenis perkembangbiakan ini dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

Cara Berkembang Biak Umbi Batang

Pembahasan

Tumbuhan memiliki sifat khusus yang disebut totipotensi. Totipotensi dapat didefinisikan sebagai kemampuan sel atau jaringan tubuh tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang menjadi tumbuhan baru dengan sifat yang sama dengan induknya. Sifat totipoten ini terjadi karena sel atau jaringan tumbuhan memiliki sifat metabolik. Contoh bagian tanaman yang memiliki sifat totipoten adalah umbinya. Dengan demikian, umbinya dapat digunakan oleh tanaman saat bereproduksi secara aseksual.

Umbi didefinisikan sebagai organ tanaman yang terbentuk sebagai hasil modifikasi. Modifikasi ini berarti terjadi perubahan fungsi organ tumbuhan yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk dan ukuran. Umbi sendiri dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Umbi batang adalah umbi pada tumbuhan yang terbentuk sebagai hasil modifikasi batang. Contoh umbi-umbian adalah kentang, talas, suweg dan lain-lain.
  • Umbi lapis merupakan jenis umbi yang terbentuk akibat pergantian daun. Daun tanaman bergerombol dengan baik dan kemudian tumbuh lebih besar karena tanaman menyimpan cairan di dalam daun. Umbi ini agak berbeda dengan umbi akar dan batang yang menyimpan pati tidak cair. Contoh tumbuhan berumbi atau berumbi adalah tumbuhan berumbi seperti bawang merah, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain.
  • Umbi akar, merupakan umbi hasil modifikasi akar. Akar kemudian berubah bentuk dan ukurannya karena digunakan untuk menyimpan persediaan makanan. Contoh umbi akar antara lain bengkuang, wortel, tumbuhan berbunga dahlia, dan masih banyak lagi.