Manfaat Sosial Ekonomi Terumbu Karang Adalah

Manfaat Sosial Ekonomi Terumbu Karang Adalah

Pada artikel ini Mari kita bahas Apa Manfaat Sosial Ekonomi Terumbu Karang Adalah

Berikut manfaat sosial ekonomi terumbu karang :

  • Dapat digunakan sebagai tempat berkembangbiaknya ikan, pada umumnya terumbu karang sering digunakan oleh hewan laut untuk berkembang biak dan mempertahankan hidupnya.
  • Dapat digunakan sebagai sumber makanan bagi hewan laut, terumbu karang biasanya dimanfaatkan oleh hewan laut untuk cadangan makanan.
  • Dapat digunakan sebagai sumber devisa negara, selain bermanfaat untuk hewan laut terumbu karang juga bermanfaat bagi manusia untuk diolah dan dapat diekspor ke luar negeri.
  • Dapat diguanakan untuk membuat makanan, biasanya seorang yang kreatif akan menggunakan apapun untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat.

Pembahasan

Terumbu karang merupakan sekumpulan hewan karang yang biasanya bersimbiosis dengan jenis tumbuhan alga yang biasa disebut dengan zooxanthellae. Pada umumnya terumbu karang terdapat pada pinggiran pantai atau daerah yang terpapar cahaya matahari dan kurang lebih berada pada 50 m dibawah permukaan laut. Namun ada juga terumbu karang yang hidup di dalam laut karena tidak membutuhkan cahaya matahari untuk kehidupannya.

Terumbu karang biasanya berkembang biak di lingkungan yang baik dan membutuhkan lingkungan. Yang memiliki kondisi lingkungan hidup yang maksimal pada suhu 20 derajat celcius. Alga melakukan fotosintesis untuk menambah produksi kalsium karbonat dengan cara menghilangkan karbon dioksida dan kemudian merangsang rekasi kimia.