Kata Kerja Imperatif Pada Teks Prosedur

Temukan Kata Kerja Imperatif Pada Teks Prosedur Diatas

Kata kerja imperatif dalam teks prosedur Kiat Berwawancara adalah dipahami, berbicara, perhatikan, menanyakan, mencoba, melakukan, pastikan, menampilkan, hindari, cobalah, ceritakanlah, hindari, jadilah, tunjukkan, dan gunakanlah.

Mengutip modul pembelajaran bahasa Indonesia kelas 11 Kemendikbud, teks prosedur adalah teks yang memuat langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan suatu kegiatan atau tindakan. Penyusunan memerlukan pemahaman kaidah kebahasaan teks prosedur.

Tujuan dari procedure text adalah pengantar, sedangkan fase pembelajaran berisi urutan kegiatan yang akan dilakukan. Interpretasi atau kesimpulan dalam teks prosedur tidak wajib.

Memiliki aturan kebahasaannya sendiri. Ciri-ciri umum teks aturan prosedur linguistik adalah penggunaan kata kerja imperatif, kata teknis, kata sambung tambahan, pernyataan persuasif, deskripsi perangkat, dan kata kerja aktif. Berikut penjelasannya.

6 Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

1. Kata Kerja Imperatif
Perintah dibentuk dengan akhiran -kan, -i, dan partikel -lah. Kalimat imperatif berisi perintah, imbauan, atau larangan yang diakhiri dengan tanda seru (!) di akhir kalimat.

2. Kata Teknis
Teks prosedur menggunakan banyak kata teknis yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Kata teknis atau terminologi adalah kata yang memiliki arti khusus dalam bidang studi. Ketika teks prosedur membahas topik komunikasi, istilah komunikasi seperti kontak mata, pewawancara, verbal, nonverbal, bahasa tubuh, dan negosiasi akan digunakan sebagai kata teknis.

3. Konjungsi Penambahan
Konjungsi bermakna tambahan yang diberikan untuk menggabungkan kalimat sederhana menjadi kalimat kompleks. Contoh dari konjungsi penambahan seperti selain itu, pun, kemudian, selanjutnya, oleh karena itu, lalu, setelah itu, dan di samping itu.

4. Pernyataan Persuasif
Kalimat ajakan kepada satu orang atau lebih. Selain berisi ajakan, pernyataan persuasif yang menarik juga memuat permintaan dan imbauan, seperti: ‘Penting juga untuk menggunakan kata-kata yang baik’ dan ‘Singkatnya, akan lebih baik jika kita bisa menunjukkan sikap antusias baik secara verbal maupun nonverbal’.

5. Deskripsi Alat
Jika teks prosedur berisi resep dan petunjuk penggunaan alat, kalimat dalam teks memberikan deskripsi rinci tentang objek dan alat yang digunakan, seperti ukuran, jumlah, dan warna.

6. Memakai Kata Kerja Aktif
Menggunakan kata kerja aktif seperti kata memasak, membungkus, dan semacamnya.

Pembahasan

Kata kerja yang memberikan instruksi atau perintah dari pembicara kepada lawan bicara untuk melakukan suatu tindakan atau tugas, seperti yang ditunjukkan pada kata dasar dari kata kerja tersebut.

Dapat ditemukan dalam berbagai teks. Salah satunya adalah teks prosedur. Dalam bahasa Indonesia, procedural text adalah teks yang menunjukkan tahapan-tahapan dalam melakukan suatu tindakan atau tugas.