Resume Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Buatlah Resume Tentang Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia. Hal ini berarti setiap bagian dari bangsa Indonesia menggunakan Pancasila sebagai panduan dalam menjalani kehidupan, termasuk dalam bertindak, bersikap, berfikir, dan bertutur kata.

CV adalah esai panjang atau ringkasan atau ringkasan berdasarkan esai. Resume dibuat dengan hanya mencantumkan bagian utama atau penting saja. Oleh karena itu, isi kurikulum tidak berbeda dengan pokok pikiran teks aslinya.

Mengutip Kerangka Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21 oleh R. Samidi dkk., kurikulum dapat diartikan sebagai rangkuman atau rangkuman dari suatu bacaan atau pengalaman, dengan menggunakan kata-kata sesedikit mungkin. Resume dibuat dengan cara baru namun lebih efisien.

Resume adalah cara yang efektif untuk menjelaskan informasi agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Misalnya, otobiografi untuk buku fiksi hanya menyajikan garis besar cerita. Hal ini memungkinkan pembaca untuk memahami isi buku tanpa harus membacanya secara menyeluruh.

CV juga sering digunakan dalam dunia pendidikan. Tugasnya menjaga agar materi yang disampaikan tetap terkonsentrasi dan tidak tersebar kemana-mana. Kurikulum ini dapat dijadikan sebagai bahan pelajaran bagi siswa ketika mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian di sekolah. Hal ini karena materi sudah tersaring dan hanya berisi hal-hal yang hakiki saja, sehingga memudahkan siswa untuk menghafal.

Pembahasan

Pada kesempatan kali ini, pertanyaan tersebut meminta jawaban atas beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan Pancasila. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini di bawah ini.

Jawaban

  1. Pancasila memiliki kedudukan dan fungsi sebagai dasar negara Indonesia. Hal ini berarti Pancasila digunakan sebagai landasan oleh seluruh elemen masyarakat dan pemerintah Indonesia dalam menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk dalam menjalankan tugas pemerintahan.
  2. Jawaban pertanyaan
  • Arti Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah pertama-tama sebagai jati diri. Pancasila meresap dalam diri setiap bangsa Indonesia karena Pancasila lahir dari budaya dan sejarah bangsa Indonesia, sehingga setiap manusia Indonesia sejatinya mengandung seluruh nilai yang terdapat dalam Pancasila.
  • Fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah sebagai pandangan hidup, yaitu seperangkat nilai yang dijadikan panduan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  • Para pendiri negara yang merumuskan Pancasila adalah Ir. Soekarno.
  • Fungsi Pancasila bagi kehidupan bernegara adalah Pancasila menyajikan seperangkat norma bagi para aparat pemerintah dalam menjalankan tugas pemerintahan, termasuk dalam menyatakan diri sebagai bangsa yang merdeka dan independen serta berkualitas dalam tatanan pergaulan global.