Pukulan Smash Dilakukan Pada Saat Bola

Pukulan Smash Dilakukan Pada Saat Bola– Pada olahraga bola voli, pukulan smash dilakukan pada saat bola berada pada jangkauan lengan smasher yang tertinggi. Jika pada posisi tersebut, pukulan smash akan menghasilkan kecepatan yang maksimal.

Menurut Iwan Kristianto (2003), smash merupakan pukulan keras yang biasanya mematikan karena bola sulit dibendung atau dikembalikan. Sementara itu, menurut M. Mariyanto (2006), smash adalah suatu pukulan yang kuat di mana tangan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas.

Jika ingin menghasilkan pukulan smash yang maksimal, dibutuhkan latihan yang rutin bagi seorang spiker/smasher. Ketepatan lompatan dengan posisi turunnya bola menjadi faktor utama keberhasilan dari sebuah pukulan smash. Berikut penjelasan pukulan smash dilakukan pada saat bola berada di posisi ini.

Dalam olahraga berbasis net, senjata utama untuk mencetak poin adalah gerakan smash. Smash adalah gerakan memukul dan menusuk bola dengan kecepatan tinggi. Sehingga menghasilkan bola yang bergerak cepat dan cepat, seringkali membuat lawan sulit untuk didahului.

Penjelasan:

Untuk melakukan pukulan smash, diperlukan sebuah gerakan arah bola yang melambung, baik di sisi kiri, kanan ataupun tepat diatas kita. Di saat bola melambung inilah, kesempatan kita untuk melakukan smash harus dimaksimalkan. Berikut ini ada sejumlah tips untuk melakukan smash mematikan untuk sejumlah cabor yang menggunakan net.

  • Bulutangkis : Saat melakukan smash, baik dari sisi dekat net ataupun sisi jauh, usahakan tempatkan bola di area yang jauh dari jangkauan lawan atau arahkan pukulan smash ke bagian badan lawan yang umumnya membuat lawan sedikit kelabakan.
  • Tennis : kurang lebih tak jauh berbeda dengan bulutangkis namun karena tennis menggunakan bola yang memungkinkan terjadinya pantulan yang dapat lebih mudah diantisipasi lawan jika masih dalam jangkaun pemain lawan, maka smash yang ideal adalah menempatkan bola smash ke titik-titik yang mendekati garis luar sehingga lebih sulit bagi lawan untuk mengembalikan bola.
  • Bola Voli: untuk cabang ini, pukulan smash terbaik adalah pukulan yang tajam mengarah pada area pertahanan lawan yang kosong atau dekat dengan garis batas luar.