Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila

Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila– Warga yang baik, yang setia kepada nusa dan bangsa, adalah yang mempelajari dan mengamalkan pancasila. Mengapa? karena pada dasarnya pancasila adalah pandangan hidup bangsa dan juga sebagai dasar filsafat negara.

Itulah mengapa pancasila perlu untuk kita amalkan, sebab dengan mengamalkannyalah maka sudah barang tentu. Kita sebagai warga negara bertekad untuk menjaga bangsa Indonesia untuk terus berdiri dan maju kedepan.

Sebab salah satu unsur terbentuknya suatu negara dan bangsa adalah memiliki pandangan hidup atau dasar negara. Kita semua warga negara wajib mengamalkan pancasila sbagai pegangan bersama.

Mengamalkan pancasila diperlukan, tidak hanya ketika kondisi aman-aman saja. Melainkan dalam mengamankan pancasila juga perlu kita lakukan ketika negara sedang dalam kondisi terancam.

Alasan mengapa kita harus mengamalkan Pancasila adalah karena Pancasila merupakan dasar negara Indonesia, menjadi sumber nilai juga sumber moral bagi masyarakat juga bagi pemerintah dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pembahasan

Pada tiap sila dari Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang digali langsung dari kebudayaan bangsa Indonesia. Dengan demikian, nilai-nilai yang ada pada masing-masing sila pancasila ini bukan hal yang baru melainkan adalah bagian dari identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Oleh sebab itu maka tentu bukan hal yang sulit mengamalkan nilai-nilai luhur tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila pancasila antara lain adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai kerakyatan, nilai keadilan dan nilai persatuan dan kesatuan.