Keutamaan Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadan

Keutamaan Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadan–Tadarus Al-Qur’an adalah kegiatan yang mempelajari atau mengkaji bacaan dan kandungan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Amalan ini dilakukan tidak hanya pada bulan Ramadhan saja tetapi juga pada hari-hari biasa setelah melaksanakan shalat.

Mempelajari kandungan ayat-ayat suci Alquran tentu sangat bermanfaat. Orang yang mendengarkan bacaan Al-Qur’an juga mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang membacanya, sebagaimana firman Allah dalam Surat Al-A’raf ayat 204 yang berbunyi:

Artinya: “Dan ketika Al-Qur’an dibacakan, dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.”

Perlu kita ketahui manfaat tadarus Al-Quran ini adalah melakukan senam ini dengan lebih semangat. Melalui belajar yang rajin kita mendekati Allah SWT.

Rosululloh SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca satu huruf saja dari kitab Allah, maka seseorang akan menerima kebaikan satu kali. Namun setiap kebaikan akan dibalas sepuluh kali lipat.” (HR. Tirmidzi)

Tadarus Al-Quran masih memiliki banyak keunggulan yang belum banyak diketahui. Setelah peluncuran Kedahsyatan Bacaan Al-Qur’an oleh Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari, berikut 5 manfaat tajwid Al-Qur’an.

 

Hikmah melakukan tadarus Al-Quran ada banyak, tiga di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan kemuliaan dan keutamaan pahala di sisi Alah SWT, apabila dilaksanakan pada bulan Ramadhan maka pahala ini jumlahnya berlipat ganda.
  2. Kelak mereka yang rajin membaca Quran akan mendapatkan syafaat di akhirat.
  3. Tadarus mendekatkan diri pada Allah SWT dan menjadikan seseorang manusia terbaik di antaranya sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadis bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang mempelajari Quran juga mengajarkannya.

Pembahasan

Tadarus sendiri diartikan sebagai suatu kegiatan dalam membaca ayat-ayat suci Al-Quran secara bersama-sama (bermajelis) yang umumnya dilaksanakan pada bulan Ramadhan.

Disebutkan bahwa kata Tadarus mengakar pada kata-kata dalam bahasa arab yakni Darasa dan Yudrusu yang artinya antara lain adalah mempelajari, meneliti, mengkaji, menarik pelajaran atau hikmah dan semacamnya.