Nama Negara dan Nama Ibukota dan Luas wilayah

Nama Negara, Nama Ibukota dan Luas wilayah–Indonesia adalah negara kesatuan berbentuk republik[1] dengan 38 ibu kota provinsi. Walaupun istilah ibu kota menggunakan kata kota, pada kenyataannya tidak semua ibu kota provinsi di Indonesia adalah kota. Ini terjadi di ibu kota negara, Jakarta, yang merupakan ibu kota provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) dan merupakan provinsi DKI Jakarta. Selain itu, beberapa provinsi lainnya memiliki ibu kota provinsi yang bukan kota, yaitu Sulawesi Barat, Papua Barat, Dataran Tinggi, Papua Selatan, dan Papua Tengah yang beribukota kabupaten, Kalimantan Utara yang beribukota kabupaten, dan Maluku Utara, yang beribukota di kecamatan.

Sepanjang sejarah berdirinya Indonesia, ibu kota negara telah beberapa kali direlokasi, seperti yang terjadi di Maluku Utara, dicontohkan dengan pemindahan ibu kota dari Ternate ke Sofifi pada tahun 2010. Pengalihan ini terjadi karena dasar hukum Maluku Utara, menurut UU 46 Tahun 1999, ibukota Maluku Utara adalah Sofifi.[9] Namun karena keterbatasan infrastruktur Sofifi, Sofifi menjadi ibu kota sementara Ternate.[10] Provinsi Kalimantan Barat juga berencana memindahkan ibu kotanya dari Pontianak dengan melakukan studi kelayakan.Selanjutnya, ada upaya untuk memindahkan ibu kota Maluku dari Ambon ke Makariki, namun tidak terwujud.

Jakarta, yang berfungsi sebagai ibu kota provinsi DKI Jakarta[3] dan negara[2], merupakan ibu kota provinsi terbesar di Indonesia dengan jumlah penduduk 10.177.924 pada tahun 2015, sedangkan ibu kota terkecil adalah Sophie. populasinya pada tahun 2013 adalah 1.783.[15] Secara geografis, ibu kota terbesar Indonesia adalah Mamuju dengan luas 5.064,19 km², sedangkan yang terkecil juga Sofifi dengan luas 20,98 km².

Nama Negara dan Nama Ibukota dan Luas wilayah

Nama negarayang ada di benua Eropa beserta ibu kota dan luas wilayah dari negara tersebut adalah:

  • Belanda yang memiliki ibu kota negara yaitu Amsterdam dengan luas wilayah 41.543 km².
  • Belgia yang memiliki ibu kota negara yaitu Brussels dengan luas wilayah 30.528 km².
  • Bulgaria yang memiliki ibu kota negara yaitu Sofia dengan luas wilayah 110.879 km².
  • Denmark yang memiliki ibu kota negara yaitu Copenhagen dengan luas wilayah 2.210.000 km².
  • Finlandia yang memiliki ibu kota negara yaitu Helsinki dengan luas wilayah 338.145 km².
  • Georgia yang memiliki ibu kota negara yaitu Tbilisi dengan luas wilayah 69.700 km².
  • Hungaria yang memiliki ibu kota negara yaitu Budapest dengan luas wilayah 93.028 km².
  • Irlandia yang memiliki ibu kota negara yaitu Dublin dengan luas wilayah 70.273 km².

Pembahasan

Benua Eropa adalah salah satu benua yang ada di dunia. Selain yang disebutkan di atas, ada banyak negara di benua Eropa. Ada lebih dari 40 negara di Eropa.