Ebonit Digosok Dengan Kain Wol

Ebonit Digosok Dengan Kain Wol–Jenis muatan pada sebuah ebonit yang digosok dengan kain woladalah muatan listrik negatifElektron pada kain wol akan berpindah ke ebonit sehingga ebonit akan menerima kelebihan elektron.

Pembahasan

Secara umum, semua benda memiliki muatan netral. Muatan netral bukan berarti tidak bermuatan listrik. Muatan netral berarti jumlah elektron yang bermuatan negatif sama dengan jumlah proton yang bermuatan positif. Karena jumlah muatan positif dan negatifnya sama, benda tersebut menjadi bermuatan netral.

Ketika dua benda digosok bersama, elektron ditransfer. Akibatnya, benda dapat menjadi bermuatan listrik.

 

  • Bila jumlah elektron lebih banyak dari jumlah proton, benda akan bermuatan listrik negatif.
  • Bila jumlah proton lebih banyak dari jumlah elektron, benda akan bermuatan listrik positif.

Kain wol cenderung melepaskan elektron dengan mudah. Jadi ketika kain wol digosokkan pada suatu benda, elektron-elektron pada kain wol bergerak menuju benda tersebut.

Kain sutra dengan mudah menyerap elektron dari benda lain. Jadi ketika kain sutera digosokkan pada suatu benda, elektron benda tersebut berpindah ke kain sutera.

Ditanyakan:

Ebonit yang digosok kain wol akan bermuatan ?

Penjelasan:

Kain wol mudah melepaskan elektronnya. Jadi bila kain wol digosokkan dengan ebonit, elektron dari kain wol akan berpindah ke ebonit. Ebonit akan kelebihan elektron sehingga ebonit bermuatan negatif.

Sedangkan kain wol akan kekurangan elektron menjadi bermuatan positif.

Jenis muatan pada sebuah ebonit yang digosok dengan kain wol adalah muatan listrik negatif.