Negara Apa Yang Terletak Paling Barat

Negara Apa Yang Terletak Paling Barat–Tahukah Anda negara apa yang terletak paling barat di bumi? Jika melihat peta dunia, negara yang terletak paling barat di dunia adalah Amerika Serikat dan Kiribati. Negara yang terletak paling barat bisa diketahui lewat letak astronomis suatu negara.

Ini dapat dilihat lewat garis lintang yang merupakan garis khayal pada peta atau globe yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Perlu diketahui, bahwa wilayah Amerika Serikat sangat besar dan merupakan negara urutan ketiga terbesar di dunia. Amerika Serikat seperti namanya adalah negara serikat, yang mana wilayahnya terbagi atas beberapa negara bagian.

Guam, salah satu negara dependensi dari Amerika Serikat merupakan titik paling barat dari dunia jika dilihat berdasarkan peta. Selain Amerika Serikat yang terletak di Guam, ada juga Kiribati sebagai negara yang terletak paling barat di bumi. Kiribati adalah negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik.

Pertanyaan pada soal berkaitan dengan letak negara pada wilayah ASEAN yakni Asia Tenggara. ASEAN sendiri adalah nama organisasi regional kawasan Asia Tenggara dengan anggota berjumlah sepuluh negara. Adapun jawaban masing-masing soal tersebut di atas sebagai berikut. Mari kita bahas Negara Apa Yang Terletak Paling Barat.

Pembahasan

  • Negara yang letaknya paling barat di ASEAN adalah MYANMAR.
  • Negara yang letaknya paling timur di ASEAN adalah INDONESIA.
  • Negara yang letaknya paling selatan di ASEAN adalah INDONESIA.
  • Negara yang letaknya paling utara di ASEAN adalah MYANMAR.

Kawasan Asia Tenggara dengan luas sekitar 4.817.000 kilometer persegi mencakup sebanyak 11 negara di mana 10 di antaranya adalah anggota dari organisasi regional ASEAN. Satu-satunya negara yang belum resmi menjadi anggota ASEAN adalah Timor Leste. Saat ini status Timor Leste adalah sebagai negara pengamat di ASEAN.

Menurut British United States, titik paling barat di dunia berada di wilayah dependen Amerika Serikat, yaitu Guam yang terletak di Orote Point. Posisi astronomis Titik Orote atau Semenanjung Orote adalah 144°37’5.5″ BT. Tetapi jika kita mengesampingkan status negara ketergantungannya, itu jelas berada di negara bagian berikutnya. Negara bagian paling barat Amerika Serikat adalah

Alaska, tepatnya derajat Wrangell di Pulau Attu Jadi, dari sudut pandang astronomi, negara paling barat di dunia adalah Amerika Serikat, baik negara bagiannya maupun dependensinya.