Tiga Bilangan Merupakan Tripel Pythagoras

Tiga Bilangan Merupakan Tripel Pythagoras–Segitiga siku-siku adalah segitiga yang salah sudut nya siku-siku atau 90°. Pada segitiga siku-siku berlaku teorema Phytagoras, yaitu kuadrat dari sisi miring/hypotenusa adalah jumlah kuadrat dari sisi-sisi lainnya.

Di sisi lain, ada juga kebalikan dari teorema Pythagoras yang digunakan untuk menentukan jenis segitiga jika panjang sisi-sisinya diketahui. Jenis segitiga meliputi siku-siku, lancip, dan tumpul.
Jenis segitiga bisa ditentukan berdasarkan panjang sisinya. Apabila kuadrat sisi miring atau sisi terpanjang sebuah segitiga sama dengan jumlah kuadrat panjang kedua sisinya, maka segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku.

Apa Itu Triple Pythagoras?

Menurut Tim Maestro Genta (2021) dalam buku Inti Materi Matematika SMP/MTS 7,8, 9, triple Pythagoras adalah bilangan bulat positif yang kuadrat bilangan terbesarnya sama dengan jumlah kuadrat bilangan lainnya.
Triple Pythagoras juga bisa diartikan sebagai tiga bilangan asli yang tepat menyatakan sisi-sisi suatu segitiga siku-siku. Rumus triple Pythagoras, yaitu:
Lantas, apa yang dimaksud dengan triple Pythagoras? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan di bawah ini.
Jika a > b > c, di mana a, b, dan c anggota bilangan asli dan berlaku a2= b2 + c2, maka a, b, dan c disebut triple Pythagoras.
Adapun contoh triple Pythagoras sebagai berikut
  • 3, 4, 5 dan kelipatannya.
  • 5, 12, 13 dan kelipatannya
  • 7, 24, 25 dan kelipatannya
  • 8, 15, 17 dan kelipatannya
  • 9, 40, 41 dan kelipatannya
Cara mendapatkan triple Pythagoras, yakni bila m > n, m dan n bilangan asli maka (m kuadrat atau m2 + n2), (m2 – n2), dan 2 mn adalah triple Pythagoras.

Manakah Diantara Kelompok Tiga Bilangan Berikut Yang Merupakan Tripel Pythagoras

a²+b²=c²

dengan c adalah sisi miring/hypotenusa

Sisi miring/hypotenusa adalah sisi terpanjang pada sebuah segitiga siku-siku dan letaknya di depan sudut siku-siku nya. Tripel phytagoras adalah ukuran tiga sisi segitiga yang memenuhi teorema phytagoras.

Perhatikan soalnya, kita akan mengecek apakah kelompok 3 bilangan yang diberikan merupakan tripel phytagoras atau bukan dengan menggunakan teorema phytagoras.

a. 10²+12²…14²
100+144…196
244 >196
Bukan tripel phytagoras

b. 7²+11²…13²
49+121…169
170>169
Bukan tripel phytagoras


memenuhi tripel phytagoras

Jadi, kelompok 3 bilangan yang memenuhi tripel phytagoras adalah