Manfaat Ikan dan Daging Produk Setengah Jadi Yaitu

Selamat datang di Liputanberitaku.com Manfaat Ikan dan Daging Produk Setengah Jadi Yaitu–Manfaat Ikan dan Daging Produk Setengah Jadi Yaitu sama dengan manfaat daging sapi segar dan ikan segar, yaitu sebagai sumber protein hewani dan gizi bagi tubuh. Selain itu, olahan pangan setengah jadi lebih praktis, dapat disimpan lebih lama, dan menjadikan olahan daging sapi dan ikan menjadi lebih bervariasi.

Manfaat Ikan dan Daging Produk Setengah Jadi Yaitu

Kita tahu banyak tentang manfaat ikan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Seperti daging yang banyak mengandung zat besi dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang misalnya.

Bahan pangan setengah jadi adalah bahan baku pangan yang telah melalui proses pengawetan. Bahan makanan setengah jadi yang biasa kita jumpai setiap hari adalah kroket, daging sapi panggang, sosis dan bakso ikan. Bahan-bahan tersebut sudah melalui proses pengolahan, namun menjadi makanan instan yang harus kita olah kembali dengan cara dimasak atau direbus.

Bahan-bahan ini sering dipilih oleh orang-orang dengan aktivitas yang sangat sibuk dan sibuk, karena lebih mudah disimpan, dapat dibekukan dalam waktu lama, dan cukup sederhana untuk diolah dan dimasak, sehingga tidak memakan banyak waktu.

Pembahasan

Bahan pangan setengah jadi adalah bahan pangan mentah yang telah mengalami pengolahan dengan cara pengawetan.

Keuntungan bahan pangan yang diolah menjadi bahan pangan setengah jadi adalah :

  • Menjadi bahan baku yang fleksibel untuk industri pengolahan lanjutan
  • Dapat diperjualbelikan antar daerah dan sebagai komoditas ekspor.
  • Aman dalam distribusi dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • Dapat dikemas lebih ringkas.
  • Menghemat ruangan dalam penyimpanan.
  • Mengurangi biaya dalam penyimpanan.
  • Tahan lama dan lebih kuat di cuaca dingin atau panas.

Jenis-jenis bahan setengah jadi dari hasil perikanan dan peternakan sebagai bahan baku dalam membuat makanan siap konsumsi, antara lain:

  1. Bakso ikan/ ayam/ sapi
  2. Dendeng cumu, sapi
  3. Terasi udang
  4. Tepung rumput laut
  5. Telur asin
  6. kornet
  7. Keju