Contoh Penegasan Ulang Teks Prosedur

Contoh Penegasan Ulang Teks ProsedurStruktur teks prosedur mungkin terdengar asing bagi siswa. Pasalnya, pelajaran ini sudah ada di sekolah dasar. Tapi apakah Anda ingat apa teks prosedurnya? Teks prosedur adalah teks yang menjelaskan cara melakukan sesuatu. Langkah-langkah yang dijelaskan memiliki strukturnya sendiri agar lebih terorganisir saat membuat teks.

Struktur teks prosedural terdiri dari tujuan, langkah-langkah, dan pernyataan kembali. Tujuan di sini berfungsi sebagai pengantar sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Secara umum, diskusikan apa yang ingin Anda ungkapkan dalam teks. Langkah-langkah berikut mengikuti. Bagian ini menjelaskan secara detail dan rinci bagaimana tahapan-tahapan penyiapan suatu benda, makanan atau hal lainnya dilakukan.

Akhirnya konfirmasi. Dalam struktur terakhir, Anda menjelaskan apa yang Anda harapkan dalam teks prosedur yang dihasilkan. Selain ekspektasi, Anda juga bisa menjelaskan manfaatnya kepada pembaca. Untuk lebih jelasnya, contoh diberikan dalam struktur kompleks teks prosedur di bawah ini. Mari kita lihat bersama!

Sebelum membahas Contoh Penegasan Ulang Teks Prosedur, mari kita bahas dulu teks prosedur dan pengertian penegasan ulang.

Contoh Penegasan Ulang Teks Prosedur

Pembahasan:

Teks prosedur adalah tulisan yang menjelaskan langkah-langkah atau tahapan-tahapan sesuatu untuk dikerjakan, dilakukan, dioperasikan, dan lain-lain, dengan maksud membantu dan memudahkan seseorang untuk menghasilkan sesuatu sesuai dengan aturan.

Penegasan ulang adalah sepotong teks, biasanya di akhir teks, yang menegaskan apa yang terjadi, apa yang diputuskan, atau apa yang dijelaskan dalam kalimat sebelumnya.

Sebutkan Penegasan Ulang Teks Prosedur

Cara Membuat Minyak Kemiri

Bahan dan cara pembuatan:

Sediakan 5 hingga 10 butir kemiri utuh, cuci bersih dan keringkan. Anda dapat membakar kemiri hingga hitam diatas bara api kecil atau masukkan kemiri dalam wajan yang sudah dipanaskan tanpa minyak alias disangrai. Sangrai kemiri hingga berwarna hitam kecoklatan, angkat. Sediakan kain kasa atau kain serbet makan dan bungkus kemiri Tumbuk dari luar hingga hancur sambil ditekan Pada proses tersebut minyak kemiri dapat sesekali diperas dan ditaruh pada sendok (pemerasan dilakukan dengan kain kasa) Minyak kemiri siap dipakai

Nah, itu tadi cara mendapatkan minyak kemiri dengan usaha sendiri tanpa harus membeli, lebih hemat dan lebih alami.

Bagian penegasan ulang ada pada bagian : Nah, itu tadi cara mendapatkan minyak kemiri dengan usaha sendiri tanpa harus membeli, lebih hemat dan lebih alami.

Diatas adalah Sebutkan Penegasan Ulang Teks Prosedur semoga dapat membantu pembaca sekalian, terima kasih