Yang Dimaksud Dengan Al-Qayyum

Al Qayyum
Al Qayyum

Jawaban:

Al Qayyum adalah salah satu al-asmaul husna atau nama-nama Allah yang baik dan indah. Al Qayyum artinya Maha Berdiri atau Mandiri,yang berarti Allah Swt. berdiri sendiri tanpa bergantung pada siapapun atau apapun. Al Qayyum merupakan satu dari 99 Asmaul Husna. Artinya Allah Maha Hidup Serta Berdiri Sendiri.

Maksudnya, Allah SWT tidak membutuhkan bantuan untuk mengatur seluruh alam. Mampu berdiri sendiri tanpa bergantung pada siapa pun atau apa pun. Menurut buku Rahasia Keajaiban Asmaul Husna oleh Syafi’ie el-Bantanie, Asecara bahasa berarti tegak lurus. Makna tersebut berkembang menjadi berdiri, bersinambung, dan terus-menerus.

Dengan kata lain, Allah tidak membutuhkan apapun untuk kelangsungan wujud-Nya. Bahkan Dia memberikan wujud kepada semua Makhluk-Nya.

Allah SWT memiliki sifat Al Qayyum karena senantiasa mengurus semua kebutuhan Makhluk-Nya dan menjaga hamba-Nya. Dikutip dari buku yang sama, ada beberapa surat dalam Alquran yang menjelaskan sifat Allah.

1. Al-Baqarah ayat 255.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ

 Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya.

Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

2. Al-Imran ayat 1-2.

الٓمٓ () ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ

 Alif laam miin. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.

3. At-Thaha ayat 111.

وَعَنَتِ الْوُجُوْهُ لِلْحَيِّ الْقَيُّوْمِۗ وَقَدْ خَابَ مَنْ حَمَلَ ظُلْمًا

Dan semua wajah tertunduk di hadapan (Allah) Yang Hidup dan Yang Berdiri Sendiri. Sungguh rugi orang yang melakukan kezaliman.