Suku Bangsa Ada Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Suku Bangsa Yang Ada Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta–Daerah Istimewa Yogyakarta (disingkat diy, bahasa Jawa, pengucapan bahasa Jawa: [ŋajogjɔˈkart̪ɔ]) adalah sebuah daerah istimewa tingkat provinsi di Indonesia yang merupakan penggabungan dari negara bagian kesultanan Yogyakartaska Yogyakartakuta oleh Yomangya.

Terletak di bagian selatan pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah istimewa seluas 3.185,80 km2 terdiri dari satu kota dan empat kabupaten, dibagi lagi menjadi 78 kabupaten/kemantren dan 438 kecamatan/keluran. Menurut sensus 2010, jumlah penduduknya adalah 3.452.390 jiwa, dengan rasio 1.705.404 laki-laki berbanding 1.746.986 perempuan, dan kepadatan penduduk 1.084 jiwa/km2.

Karena penyebutan nomenklatur Daerah Istimewa Yogyakarta terlalu panjang, nomenklatur tersebut disingkat menjadi DI Yogyakarta atau DIY. Daerah Istimewa Yogyakarta sering dikaitkan dengan kota Yogyakarta, sehingga sering disalahartikan sebagai Jogja, Yogya, Yogyakarta, Jogjakarta.

Meski secara geografis merupakan provinsi terkecil kedua setelah DKI Jakarta, namun daerah istimewa ini sudah dikenal baik di dalam negeri maupun internasional, terutama setelah provinsi Bali, sebagai tujuan wisata utama. Daerah Istimewa Yogyakarta telah mengalami beberapa bencana alam besar, termasuk gempa 27 Mei 2006, letusan Gunung Merapi Oktober-November 2010, dan letusan Gunung Kelud 13 Februari 2014 di Jawa Timur.

Suku Bangsa Ada Di Provinsi DIY

yang ada di provinsi daerah istimewa yogyakarta adalah:

Jawabannya adalah c. jawa.

Bangsa yang ada di provinsi daerah istimewa yogyakarta adalah jawa.

Pembahasan

yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Suku Jawa. Suku Jawa merupakan suku terbesar di Indonesia yang meliputi 40,2% penduduk Indonesia. Suku Jawa ini merupakan gabungan dari suku-suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean, Naga, dan suku-suku lainnya.
Keistimewaan Yogyakarta tidak hanya dilihat dari sudut pandang politik dan pemerintahan, namun juga aspek-aspek sosial budaya yang bermuara di Kraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta adalah simbol budaya adiluhung Jawa.
Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Suku Jawa. Suku Jawa merupakan suku terbesar di Indonesia yang meliputi 40,2% penduduk Indonesia.