Tahap Awal Merancang Kerajinan Tekstil

Tahap Awal Yang Dilakukan Ketika Merancang Kerajinan Tekstil Adalah
Tahap Awal Yang Dilakukan Ketika Merancang Kerajinan Tekstil Adalah

Merancang Kerajinan Tekstil–Kerajinan tekstil adalah karya seni yang bahannya berasal dari tekstil. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua produk tekstil dapat disebut sebagai karya seni.

Kerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utama. Contoh kerajinan tekstil adalah hiasan dinding, sarung bantal kursi, bed cover, tirai,taplak meja makan, tutup tudung saji. Kerajinan tekstil yang akan diwujudkan menjadi karya seni akan terwujud secara maksimal apabila melalui tahap pembuatan produk kerajinan tekstil.
Desain merupakan langkah awal dalam mewujudkan suatu karya seni, dan desain merupakan rancangan yang akan memudahkan dalam pencapaian tujuan atau penciptaan karya seni. Dengan demikian desain dapat diartikan sebagai suatu rancangan gambar yang nantinya dilaksanakan dengan tujuan tertentu yang berupa susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur. Desain dapat diterapkan pada berbagai benda yang ada di lingkungan kita.

Sebab, karya seni harus menjawab prinsip kesatuan, kompleksitas, dan intensitas. Prinsip kesatuan di sini berarti bahwa suatu benda harus memiliki kandungan kesatuan dan kesatuan itu bersumber dari unsur-unsur pembentuknya.

Kompleksitas vital adalah bahwa karya tersebut memiliki unsur-unsur yang digabungkan dengan kompleksitas tertentu. Misalnya, ada unsur kontradiktif, antagonis, dan penyeimbang.

Kita berbicara keseriusan ketika suatu objek memiliki ciri yang menonjol dalam penampilannya, misalnya nilainya lembut atau kasar, senang atau sedih, dll.

Tahap merancang kerajinan dengan bahan tekstil. Adalah sebagai berikut:

  1. Mencari Ide
  2. Membuat Gambar/Sketsa
  3. Pilih Ide Terbaik
  4. Perencanaan Produksi
  5. Pembuatan Kerajinan

Semoga informasi di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi semua orang yang membacanya. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Dan jangan lupa untuk share website ini ke kerabat, sahabat, sahabat, dan kunjungi terus website kami agar tidak ketinggalan informasi terbaru. Terima kasih