Hati hati, Ada Trojan Android Menyamar Jadi Aplikasi Clubhouse

Liputanberitaku.com — Penjahat dunia maya bisa mendapatkan keuntungan dari popularitas Clubhouse dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menyamarkan malware Trojan Android sebagai aplikasi Clubhouse palsu.

Baru-baru ini, Lukas Stefanko, peneliti malware di perusahaan keamanan Eset, mengungkapkan bahwa penjahat dunia maya menggunakan malware trojan Android sebagai aplikasi Clubhouse palsu yang dirancang untuk mencuri informasi login pengguna.

Trojan Android bernama BlackRock itu menyamar sebagai file yang berasal dari website palsu Clubhouse sehingga seolah merupakan paket instalasi untuk Clubhouse versi Android.

ESET mendeteksi Trojan BlackRock  mampu mencuri data login pengguna dari setidaknya 458 layanan online yang berbeda. Data login pengguna yang disasar antara lain adalah aplikasi keuangan dan e-commerce terkenal, pertukaran mata uang kripto, Facebook, Twitter, hingga WhatsApp, Netflix, Amazon, eBay, Coinbase, Amazon, dan lain-lain.

“Situs webnya terlihat seperti asli. Ini merupakan salinan dari situs web Clubhouse yang sah. Namun setelah pengguna mengklik ‘Dapatkan di Google Play’, aplikasi ini akan diunduh secara otomatis ke perangkat pengguna,” kata Stefanko.

Padahal seharusnya, situs web asli akan selalu mengarahkan pengguna untuk mengunduh aplikasi resmi di Google Play alih-alih langsung mengunduh Android Package Kit (apk).

Bahkan sebelum mengklik tombol ‘Dapatkan di Google Play’, ada tanda-tanda keanehan. Misalnya website menggunakan koneksi tidak aman (bukan HTTPS) dan situs tersebut menggunakan top level domain . (dot) mobi dan bukannya .com.

Juga dapat dilihat bahwa hal  aneh untuk mendeteksi situasi  ini adalah  nama aplikasi “Instal”, bukan Clubhouse. Untuk pengguna, ini seharusnya sudah menjadi lampu merah dan tidak bisa dipasang.

Meskipun ini menunjukkan bahwa pembuat malware mungkin terlalu malas untuk menyamarkan aplikasi yang diunduh dengan benar. Namun di masa mendatang, mungkin ada penipu yang lebih canggih, dia memperingatkan pengguna untuk selalu berhati-hati.

Meski Clubhouse dikabarkan akan segera merilis aplikasi versi Android, saat ini aplikasi ini baru tersedia untuk platform iOS.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli