Letak Astronomis Filipina

Letak Astronomis Filipina–Filipina, secara resmi Republik Filipina (bahasa Filipina: Republika ng Pilipinas), adalah sebuah negara kepulauan dan negara kesatuan dengan sistem presidensial berbentuk republik konstitusional di Asia Tenggara, Indonesia bagian utara, dan Sabah timur laut. Filipina adalah negara kepulauan di tepi barat Samudra Pasifik, negara ini terdiri dari 7.641 pulau. Selama ribuan tahun, penduduk pulau Filipina yang rajin ini mengembangkan sistem pertanian padi canggih yang menyediakan makanan pokok bagi rakyatnya.

Filipina adalah negara paling maju di Benua Asia setelah Perang Dunia II, namun sejak saat itu telah tertinggal di belakang negara-negara lain akibat pertumbuhan ekonomi yang lemah, penyitaan kekayaan yang dilakukan pemerintah, korupsi yang luas, dan pengaruh-pengaruh neo-kolonial.

1. Letak astronomis filipina, adalah terletak antara 6°LU-19°LU dan 116°BT-126°BT.

2. Letak geografis negara filipina, adalah:

  • Sebelah utara dan timur, berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik.
  • Sebelah barat, berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan.
  • Sebelah selatan, berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi (Indonesia).

Pembahasan

Filipina adalah negara kepulauan yang mempunyai dominan gunung api sebagai rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik. Dengan kondisi tanah subur tersebut, dapat memaksimalkan aktivitas agraris yang mencakup bidang pertanian berupa jagung, padi, dan abaca/serat manila. kemudian bidang perikanan dan kehutanan yang hampir separuh wilayah daratannya berupa hutan.

Kepulauan Filipina kaya akan wilayah hutan lindung di Luzon Utara dan Mindanao, daerah perbukitan, jurang-jurang curam, gunung-gunung serta juga lembah-lembah yang subur. Beberapa danau terbesar di Filipina terdapat Pulau Luzon, Danau Laguna de Bay, serta juga. Danau Sultan Alonton di Pulau Mindanao. Kepulauan Filipina mempunyai kedalaman parit laut 10.539 meter (terdalam di dunia), yang lokasinya berada di lepas pantai timur Pulau Mindanao.

Negara Filipina secara astronomis terletak antara 6°LU-19°LU dan 116°BT-126°BT. Sementara, negara Filipina berdasarkan letak geografisnya berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik di sebelah timur dan utara, berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan di sebelah baratnya, dan berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi (Indonesia) di sebelah selatan.