Hati Merupakan Salah Satu Alat Ekskresi Yang Menghasilkan Zat Sisa

Hati Merupakan Salah Satu Alat Ekskresi Yang Menghasilkan Zat Sisa– Hati atau herper adalah kelenjar terbesar di dalam tubuh manusia. Letak hati di dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Selain itu, hati juga termasuk organ pengeluaran, atau dalam hal ini disebut sebagai organ ekskresi.

Sebagai organ ekskresi, hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi dan memecah bahan kimia atau racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Hal ini dilakukan dengan cara mengambil amonia dalam bentuk beracun dan mengubahnya menjadi urea yang akhirnya disaring oleh ginjal untuk dibentuk urine.

Selain menjadi organ ekskresi, hati juga berfungsi sebagai berikut:

1. Sebagai tempat pembongkaran sel darah merah yang sudah tua.
2. Pusat pengubahan protein, lemak, dan karbohidrat sesuai kebutuhan hidup.
3. Menawarkan racun (detoksifikasi).
4. Tempat pembentukan vitamin A dari provitamin A.
5. Menampung vitamin A, D, E dan K yang berlebih
6. Mengubah glukosa menjadi glikogen (gula otot) untuk mengatur kadar gula dalam darah.
7. Mengubah kolesterol dan asam amino menjadi glukosa dalam kondisi tubuh kehabisan glikogen.
8. Tempat Pembentukan Protrombin dan fibrinogen

Selain berhubungan dengan ekskresi, fungsi hati juga berhubungan dengan pembekuan darah, yaitu menghasilkan protrombin dan fibrinogen. Protrombin dan fibrinogen adalah protein yang berfungsi dalam pembekuan darah.

 

Pembahasan

Hati merupakan salah satu alat ekskresi yang menghasilkan zat sisa berupa bilirubin. Bilirubin merupakan zat sisa hasil dari pembongkaran eritrosit tua di hati. Bilirubin dan biliverdin merupakan zat warna pada cairan empedu yang akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin berupa urobilin dan melalui feses berupa sterkobilin.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.