Bentuk Negara Myanmar

Bentuk Negara Myanmar– Myanmar merupakan negara yang berada di wilayah Asia Tenggara dan menjadi anggota ASEAN pada 23 Juli 1997. Apa sistem pemerintahan Myanmar?

Dalam sejarahnya, Myanmar memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 4 Januari 1948. Kemudian empat belas tahun setelahnya yakni pada tahun 1962, angkatan bersenjata Myanmar menggulingkan pemerintahan sipil dan memasang rezim otoriter.

Lalu apa sistem pemerintahan Myanmar sebenarnya? Berikut ini penjelasan sistem pemerintahan Myanmar beserta Ibu Kota dan Letak Geografisnya, dikutip dari jurnal “Demokrasi Mati Suri” oleh Yayasan Obor Indonesia. Lalu untuk letaknya geografis Myanmar cukup strategis di mana wilayahnya berbatasan langsung dengan 5 negara tetangga, yakni dengan Cina di sebelah utara, Laos di sebelah timur, Thailand di sebelah tenggara, Bangladesh sebelah barat, dan dengan India di sebelah barat laut.

Sistem pemerintahan Burma

Republik Persatuan Myanmar sebenarnya memiliki sistem presidensial, dimana kepala negara dan kepala pemerintahan juga merupakan kepala negara. Namun, sepanjang sejarah politiknya, Myanmar memiliki banyak sistem pemerintahan lain menyusul kudeta, perbedaan faksi, dan wilayah.

Dijelaskan pula dalam buku “Democracy in Torsion Death” bahwa sistem pemerintahan Myanmar di bawah junta militer memiliki dua kendali, yaitu State Peace and Development Council (SPDC) yang dipimpin oleh Jenderal Than Shwe dan seorang perdana menteri yang ditunjuk. Letjen (Letjen) Soe Win. Meskipun Myanmar memiliki perdana menteri, hampir semua kehidupan di negara itu dikendalikan oleh Than Shwe saja.

Dengan sistem pemerintahan seperti itu, otomatis tidak ada kekuatan oposisi melawan kekuatan pemerintah seperti junta militer ini. Pada Februari 2021, junta militer secara resmi berkuasa di Myanmar setelah pemimpin de facto Aung San Suu Kyi ditangkap dalam kudeta oleh angkatan bersenjata Tatmadaw.

Pembahasan

Terkait soal bentuk negara myanmar, Myanmar adalah salah satu anggota ASEAN yang menganut sistem pemerintahan presidensial. Kepala negaranya adalah presiden dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Mayoritas penduduknya adalah suku bangsa Burma dan sebagian besar penduduknya menganut agama Budha.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.