Pengertian Dari Sudut Deklinasi Adalah

Pengertian Dari Sudut Deklinasi Adalah–Pernahkah kamu menggunakan kompas untuk menentukan arah yang akan dituju? Kompas tidak menunjukkan arah utara geografis Bumi sebenarnya melainkan arah kutub magnet selatan Bumi yang sedikit bergeser dari arah utara Bumi. Hal ini menjadi rintangan bagi para navigator selama berabad-adad penggunaan kompas oleh manusia.

Sejarah Penggunaan Kompas

Jika medan magnet ditemukan oleh William Gilbert pada tahun 1600-an, kompas ditemukan oleh Cina. Thought Co. melaporkan bahwa jarum magnet pertama kali diproduksi di Tiongkok pada masa pemerintahan Dinasti Qin antara 221 dan 206 SM untuk tujuan ramalan. Baru pada abad ke-11 para ilmuwan Cina mengembangkan kompas untuk keperluan navigasi. National Geographic melaporkan bahwa orang Eropa juga menggunakan kompas pada abad ke-12 hingga digunakan secara luas oleh para pelaut dan penjelajah di seluruh dunia.

Sudut Deklinasi

Tiga abad kemudian, pada abad ke-15, ditemukan bahwa utara magnet Bumi tidak menunjukkan utara geografis Bumi. Ternyata medan magnet bumi tidak vertikal, melainkan agak miring. Pada gambar terlihat bahwa titik hijau menunjukkan kutub utara geografis dan titik merah menunjukkan arah utara yang ditunjukkan oleh magnet.

Perbedaan antara titik kutub geografis yang sebenarnya dan titik yang ditunjukkan oleh kompas disebut sudut deklinasi. Sejak saat itu, sudut deklinasi diperhitungkan untuk menentukan arah sebenarnya, sehingga kompas menentukan arah dengan lebih akurat. Perbesar sudut lendutan pada jarum kompas (Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI) Besar sudut lendutan bisa positif atau negatif tergantung dari arah lendutannya. Sudut deklinasi bernilai positif ketika kompas utara menyimpang ke arah timur. Sedangkan sudut deklinasi bernilai negatif apabila jarum utara kompas mengarah ke barat.

Pembahasan

Pengertian dari sudut deklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh kutub utara dan selatan jarum kompas dengan kutub utara dan selatan geografis bumi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Sudut deklinasi yaitu sudut yang dibentuk dari penyimpangan magnet terhadap arah utara dan selatan geografis. Sudut deklinasi ada dua yaitu:

1.    sudut deklinasi positif: jika kutub utara jarum kompas menyimpang ke arah timur geografis.

2.    sudut deklinasi negatif: jika kutub utara jarum kompas menyimpang ke arah barat geografis.