Nilai Luhur Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda

Sebutkan Nilai-Nilai Luhur Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda–Sumpah Pemuda dibuat untuk menciptakan dan menumbuhkan semangat persatuan di antara pemuda, kala itu. Hingga kini, nilai persatuan tersebut masih terus dijunjung tinggi, tidak hanya di kalangan pemuda, tetapi seluruh masyarakat Indonesia. Dikutip dari buku Sejarah Hukum Indonesia: Seri Sejarah Hukum (2021) karya Sutan Remy Sjahdeini, berikut isi Sumpah Pemuda:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Ada banyak nilai positif dari Sumpah Pemuda yang bisa didapatkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Sumpah Pemuda juga mengandung nilai-nilai luhur di dalamnya.

Nilai Luhur Dalam Sumpah Pemuda

Pembahasan

Dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928 menjadi tonggak sejarah yang penting bagi kehidupan berbangsa masyarakat Indonesia. Sumpah Pemuda dilaksanakan pada saat Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia. Sebutkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sumpah pemuda adalah sebagai berikut.

  • Rasa cinta tanah air.
  • Nilai persatuan dan kesatuan.
  • rela berkorban.
  • Mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi dan kelompoknya.
  • Semangat persaudaraan.
  • Menghargai perbedaan satu sama lain.

Dengan demikian, nilai-nilai luhur yang dapat diambil dari peristiwa Sumpah Pemuda adalah cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, menghargai perbedaan satu sama lain, dan hal-hal yang sudah dijelaskan diatas.

Nasionalisme

Adanya rasa kebersamaan, perasaan senasib, kedekatan fisik maupun nonfisik, dan persamaan tujuan, mendorong bangkitnya nasionalisme dalam diri bangsa Indonesia. Nasionalisme dapat mengatasi ikatan primordial (paling dasar), yakni suku, ras, dan agama, sehingga nasionalisme Indonesia lahir sebagai sebuah ikatan bersama.

Cinta tanah air

Yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah cinta tanah air. Artinya kita bangga dan setia terhadap bangsa dan negara Indonesia. Rasa cinta tanah air juga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme. Contohnya menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, dan bangga menggunakan produk buatan Indonesia.