Jelaskan 4 Tanda Akan Datangnya Hari Kiamat

Jelaskan 4 Tanda Akan Datangnya Hari Kiamat–Dalam agama islam, datangnya hari kiamat atau akhir zaman memiliki beberapa tanda-tanda, yakni.

  1. Munculnya kabut atau dukhan.
  2. Munculnya dajjal.
  3. Terbitnya matahari dari barat.
  4. Turunnya Nabi Isa A.S.

Jelaskan 4 Tanda Akan Datangnya Hari Kiamat

Pembahasan

Akhir dunia adalah akhir dari kehidupan manusia dan akhir dari seluruh alam semesta. Dalam Islam, keyakinan akan Hari Akhir atau Hari Kiamat merupakan salah satu rukun iman. Kiamat sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu kiamat kecil atau sugro dan kiamat besar atau kubro. Kedua jenis kiamat dijelaskan di bawah ini

Kiamat sugro

Apocalypse Sugro atau apocalypse minor adalah apocalypse yang menghancurkan umat manusia atau bagian dari alam semesta. Kiamat Sugro bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Contoh kiaman sugro adalah.

Dia meninggal.
Bencana alam yang mengakibatkan hilangnya nyawa manusia.

Kiamat kubro

Apocalypse kubro adalah apocalypse atau kiamat besar yang mengakibatkan kehancuran seluruh alam semesta dan musnahnya semua makhluk hidup. Berbeda dengan kiamat Sugro, kiamat Kubro memiliki tanda-tanda khusus yang mengingatkan kita akan datangnya kiamat besar. Tanda-tanda ini adalah:

  • Matahari terbit dari barat.
  • Penampakan Ya juj dan Ma juj.
  • Terjadi penyerangan di Mekkah.
  • Angin kencang muncul dan membunuh semua Muslim.
Terdapat banyak sekali tanda-tanda akan terjadinya kiamat kubra, di antaranya:
Bila secara normal matahari terbit dari timur ke barat, akan tetapi sebelum kiamat datang matahari akan terbit dari arah barat. Sebagaimana yang dijelaskan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,
“Tidak akan terjadi Kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat, jika ia telah terbit, lalu manusia menyaksikannya, maka semua orang akan beriman, ketika itu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Turunnya Nabi Isa AS

Nabi Isa AS adalah nabi nabi ke-24. Beliau lahir tanpa adanya ayah atas kuasa Allah SWT. Meski demikian, beliau sampai saat ini belum meninggal dunia, namun naik ke langit dan turun lagi ketika kiamat datang sebagai umat Nabi Muhammad SAW.
Allah SWT bersabda,
إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَىٰ إِنِّي مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا وَجَاعِلُ الَّذِينَ اتَّبَعُوكَ فَوْقَ الَّذِينَ كَفَرُوا إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ۖ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ
“(Ingatlah), ketika Allah berfirman: ‘Hai ‘Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikanmu kepada akhir ajalmu dan mengangkatmu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian hanya kepada Aku-lah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu ber-selisih padanya.’” (QS. Ali Imran: 55)