Cara Memainkan Musik Ansambel Ada 2 Macam

Cara Memainkan Musik Ansambel Ada 2 Macam–Alat musik yang dimainkan bersama secara harmonis yaitu alat musik melodis , harmonis , dan ritmis.

Menurut kamus musik, pengertian ansambel adalah rangkaian kegiatan musik yang memiliki judul jenis kegiatan, sebagaimana dijelaskan dalam paket B/MTs IX sekolah menengah setara. modul musik dan seni budaya kelas SMP/MTs dikutip oleh Drs. Djito, M.Pd. dan kolega.

Dengan kata lain, permainan ansambel dapat diartikan sebagai kegiatan membuat musik secara bersama-sama, menggunakan beberapa instrumen dan potongan-potongan yang disusun secara sederhana dalam setiap karya musik.

Musik yang dipilih untuk musik ansambel biasanya mengandung unsur ritmis dan melodi yang dapat menghasilkan harmonisasi.

Alat musik irama dapat dimainkan dengan tangan, ditabuh dengan alat musik, tetapi juga dapat digoyang yang berfungsi untuk mengatur irama. Instrumen ritmis ini tidak memiliki suara. Contohnya termasuk gendang, gendang dan rebana.

Berbeda dengan instrumen ritme, instrumen melodi dapat memainkan nada dalam lagu. Cara memainkan alat musik ini : dipetik, ditiup, ditekan, dihisap dan sebagainya. Contoh: recorder, piano, biola dan gitar. Biola adalah contoh instrumen yang dimainkan dengan busur.

Kunci sukses dalam musik ansambel yang harus dikuasai oleh semua musisi adalah kekompakan dan kerjasama yang baik, kedisiplinan, kelancaran dalam membaca partitur, dan keterampilan instrumental.

Cara Memainkan Musik Ansambel Ada 2 Macam

Ada dua macam musik ansambel, yakni:

  1. Musik ansambel sejenis terdapat satu jenis alat musik dalam jumlah banyak. Diantaranya seperti : ansambel gitar, ansambel rekorder, dan ansambel alat musik ritmis.
  2. Musik ansambel campuran menggunakan alat musik melodis, harmonis, dan ritmis yang dimainkan secara bersamaan.

Ciri-ciri Musik Ansambel
Ciri-ciri dari musik ansambel adalah sebagai berikut.

– Musik dari satu atau beberapa alat musiknya, dimainkan secara bersama-sama dengan jumlah banyak.
– Bunyi dari kombinasi semua alat musiknya menciptakan perpaduan harmonisasi.
– Dimainkan di ruangan tertutup dan hening, sehingga musik ansambel lebih bisa dinikmati.
– Durasi musik ansambel pendek, dengan lagu dan lirik yang tidak terlalu panjang atau pendek.
– Pemain musiknya bersifat tetap, karena jika berubah-ubah maka penyesuaian permainan musik ansambel akan sulit.